Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt. Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat.
Rangkuman PAIBP Kelas XI Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt


Rangkuman PAIBP Kelas XI Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt


1. Nabi adalah manusia pilihan Allah Swt. yang diberi wahyu hanya untuk dirinya sendiri. Jumlah nabi berdasarkan hadis riwayat Ahmad ada 124.000 nabi.

Imam Ahmad meriwayatkan hadis dari Abi Zar r.a. bahwa Rasulullah saw. ketika ditanya tentang jumlah para nabi, beliau menjawab, “Jumlah para nabi itu adalah 124.000 nabi, sedangkan jumlah rasul 315."

Sementara At-Turmuzy meriwayatkan hadis dari Abi Zar r.a. juga, menjelaskan bahwa Rasulullah saw. menjawab, “Jumlah para nabi itu adalah 
124.000 nabi, sedangkan jumlah rasul 312.”
Jumlah nabi yang mendapat gelar ulul azmi ada lima, yaitu: Nabi Nuh as., Ibrahim as., Musa as., Isa as., dan Muhammad saw.

2. Jumlah rasul berdasarkan hadits riwayat Ahmad ada 315 rasul.

3. Sifat-sifat yang dimiliki rasul adalah sifat wajib (as-Shiddiq, al-Amanah, at-Tablig dan al-Fathanah),

Sifat mustahil bagi Rasul adalah (al-Kizziib, al-Khiyanah, al-Kitman, dan al-Baladah)

4. Tugas para rasul adalah mengajarkan tauhid, mengajarkan cara beribadah, menjelaskan hukum-hukum Allah Swt. dan batasannya bagi manusia, memberi teladan kepada umatnya, memperbaiki jiwa manusia.

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 7 Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt ~ sekolahmuonline.com"

close