Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1]~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1]~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Bagian Pertama [Part 1] dari Soal PPKn dan Kunci Jawaban khusus pilihan ganda. Soal berikut ini membahas contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 1 yang membahas tentang Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia.
Soal PPKn Kelas XII Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia dan Kunci Jawabannya


Soal PPKn Kelas XII Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia dan Kunci Jawabannya [Part 1]


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 1 membahas empat pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara. Pembelajaran Kedua tentang Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila. Pembelajaran Ketiga membahas tentang Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Sedangkan Pembelajaran yang Keempat membah tentang Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.

Agar tidak terlalu panjang, Sekolahmuonline sajikan soal-soal PPKn Kelas 12 Bab 1 menjadi tiga bagian. Berikut ini soal dari pembahasan Pembelajaran Pertama dan Kedua.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam Undang-Undang Pasal ....
A. UU No. 9 Tahun 1998
B. UU No. 39 Tahun 1999
C. UU No. 20 Tahun 2003
D. UU No. 12 Tahun 2006
E. UU No. 36 Tahun 2009

Jawaban: D

Pembahasan:
Sudah jelas UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

2. Dibawah ini yang merupakan hak untuk melakukan upaya hukum guna melawan atau menggugat keputusan-keputusan warga yang dinilai merugikan hak konstitusional warga negara yang bersangkutan adalah ....
A. Mendapatkan pendidikan dan membela negara
B. Mendirikan partai politik
C. Mendaftarkan diri menjadi calon legislatif
D. Menjadi anggota TNI/Polisi
E. Mengajukan kasasi

Jawaban: E

Pembahasan:
Hak untuk melakukan upaya hukum guna melawan atau menggugat keputusan-keputusan warga yang dinilai merugikan hak konstitusional warga negara yang bersangkutan. Contohnya setelah adanya keputusan kemudian mengajukan banding dipengadilan, pengajuan kasasi ke Mahkamah Agung dan lain sebagainya

3. “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” 

Merupakan isi dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal ....
A. Pasal 27 ayat 2
B. Pasal 27 ayat 3
C. Pasal 28
D. Pasal 29 ayat 2
E. Pasal 30 ayat 1

Jawaban: B

Pembahasan:
Sudah jelas Pasal 27 Ayat (3) berbunyi “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”

4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas ....
A. Kekeluargaan
B. Demokrasi ekonomi
C. Kebersamaan
D. Hukum ekonomi
E. Perjanjian masyarakat

Jawaban: B

Pembahasan:
Sesuai dengan isi Pasal 33 Ayat (4) berbunyi “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.”

5. Berikut ini adalah pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 yang membahas tentang kewajiban warga negara adalah ....
A. Pasal 27
B. Pasal 28
C. Pasal 28J ayat 1
D. Pasal 33 ayat 3
E. Pasal 34 ayat 1

Jawaban: C

Pembahasan:
Pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 yang membahas tentang kewajiban warga negara adalah pasal 27 ayat (1), Pasal 27 ayat (3), Pasal 28J ayat (1), Pasal 28J ayat (2) dan pasal 30 ayat (1)

6. Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia mengandung .... nilai.
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban: C

Pembahasan:
Pancasila sebagai ideologi Negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia sesungguhnya mengandung 3 (tiga) macam nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis.

7. Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan, merupakan contoh dari nilai ....
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental

Jawaban: B

Pembahasan:
Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan yang Maha, Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

8. Di bawah ini yang termasuk kedalam nilai-nilai instrumental adalah ....
A. tanggung jawab
B. cinta tanah air
C. tata tertib sekolah
D. petunjuk jalan
E. Perda

Jawaban: E

Pembahasan:
Nilai Instrumental ini merupakan nilai-nilai turunan dari nilai dasar yang dituangkan dalam berbagai ketentuan konstitusional, baik dalam UUD NRI Tahun 1945, UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah.

9. Nilai yang merupakan penjabaran dari kehidupan sehari-hari disebut dengan nilai ....
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental

Jawaban: C

Pembahasan:
Nilai praksis adalah nilai yang dijabarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai praksis ini benar-benar nyata dan kita semua melakukannya

10. Tujuan dari bangsa Indonesia untuk menciptakan kesejahteraan sosial warga negaranya merupakan penerapan pelaksanaan dari nilai .... dalam Pancasila.
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental

Jawaban: B

Pembahasan:
Dalam nilai dasar terdapat nilai sila ke 5 yang tujuannya adalah menciptakan kesejahteraan sosial baik sandang maupun pangan tanpa adanya kesenjangan baik dari segi sosial, ekonomi, budaya maupun politik sehingga keadilan dapat diwujudkan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) lengkap dengan Kunci Jawaban pembahasan PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga:

1 komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1]~ sekolahmuonline.com"

close