Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas 11 SMA/SMK khususnya SMA dan SMK Pusat Keunggulan (PK) atau sekolah-sekolah yang kini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru), Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI SMA/SMK. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK.
Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 SMA/SMK Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK
PAIBP Kelas XI Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI masuk pembahasan pertama di semester ganjil.

Ini sangat menarik untuk dibuat latihan mengerjakan soal (untuk asesmen). Anda dapat langsung mengetahui skornya. Silakan dicoba:

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK

1. Isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan hadis terkait, diantaranya:
a) Penciptaan alam semesta, dan silih bergantinya siang dan malam, pusaran angin, keteraturan lintasan benda-benda langit, dan bumi dengan segala isinya, semua itu jangan dijadikan sebagai peristiwa biasa, tanpa hikmah dan tujuan, tetapi harus dipikirkan, sehingga keberadannya dapat diambil sisi positif dan negatifnya melalui akal pikiran serta akal budi yang dimiliki seseorang.

b) Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) harus semakin menumbuhkan kedekatan (taqarrub) kepada Allah Swt. Itu artinya, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, hidupnya harus semakin baik dan benar di sisi Allah Swt., termasuk semua nikmat yang diterima, pasti akan diminta pertanggungjawaban.

c) Berpikir menjadi ciri khas manusia. Disebabkan kemampuan berpikir, manusia menjadi makhluk yang dimuliakan Allah Swt.

d) Peran sebagai khalifah, diamanahkan kepada manusia, karena faktor berpikir juga. Karena kemampuan berpikirlah, ilmu pengetahuan dan teknologi akan diserap didapat dan ditemukan.

e) Berpikir (الفكر), berarti kekuatan yang menembus suatu obyek, sehingga menghasilkan pengetahuan. Jika pengetahuan itu, didukung bukti-bukti kuat dinamakan علم/ilm. Jika buktinya belum meyakinkan, namun kebenarannya lebih dominan, disebut ظن (dhann/dugaan). Selanjutnya, jika kemungkinan benar dan salahnya seimbang disebut شكّ (syakk/keraguan).

2. Isi kandungan Q.S. arl-Rahmān/55: 33 dan hadis terkait, di antaranya:
a) Rajin, cinta, dan semangat menuntut ilmu itu mutlak dilakukan, tetapi penting sekali melakukan seleksi ilmu dan guru, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, akibat kebodohan diri, atau dibodohi pihak lain.

b) Membaca itu berkaitan dengan qalam (pena) sebagai alat untuk menulis, sehingga tulisan itu menjadi penghubung antar manusia walaupun mereka berjauhan tempat, sebagaimana mereka berhubungan dengan perantaraan lisan.

c) Setiap orang harus bercita-cita memiliki iptek yang tinggi, sebagaimana peran para ulama, sehingga sampai kini, meski sudah wafat, ilmu masih bermanfaat untuk generasi akan datang, dan harus menjadi kesadaran bersama, bahwa untuk menjadi ulama itu bukan hal mudah.

d) Saat ini, semakin sedikit ulama akibat diwafatkan oleh Allah Swt. dan itu berpengaruh kepada hilangnya ilmu yang dimiliki para ulama yang berakibat bagi kehidupan, sehingga semakin susah menemukan teladan yang dapat dicontoh. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal PAIBP Kelas XI Kurikulum Merdeka

Lengkap semua bab contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka beserta kunci jawabannya lihat pada judul-judul postingan di bawah ini:

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas XI Kurikulum Merdeka

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com"

close