Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Bagian Pertama (Part 1) dari Soal PPKn Kelas 12 Bab 4 lengkap dengan Kunci Jawabannya. Soal berikut ini membahas contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 4 tentang Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Soal PPKn Kelas XII Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kunci Jawabannya


Soal PPKn Kelas XII Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kunci Jawabannya [Part 1]


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 4 membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembelajaran Kedua membahas tentang Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari Masa ke Masa..

Agar tidak terlalu panjang, Sekolahmuonline sajikan soal-soal PPKn Kelas 12 Bab 4 menjadi dua bagian. Bagian Pertama (Part 1) menyajikan soal-soal pembahasan Pembelajaran Pertama dan Kedua. Bagian Kedua (Part 2) berisi soal-soal Evaluasi bentuk Pilihan Ganda dari dua pembelajaran tersebut di atas yang dilengkapi dengan soal Essay atau Uraian.

A. Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas XII Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kunci Jawabannya


Berikut ini adalah soal Bagian Pertama (Part 1). Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
A. Max Weber
B. Mac Iver
C. Prof. Mr. Soenarko
D. Prof. Miriam Budiardjo
E. Harold J. Laski

Jawaban: D

Pembahasan:
Prof. Miriam Budiardjo memberikan pengertian Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. 

2. Berikut ini yang merupakan tujuan Negara Indonesia adalah ....
A. menjadi negara adikuasa
B. membentuk negara maju 
C. memajukan kesejahteraan umum
D. negara yang bebas dari hutang
E. negara anti penjajahan

Jawaban: C

Pembahasan:
Sedangkan tujuan Negara Indonesia adalah yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat; Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia

3. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri bentuk negara kesatuan adalah ....
A. Kepala Negara yang berada di pusat dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum dan memiliki tanggungjawab yang besar kepada rakyat.
B. Setiap Negara bagian di dalamnya memiliki kekuasaan asli terhadap daerahnya sendiri namun tidak memiliki kedaulatan sebab kedaulatan Negara tetap dipegang oleh kepala Negara.
C. Setiap Negara bagian itu berhak mengatur undang-undangnya namun tetap harus selaras dengan undang-undang yang ada pada pemerintah pusat.
D. Pemerintah pusat juga memiliki kedaulatan bagi Negara bagian terutama untuk urusan yang berkaitan dengan bagian luar, sedangkan pada urusan dalam Negara bagian pemerintah pusat memiliki sebagian kedaulatan.
E. Berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik, keamanan, sosial dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja.

Jawaban: E

Pembahasan:
Ciri-Ciri Negara Kesatuan:
1) Pada Negara kesatuan peraturan dasarnya didasarkan pada satu Undang-Undang Negara. Selain itu Negara kesatuan juga memiliki hanya satu kepala Negara, dewan perwakilan rakyat dan juga dewan Negara.Pada Negara kesatuan maka semuanya terpusat dan berdasarkan dari satu undang-undang tersebut, pemerintahannya pun terorganisir pada pusat. Hal ini memiliki manfaat yang baik dimana peraturan dan roda pemerintahan pun selalu seragam namun ada kalanya mengundang kesulitan ketika ada hal-hal yang harus diselesaikan di daerah namun harus menunggu keputusan dari pusat terlebih dulu.

2) Semua hal yang berkaitan dengan kedaulatan Negara baik itu kedaulatan untuk urusan dalam negeri maupun urusan luar negeri semuanya diserahkan kepada pusat untuk disetujui dan ditandatangani.

3) Berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik, keamanan, sosial dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja.

4. Peristiwa yang menjadi faktor pembentuk bangsa Indonesia adalah ...
A. Peristiwa Rengasdengklok
B. Peristiwa Kongres Pemuda kedua tahun 1928.
C. Pertempuran Agresi militer Belanda kedua.
D. Konferensi Meja Bundar tahun 1949
E. Dekrit Presiden tahun 1959

Jawaban: B

Pembahasan:
Dilihat dari sejarahnya faktor pembentuk Bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

5. Cita-cita atau tujuan Negara Indonesia terdapat dalam ....
A. Pancasila
B. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
C. UUD NRI Tahun 1945
D. Diri setiap warga negara
E. Konstitusi 

Jawaban: B

Pembahasan:
Tujuan Negara Indonesia adalah yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat; Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

6. Pada tanggal 2 September 1945 disusunlah kabinet pertama RI yang mengangkat menteri sebanyak ....
A. 15
B. 16
C. 17
D. 18
E. 19

Jawaban: C

Pembahasan:
Pada tanggal 2 September 1945 disusunlah kabinet pertama RI yang mengangkat 17 menteri juga mengangkat sejumlah pejabat tinggi negara.

