Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan soal pilihan ganda dan essay mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 11 pembahasan Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Pilihan Ganda dan Essay Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat


Soal Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat

A. Soal Pilihan Ganda Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Pada zaman Yunani terdapat alat musik seperti Lyra dan Aulos yang digunakan untuk aliran pemuja dewa Apollo dan Donysus. Hal tersebut menunjukkan musik berfungsi sebagai sarana ......
a. ritual
b. ekspresi diri
c. ekonomi
d. hiburan
e. terapi

Kunci Jawaban: A

2. Katy Pery seorang penyanyi terkenal sedang menyelenggarakan sebuah konser di Hongkong. Konser tersebut berhasil menjual tiket sebanyak 100.000 lembar sehingga menghasilkan penadapatan sebesar kurang lebih 200.000 Dolar Amerika. Dari penghasilan konser tersebut sang artis mendapatkan royalti. Dari kasus tersebut memperlihatkan musik sebagai sarana .....
a. ritual
b. ekspresi diri
c. ekonomi
d. hiburan
e. terapi

Kunci Jawaban: B

3. Perhatikan gambar di bawah ini!


Gambar di atas menunjukkan permainan musik dalam bentuk .....
a. orkestra
b. paduan suara
c. acapella
d. solo
e. ansambel

Kunci Jawaban: D

4. Perhatikan gambar berikut ini


Gambar di atas adalah musisi terkenal dari Jamaika yang mengusung musik bergenre reggae, siapakah musisi dalam gambar tersebut .....
a. Bob Dylan
b. Bob Marley
c. Bob Tutupoli
d. Mick Jagger
e. John Lennon

Kunci Jawaban: B

5. Dalam perkembangannya, musik R & B berpengaruh melahirkan beberapa aliran musik. Musik dengan ciri utamanya adalah mengutamakan vokal lirik dan permainan kata-kata dengan pola ritmik yang cepat seperti berpidato adalah jenis musik ......
a. Jazz
b. Reggae
c. Rap
d. Country
e. Funk

Kunci Jawaban: C

B. Soal Essay Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat

Jawablah pertanyaan di bawah dengan jelas!

1. Jelaskan fungsi musik sebagai peningkatan kecerdasan otak!
Jawaban:
Yaitu fungsi musik untuk meningkatkan kecerdasan seseorang dengan merangsang keseimbangan otak kiri dan kanan manusia. Keseimbangan kedua bagian otak ini akan mempengaruhi kecerdasan seseorang.

2. Apa yang disebut dengan musik ansambel dan berikan contohnya!
Jawaban:
Kelompok musik dengan menggunakan alat musik yang beragam. Contohnya adalah grup band yang terdiri dari beberapa pemusik yang menggunakan alat seperti gitar elektrik, bass, drum, dan keybord.

3. Sebutkan jenis musik berdasarkan media yang digunakannya!
Jawaban:
Jenis musik berdasarkann media yang digunakannya adalah sebagai berikut:
a. Musik vokal, yakni musik yang menggunakan vokal manusia saja.
b. Musik instrumen, yakni musik yang menyajikan permainan alat musik atau instrumen saja baik perorangan maupun dalam bentuk kelompok dengan alat yang sejenis atau alat musik yang beragam.
c. Musik campuran atau kombinasi vokal dan instrumen yang menyajikan musik dengan perpaduan antara musik vokal manusia dan instrumen musik.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan soal pilihan ganda dan essay mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 11 pembahasan Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat lengkap dengan kunci jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Fungsi, Bentuk, dan Jenis Musik Barat ~ sekolahmuonline.com"

close