Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 2

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 2. Berikut ini adalah soal Pilihan Ganda mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK lengkap dengan jawaban dan pembahasannya.

Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks NKRI


Pada Bab ini yang merupakan KD-3.4 terdiri dari dua pembelajaran. Pembelajaran 1 tentang Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pembelajaran 2 tentang Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa. Jika ingin membaca materinya juga bisa anda baca pada Modul PJJ PPKn Kelas 12.

Pada bagian yang kedua (Part 2) berikut ini berisi pembahasan Soal Pembelajaran 2 Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa.

Oh ya, bagi Anda yang belum membaca bagian yang pertama (Part 1) dapat Anda baca pada postingan yang berjudul:

Soal Pembelajaran 2 Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E!

1. Pada tanggal 2 September 1945 disusunlah kabinet pertama RI yang mengangkat menteri sebanyak ....

A. 15

B. 16

C. 17

D. 18

E. 19


Jawaban: C


Pembahasan soal:

Pada tanggal 2 September 1945 disusunlah kabinet pertama RI yang mengangkat 17 menteri juga mengangkat sejumlah pejabat tinggi negara

2. Lembaga ini bentuk pada tanggal 29 Agustus 1945. Salah satu ketetapan mengenai pernyataan dari rakyat Indonesia untuk hidup aman sebagai bangsa yang merdeka, persatuan kebangsaan yang erat, menjaga keselamatan umum, dan membantu para pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia. Nama lembaga negara tersebut adalah ....

A. BPUPKI

B. PPKI

C. KNPI

D. DPK

E. MA


Jawaban: C


Pembahasan soal:

Pada tanggal 29 Agustus 1945 dibentuklah KNIP dan PPKI dibubarkan. Salah satu ketetapan mengenai dibentuknya KNIP adalah pernyataan dari rakyat Indonesia untuk hidup aman sebagai bangsa yang merdeka, persatuan kebangsaan yang erat, menjaga keselamatan umum, dan membantu para pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia.

3. Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) terjadi pada masa ....

A. Revolusi Kemerdekaan

B. RIS

C. Demokrasi Liberal

D. Orde Baru

E. Reformasi


Jawaban: B


Pembahasan soal:

Pada masa RIS ini pemberontakan yang terjadi adalah pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil), Pemberontakan Andi Azis dan Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS).

4. Presiden yang mundur dari jabatannya karena gerakan reformasi pada tanggal 21 Mei 1998 adalah .... 

A. Soekarno

B. Soeharto

C. B.J. Habibie

D. Abdurrahman Wahid

E. Megawati Soekarno Putri


Jawaban: B


Pembahasan soal:

Soeharto melalui gerakan reformasi. Akhirnya Soeharto mundur dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan wakil presidenmya, B.J. Habibie sebagai presiden RI ketiga.

5. Gagalnya konstituante menentukan dasar negara, serta terjadinya sejumlah pemberontakan seperti PRRI/Permesta. Akibatnya muncul desakan untuk memberlakukan kembali UUD NRI Tahun 1945, peristiwa tersebut terjadi pada masa .... 

A. Revolusi Kemerdekaan

B. RIS

C. Demokrasi Liberal

D. Orde Baru

E. Reformasi


Jawaban: C


Pembahasan soal:

Pada masa demokrasi liberal terjadi keteganggan sosial politik akibat beberapa kali bergantinya kebinet, gagalnya Konstituante menentukan dasar negara, serta terjadinya sejumlah pemberontakan seperti PRRI/Permesta. Akibatnya muncul desakan untuk memberlakukan kembali UUD NRI Tahun 1945.

1 komentar untuk "Soal PG PPKn Kelas 12 Bab Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ Part 2"

Memuat...