Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara [PPKn Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara [PPKn Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru). Pada postingan kali ini Sekolahmuonline masih melanjutkan Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila tapi bagian Unit 2 yaitu yang membahas tentang Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara.
Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas XI SMA/SMK Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara
Rangkuman PPKn kelas 11 SMA/SMK di bawah ini adalah rangkuman yang ada pada materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Selamat membaca dan mempelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar. 

Rangkuman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara

Rangkuman 1

a. Penerapan Pancasila dalam kehidupan bernegara tidak terlepas dari pemahaman terhadap tataran nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Ketiga nilai ini harus saling tersinkronisasi dan tidak bertentangan. 

b. Nilai dasar berarti nilai kebenaran absolut yang tidak akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. 

c. Nilai instrumental maknanya adalah nilai dari penjabaran Pancasila yang disesuaikan dengan konteks zaman dan perkembangannya.

d. Nilai praksis merupakan nilai yang terdapat dalam penerapan Pancasila, baik yang tertulis maupun tidak.

Rangkuman 2

a. Pada sila pertama, dapat dimaknai bagaimana negara menjamin kemerdekaan bagi warganya untuk memeluk agama yang dipercayai serta kebebasan untuk melakukan ibadah secara aman.

b. Sila kedua menjamin pemenuhan hak asasi manusia oleh negara, tetapi pada praktiknya tetap saja ditemukan pelanggarannya dalam kehidupan sehari-hari.

c. Salah satu bentuk persatuan masyarakat Indonesia adalah dengan digunakannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan berbagai atribut pemersatu lainnya, seperti bendera merah putih dan lambang negara Garuda Pancasila.

d. Sebagai negara demokrasi, rakyat Indonesia memberikan kepercayaan kepada wakil rakyat untuk menjadi perwakilan yang membawa aspirasi rakyat.

e. Sebagai bentuk penerapan sila kelima, negara bertanggung jawab atas meratanya bantuan dan jaminan kesehatan serta fasilitas umum lainnya. 

Uji Pemahaman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara

Sebutkan wujud penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ada di sekitar kalian dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan nilai instrumental dan nilai praksis.
1. Sila pertama:
2. Sila kedua:
3. Sila ketiga:
4. Sila keempat:
5. Sila kelima:


Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas 11 SMA/SMK Bagian 1:
Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas 11 SMA/SMK Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara [PPKn Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close