Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal IPS Kelas 8 Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 8 Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 semester 1 (semester ganjil/semester gasal). Kali ini Sekolahmuonline sajikan soal IPS pembahasan kegiatan pembelajaran kedua bagian dari IPS Kelas 8 Bab III yang membahas tentang Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN.
Soal IPS Kelas VIII Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN


IPS Kelas VIII SMP/MTs Bab III Asyiknya Mengenal Ragam Kehidupan Masyarakat di Negara-negara ASEAN membahas tiga Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran Pertama tentang Perubahan dan Interaksi Antar Ruang ASEAN. Kegiatan pembelajaran kedua tentang Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN. Sedangkan Kegiatan Pembelajaran Ketiga tentang Perubahan Ruang terhadap Kegiatan Ekonomi ASEAN.

Teknologi komunikasi dan transportasi memiliki peran besar dalam perubahan dan interaksi antar ruang di negara-negara ASEAN. Teknologi komunikasi memudahkan hubungan antar masyarakat ASEAN untuk berbagai kepentingan. Di sisi lain migrasi masyarakat ASEAN semakin mudah dengan kemajuan transportasi. Komunikasi dan transportasi memberikan sumbangan besar dalam perubahan dan saling ketergantungan masyarakat ASEAN. 

Nah, berikut ini adalah soal essay IPS Kelas 8 pembahasan kegiatan pembelajaran kedua Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay IPS Kelas 8 Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan tiga contoh kemajuan iptek di negara-negara ASEAN

Jawaban:
Kemajuan iptek di ASEAN:
- Teknologi komunikasi: internet, telepon
- Transportasi : pembangunan jalan raya, kereta api, pesawat udara
- Pertanian : pengembangan bibit unggul
- Perdagangan: perdagangan bebas, ekspor impor, e commersial

2. Bagaimana pengaruh kamajuan transportasi bagi perkembangan penduduk ASEAN?

Jawaban:
Transportasi berpengaruh terhadap mobilitas penduduk di ASEAN. Migrasi sangat mudah dan cepat terjadi menyebabkan proses urbanisasi yang semakin cepat. Di sisi migrasi menyebabkan percampuran budaya semakin meningkat.

3. Bagaimana pengaruh kemajuan komunikasi bagi kemajuan perkembangan sosial budaya bangsa-bangsa ASEAN?

Jawaban:
Kemajuan komunikasi berpengaruh dalam kemajuan sosial budaya seperti mempercepat proses penyebaran hasil budaya, pewarisan budaya. 

4. Bagaimana dampak positif perkembangan iptek dalam kemajuan budaya?

Jawaban:
Dampak positif perkembangan iptek dalam kemajuan budaya adalah semakin mudahnya menyebarkan hasil-hasil budaya. Contohnya untuk belajar budaya daerah masyarakat dapat menggunakan rekaman dalam internet

5. Bagaimana dampak negatif kemajuan iptek dalam bidang keamanan?

Jawaban:
Dampak negatif kemajuan iptek dalam bidang keamanan adalah semakin mudahnya ancaman masuk baik dari dalam maupun luar. Misalnya Kerjasama teroris internasional

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 Bab 3 pembahasan kegiatan pembelajaran yang kedua tentang Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 8 Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Perubahan Ruang ASEAN ~ sekolahmuonline.com"

close