Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 1

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 1. Berikut ini adalah soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK lengkap dengan jawaban dan pembahasannya.

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 1


Pada Bab ini yang merupakan KD-3.4 terdiri dari dua pembelajaran. Pembelajaran 1 tentang Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pembelajaran 2 tentang Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa. Jika ingin membaca materinya juga bisa anda baca pada Modul PJJ PPKn Kelas 12.


Soal Pembelajaran 1 Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia


Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E!


1. Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....

A. Max Weber

B. Mac Iver

C. Prof. Mr. Soenarko

D. Prof. Miriam Budiardjo

E. Harold J. Laski


Jawaban: D


Pembahasan soal:

Prof. Miriam Budiardjo memberikan pengertian Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.


2. Berikut ini yang merupakan tujuan Negara Indonesia adalah ....

A. menjadi negara adikuasa

B. membentuk negara maju 

C. memajukan kesejahteraan umum

D. negara yang bebas dari hutang

E. negara anti penjajahan


Jawaban: C


Pembahasan soal:

Tujuan Negara Indonesia adalah yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat; Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia.


3. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri bentuk negara kesatuan adalah ....

A. Kepala Negara yang berada di pusat dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum dan memiliki tanggungjawab yang besar kepada rakyat.

B. Setiap Negara bagian di dalamnya memiliki kekuasaan asli terhadap daerahnya sendiri namun tidak memiliki kedaulatan sebab kedaulatan Negara tetap dipegang oleh kepala Negara.

C. Setiap Negara bagian itu berhak mengatur undang-undangnya namun tetap harus selaras dengan undang-undang yang ada pada pemerintah pusat.

D. Pemerintah pusat juga memiliki kedaulatan bagi Negara bagian terutama untuk urusan yang berkaitan dengan bagian luar, sedangkan pada urusan dalam Negara bagian pemerintah pusat memiliki sebagian kedaulatan.

E. Berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik, keamanan, sosial dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja.


Jawaban: E


Pembahasan soal:

Ciri-Ciri Negara Kesatuan

1) Pada Negara kesatuan peraturan dasarnya didasarkan pada satu Undang-Undang 

Negara. Selain itu Negara kesatuan juga memiliki hanya satu kepala Negara, dewan perwakilan rakyat dan juga dewan Negara. Pada Negara kesatuan maka semuanya terpusat dan berdasarkan dari satu undang-undang tersebut, 

pemerintahannya pun terorganisir pada pusat. Hal ini memiliki manfaat yang baik dimana peraturan dan roda pemerintahan pun selalu seragam namun ada kalanya mengundang kesulitan ketika ada hal-hal yang harus diselesaikan di daerah namun harus menunggu keputusan dari pusat terlebih dulu.

2) Semua hal yang berkaitan dengan kedaulatan Negara baik itu kedaulatan untuk urusan dalam negeri maupun urusan luar negeri semuanya diserahkan kepada 

pusat untuk disetujui dan ditandatangani.

3) Berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik, keamanan, sosial dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja.


4. Peristiwa yang menjadi faktor pembentuk bangsa Indonesia adalah ...

A. Peristiwa rengasdengklok

B. Peristiwa Kongres Pemuda kedua tahun 1928.

C. Pertempuran Agresi militer Belanda kedua.

D. Konferensi Meja Bundar tahun 1949

E. Dekrit Presiden tahun 1959


Jawaban: B


Pembahasan soal:

Dilihat dari sejarahnya faktor pembentuk Bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.


5. Cita-cita atau tujuan Negara Indonesia terdapat dalam ....

A. Pancasila

B. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

C. UUD NRI Tahun 1945

D. Diri setiap warga negara

E. Konstitusi


Jawaban: B


Pembahasan soal:

Tujuan Negara Indonesia adalah yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat; Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Posting Komentar untuk "Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 1"

Memuat...
close