Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP/MTs Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP/MTs Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Seni Budaya khusus Seni Tari Kelas 9 SMP dan MTs. Soal-soal berikut membahas tema Menyusun Gerak Tari Kreasi Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara.
Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP/MTs Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara + Kunci Jawabannya

Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP/MTs Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis panggung pementasan!

Jawaban:
Jenis-jenis panggung pementasan:
- Panggung Segi empat
Bentuk panggung segi empat ini merupakan bentuk yang sederhana dari ruang teater. Perletakan panggung perunjukkan berada di salah satu sisi dan ruang penonton berada di sisi yang lain. Kondisi ini menyebabkan penonton yang berada di arena samping akan merasa kesulitan menikmati pertunjukan kesenian. Karena arah hadap penonton yang tidak lurus ke arah panggung pertunjukan, sehingga mengurangi rasa nyaman.
Panggung pertunjukan bisa diletakkan di tengah-tengah ruang penonton. Kondisi ini dapat menampung lebih banyak penonton, tetapi tetap memiliki masalah yang sama, yakni penonton yang berada di area samping akan merasa kesulitan menikmati pertunjukan. Bentuk ini sering digunakan sebagai ruang seminar, workshop, rapat, dan sebagainya.

- Panggung Bentuk kipas ( melingkar )
Bentuk kipas menjadikan ruang penonton melingkari panggung pertunjukan. Posisi penonton pada panggung ini, tidak akan terganggu dalam menyaksikan pertunjukkan

- Panggung Auditorium 360⁰
Panggung pertunjukan berada ditengah dikelilingi auditorium. Arah hadap pementas, langsung ke arah penonton. Jalur sirkulasi pementasan melewati auditorium. Bentuk ini sering digunakan dalam pertunjukan konser musik (terutama grup band) dan pertunjukan teatrikal. 

- Auditorium transverse stage
Bentuk ini sangat sederhana dengan meletakkan pangung pertunjukan dan tempat duduk penonton saling berhadapan. Bentuk ini tidak cocok untuk jumlah penonton yang banyak, karena tingkat visual penonton terhadap pangung yang kurang sempurna.

- Auditorium 210⁰ – 220⁰
Panggung berada di sebuah titik dikelilingi oleh penonton, tetapi tidak penuh satu lingkaran. Arah pandang visual penonton lurus kedepan, tidak perlu menengok terlalu banyak untuk dapat menikmati pertunjukan. Bentuk ini cocok digunakan dalam pementasan seni teater, drama, konser musik, tari, sendratari, dan kegiatan lain yang sejenis.

- Panggung terbuka
Ruang utama dan ruang penonton terletak saling berhadapan. Terkadang ruang utama juga dikelilingi ruang penonton.

- Panggung procenium
Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai, karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch). Bingkai yang dipasangi layar atau gorden inilah yang memisahkan wilayah akting pemain dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah. Pemisahan ini bertujuan agar pergantian tata panggung dapat dilakukan tanpa sepengetahuan penonton. Panggung proscenium sudah lama digunakan dalam dunia teater. Jarak yang sengaja 
diciptakan untuk memisahkan pemain dan penonton ini dapat digunakan untuk menyajikan cerita seperti apa adanya. 

Aktor dapat bermain dengan leluasa seolah-olah tidak ada penonton yang hadir melihatnya. Pemisahan ini dapat membantu efek artistik yang dinginkan 
terutama dalam gaya realisme yang menghendaki lakon seolah-olah benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Tata panggung pun sangat diuntungkan dengan adanya jarak dan satu pandangan arah dari penonton. Hampir semua sekolah teater memiliki jenis panggung proscenium. Jarak antara penonton dan panggung adalah jarak yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan gambaran kreatif pemangungan. Pesona inilah yang membuat penggunaan panggung proscenium bertahan sampai sekarang

2. Apa fungsi tata lampu dan tata suara dalam pementasan tari?

Jawaban:
Tata lampu (lighting) dan tata suara (sound system) yang bagus dan menarik akan membuat pertunjukan lebih indah dan lebih hidup sehingga menunjang kesuksesan sebuah penampilan atau pergelaran tari

3. Bentuk panggung yang manakah yang cocok untuk digunakan dalam pementasan seni teater, drama, konser musik, tari, sendratari, dan kegiatan lain yang sejenis?

