Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru). Postingan masih menyajikan Rangkuman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila, lanjutannya yaitu Unit 3 yang membahas tentang Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global.
Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas XI SMA/SMK Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global
Rangkuman PPKn kelas 11 SMA/SMK di bawah ini adalah rangkuman yang ada pada materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Selamat membaca dan mempelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar.

Rangkuman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global

a. Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak positif sekaligus tantangan bagi eksistensi ideologi Pancasila. Dengan segala kemudahan akses informasi, menjadikan banyak ideologi yang tidak sejalan dengan Pancasila dapat dengan mudah masuk ke masyarakat Indonesia, contohnya radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme, yang mengancam persatuan Indonesia.

b. Pada era digital, setiap orang dapat menjadi produsen sekaligus konsumen informasi. Dalam situasi saat ini, masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang valid dikarenakan yang banyak beredar adalah post truth yang dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia.

c. Sebagai warga Indonesia yang menjunjung tinggi nila-nilai Pancasila, kita juga tidak terlepas dari peran sebagai warga dunia yang menuntut kita harus mampu bersaing di kancah global dengan cara membekali diri agar memiliki sejumlah kecakapan: literasi, kompetensi, dan karakter.

d. Indonesia memiliki keragaman adat dan budaya, serta dikenal dengan bangsa yang mencintai perdamaian.

e. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia menjadi kekuatan bagi rakyatnya untuk menjalankan kehidupan dengan menjunjung nilai-nilai yang luhur agar tetap dapat berkompetisi secara global.

f. Masyarakat Indonesia harus membekali diri dengan berbagai keterampilan, seperti kolaborasi, komunikasi, literasi, dan lain sebagainya. Keterampilan ini penting untuk menjadi bekal agar dapat meningkatkan peluang penerapan Pancasila secara global serta berkompetisi dengan warga dunia lainnya. 

Uji Pemahaman PPKn Kelas XI Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global

a. Kemajuan teknologi memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan berbangsa, terutama dalam penerapan Pancasila, jelaskan!

b. Sebagai warga negara Indonesia, bagaimana sebaiknya kita menyikapi perkembangan teknologi?

c. Sebagai pelajar, apa saja yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan peluang penerapan Pancasila dalam kehidupan global?

d. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan global, serta bagaimana menghadapi tantangan tersebut?

e. Sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia, bagaimana sebaiknya sikap kita dalam menghadapi tantangan kehidupan global?


Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas 11 SMA/SMK Bagian 1 Pancasila:
Rangkuman atau ringkasan PPKn Kelas 11 SMA/SMK Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas 11 Bagian 1 Pancasila: Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global ~ sekolahmuonline.com"

close