Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Sama Rasulullah, Orang Ini Tidak Bisa Mengangkat Tangan ke Mulutnya Selama-lamanya Karena Sombong ~ sekolahmuonline.com

Macam-macam Sama Rasulullah, Orang Ini Tidak Bisa Mengangkat Tangan ke Mulutnya Selama-lamanya Karena Sombong. Ada seorang laki-laki yang berani sombong di hadapan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam. Ceritanya dia sedang makan dengan tangan kirinya. Karena makan dengan tangan kiri adalah perbuatan setan, maka laki-laki tersebut ditegur oleh Rasulullah dan diperintahkan untuk makan dengan tangan kanannya.
Kisah laki-laki yang Macam-macam Sama Rasulullah, Orang Ini Tidak Bisa Mengangkat Tangan ke Mulutnya Selama-lamanya Karena Sombong


Apa respon laki-laki tersebut? Eh, dengan sombongnya dia menjawab bahwa dia tidak bisa makan dengan tangan kanan. Jawaban tersebut keluar dari mulutnya karena kesombongannya.

Akibatnya apa? Fatal sekali! Akhirnya laki-laki tersebut tidak bisa mengangkat tangannya ke mulutnya selama-lamanya. Subhanallah, ngeri sekali. Berani sombong di hadapan Rasul Kekasih Allah Subhanahu wa Ta'ala. Na'udzu billaah min dzalik.

Hadits Kisah Laki-laki Sombong di Hadapan Rasulullah, Bilang Tidak Bisa Makan dengan Tangan Kanan


Kisah laki-laki sombong tidak bisa makan dengan tangan kanan di depan Rasulullah tersebut disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Riyadhus Shalihin Bab 104 tentang Makan Dari Apa-apa yang Ada di Dekatnya, Menasihati Serta Mengajarkannya Budi Pekerti Pada Seseorang yang Buruk Ketika Makan, nomor hadits 738.

Bunyi terjemah haditsnya adalah berikut ini:
"Dari Salamah bin al-Akwa' Radhiyallahu 'Anhu bahwasanya ada seorang lelaki makan di sisi Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam dengan tangan kirinya, lalu beliau Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Makanlah dengan 
tangan kananmu!"

Orang itu menjawab: "Saya tidak dapat - makan dengan tangan kanan." 

Beliau lalu bersabda: "Engkau tidak dapat?"

Tidak ada yang menyebabkan ia berbuat demikian itu kecuali karena kesombongannya. Maka ia tidak dapat mengangkat tangan kanannya ke mulut - untuk selama-lamanya sejak saat itu." (Hadits Riwayat Muslim)

Dari kisah di atas, mari kita ambil pelajaran penting. Pertama jangan sombong. Kedua, jika makan maka kita gunakan tangan kanan.

Adab Makan


Rasulallah Shalallahu'alaihi wa sallam pernah mengajari adab makan kepada Umar bin Abu Salamah Radhiallahu 'anhuma agar mengucapkan basmalah sebelum makan, makan menggunakan tangan kanan, kemudian makan mengambil yang terdekat. Adab yang diajarkan Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam ini sebagaimana disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Bab dan Kitab yang sama dengan di atas. Kisah disebutkan dalam hadits nomor 737 riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

"Dari Umar bin Abu Salamah radhiallahu 'anhuma, ia berkata: "Saya - ketika itu - adalah seorang anak yang ada di bawah pengawasan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam, tanganku berputar-putar ke sekitar piring - kalau makan. Lalu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadaku: 
"Hai Nak, ucapkanlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu." (Muttafaq 'alaih) 

Posting Komentar untuk "Macam-macam Sama Rasulullah, Orang Ini Tidak Bisa Mengangkat Tangan ke Mulutnya Selama-lamanya Karena Sombong ~ sekolahmuonline.com"

close