Jawaban:
Panggunga Auditorium 210⁰ – 220⁰

4. Jelaskan tentang panggung procenium!

Jawaban:
Bentuk Proscenium atau panggung bingkai yaitu panggung bentuk lengkung dengan bingkai yang dipasang layar atau gorden untuk memisahkan wilayah penari dengan penonton yang menyaksikan pertunjukan dari satu arah.

5. Jelaskan tentang panggung bentuk pendapat!

Jawaban:
Pendapa yaitu tempat pentas ciri khas bangunan dari Jawa. Ciri khas pendapa ditandai tiang penjaga (saka) yang berjumlah empat di tengah bangunan. Pendapa biasanya dipakai mementaskan tari klasik seperti tari Srimpi dan Bedaya.

6. Tata lampu atau Lighting terbagi atas dua jenis. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Tata lampu atau Lighting terbagi atas dua jenis, yakni :
1. Lighting sebagai penerangan
Tata lampu yang berfungsi hanya sebagai penerangan dalam sebuah pentas seni atau panggung agar pementasan terlihat baik.

2. Lighting sebagai pencahayaan
Tata lampu yang berfungsi untuk artistik pementasan yang mendukung suasana sesuai dengan tuntunan naskah.

7. Unsur-unsur apa sajakah yang harus diperhatikan untuk mendapatkan lighting atau tata lampu yang bagus?

Jawaban:
Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan lighting atau tata lampu yang bagus, antara lain:
1. Tersedianya Peralatan dan Perlengkapan
Pastikan peralatan dan perlengakapan yang dibutuhkan sudah tersedia sesuai dengan acara yang sedang terselenggara.
2. Tata Letak dan Titik Fokus
Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik fokusnya adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dari arah depan panggung.
3. Keseimbangan Warna
Keseimbangan warna merupakan keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan.
4. Penguasaan Alat dan Perlengkapan
Tata cahaya ini sanat erat hubungannya dengan listrik, maka orang yang melaksanakan tugas mengatur lampu pementasan (lightingmen) juga harus memiliki pengetahuan tentang kelistrikan yang berhubungan dengan tata lampu.
5. Pemahaman Naskah
Lightingmen juga harus paham mengenai naskah yang akan dibawakan dalam sebuah seni. Hal ini dikarenakan naskah tersebut juga berhubungan dengan lighting. 

8. Apa yang kamu ketahui tentang tata suara?

Jawaban:
Tata suara adalah suatu teknik pengaturan peralatan suara atau bunyi pada suatu acara pertunjukan, pertemuan, rapat dan lain lain. Tata suara memainkan 
peranan penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi satu bagian tak terpisahkan dari Tata Panggung, bahkan acara pertunjukan itu sendiri. Tata Suara erat kaitannya dengan pengaturan penguatan suara agar bisa terdengar kencang tanpa mengabaikan kualitas dari suara-suara yang dikuatkan. Pengaturan tersebut meliputi pengaturan mikropon-mikropon, kabel-kabel, efek suara, speaker, dan lain-lain.

9. Jelaskan seperti apa sarana dan prasarana yang ideal bagi sebuah pertunjukan tari!

Jawaban:
Sarana dan prasarana yang ideal bagi sebuah pertunjukan tari adalah jika gedung pertunjukan telah dilengkapi dengan peralatan yang menunjang penyelenggaraan pertunjukan, khususnya tata lampu (lighting) dan tata suara (sound system). Tata lampu dan tata suara sebagai unsur pelengkap sajian tari berfungsi untuk kesuksesan pergelaran.

10. Carilah contoh pertunjukan tari di YouTube kemudian berikan ulasanmu tentang pertunjukan tersebut dari segi Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara!

Jawaban:
Silahkan kamu tonton langsung kemudian berikan ulasan.
Misalnya: 
Judulnya ... 
Panggung yang digunakan jenis panggung ..... 
Tata lampunya seperti apa ....
Tata suaranya bagaimana... Silahkan bebas berpendapat sesuai dengan yang kamu tonton sendiri.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP dan MTs Menyusun Gerak Tari Kreasi Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya (Seni Tari) Kelas 9 SMP/MTs Pembelajaran 2 Tempat Pentas, Tata Lampu, dan Tata Suara + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...