7. Lembaga ini bentuk pada tanggal 29 Agustus 1945. Salah satu ketetapan mengenai pernyataan dari rakyat Indonesia untuk hidup aman sebagai bangsa yang merdeka, persatuan kebangsaan yang erat, menjaga keselamatan umum, dan membantu para pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia. Nama lembaga negara tersebut adalah ....
A. BPUPKI
B. PPKI
C. KNPI
D. DPK
E. MA

Jawaban: C

Pembahasan:
Pada tanggal 29 Agustus 1945 dibentuklah KNIP dan PPKI dibubarkan. Salah satu ketetapan mengenai dibentuknya KNIP adalah pernyataan dari rakyat Indonesia untuk hidup aman sebagai bangsa yang merdeka, persatuan kebangsaan yang erat, menjaga keselamatan umum, dan membantu para pemimpin dalam menyelenggarakan cita-cita bangsa Indonesia.

8. Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) terjadi pada masa ....
A. Revolusi Kemerdekaan
B. RIS
C. Demokrasi Liberal
D. Orde Baru
E. Reformasi

Jawaban: B

Pembahasan:
Pada masa RIS ini pemberontakan yang terjadi adalah pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil), Pemberontakan Andi Azis dan Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS).

9. Presiden yang mundur dari jabatannya karena gerakan reformasi pada tanggal 21 Mei 1998 adalah ....
A. Soekarno
B. Soeharto
C. B.J. Habibie
D. Abdurrahman Wahid
E. Megawati Soekarno Putri

Jawaban: B

Pembahasan:
Soeharto melalui gerakan reformasi. Akhirnya Soeharto mundur dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan wakil presidenmya, B.J. Habibie sebagai presiden RI ketiga.

10. Gagalnya konstituante menentukan dasar negara, serta terjadinya sejumlah pemberontakan seperti PRRI/Permesta. Akibatnya muncul desakan untuk memberlakukan kembali UUD NRI Tahun 1945, peristiwa tersebut terjadi pada masa ....
A. Revolusi Kemerdekaan
B. RIS
C. Demokrasi Liberal
D. Orde Baru
E. Reformasi

Jawaban: C

Pembahasan:
Pada masa demokrasi liberal terjadi keteganggan sosial politik akibat beberapa kali bergantinya kebinet, gagalnya Konstituante menentukan dasar negara, serta terjadinya sejumlah pemberontakan seperti PRRI/Permesta. Akibatnya muncul desakan untuk memberlakukan kembali UUD NRI Tahun 1945.

B. Soal Essay PPKn Kelas XII Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kunci Jawabannya


1. Jelaskan pengertian negara serikat!

Jawaban:
Negara serikat adalah bentuk negara yang Kedaulatan Negara tersebut tetap dimiliki oleh pemerintah federal yang berada di pusat namun Negara-negara bagian lain di dalamnya juga memiliki kekuasaan yang besar untuk mengatur rakyatnya sendiri.

2. Apa faktor-faktor pembentuk Bangsa Indonesia?

Jawaban:
Di lihat dari sejarahnya faktor pembentuk Bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Adapun faktor-faktor penting pembentuk bangsa Indonesia antara lain adalah sebagai berikut. Adanya persamaan nasib, keinginan bersama untuk merdeka, kesatuan tempat tinggal, dan cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa.

3. Jelaskan pengertian negara menurut Prof. Miriam Budiardjo!

Jawaban:
Prof. Miriam Budiardjo memberikan pengertian Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. 

4. Sebutkan tiga unsur pokok berdirinya sebuah negara!

Jawaban:
Tiga unsur pokok berdirinya sebuah negara (konstitutif) adalah penduduk, wilayah dan pemerintah berdaulat serta 1 unsur tambahan (disebut unsur deklaratif) yaitu berupa Pengakuan dari negara lain.

5. Apa fungsi negara?

Jawaban:
Negara mempunyai Fungsi Pertahanan dan Keamanan, Fungsi Keadilan, Fungsi Pengaturan dan Keadilan serta Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

6. Apa tujuan Negara Indonesia?

Jawaban:
Tujuan Negara Indonesia adalah yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat, yaitu: "Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia."

7. Sebutkan Ciri-ciri Negara Kesatuan!

Jawaban:
Ciri-Ciri Negara Kesatuan
1) Pada Negara kesatuan peraturan dasarnya didasarkan pada satu Undang-Undang Negara. Selain itu Negara kesatuan juga memiliki hanya satu kepala Negara, dewan perwakilan rakyat dan juga dewan Negara.Pada Negara kesatuan maka semuanya terpusat dan berdasarkan dari satu undang-undang tersebut, pemerintahannya pun terorganisir pada pusat. Hal ini memiliki manfaat yang baik dimana peraturan dan roda pemerintahan pun selalu seragam namun ada kalanya mengundang kesulitan ketika ada hal-hal yang harus diselesaikan di daerah namun harus menunggu keputusan dari pusat terlebih dulu.
2) Semua hal yang berkaitan dengan kedaulatan Negara baik itu kedaulatan untuk urusan dalam negeri maupun urusan luar negeri semuanya diserahkan kepada pusat untuk disetujui dan ditandatangani.
3) Berbagai macam masalah seperti budaya, ekonomi, politik, keamanan, sosial dan pertahanan hanya memiliki satu buah kebijakan saja.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Pertama (Part 1) Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) lengkap dengan Kunci Jawabannya pembahasan PPKn Kelas 12 Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 4 Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com "

Memuat...
close