Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PPKn Kelas 10 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa ~ sekolahmuonline.com

Soal PPKn Kelas 10 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas X SMA Bagian 1 unit 2.
Soal PPKn Kelas X Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
PPKn kelas X SMA Bagian 1 membahas Pancasila dengan sub bahasan unit 2 mengenai Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 

Soal PPKn Kelas X Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Pertama dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Pertama dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
1. Apakah kalian telah menjalankan perintah agama/kepercayaan dan menjauhi larangan agama/kepercayaan? Perintah dan larangan di sini tidak hanya terkait dengan aspek ibadah atau ritual, melainkan juga perintah dan larangan dalam kehidupan sosial-bermasyarakat.
2. Apakah kalian dapat menghormati dan dapat bekerja sama dengan kelompok agama/kepercayaan yang berbeda? 
3. Apakah kalian dapat membantu teman kalian yang berbeda agama/kepercayaan dalam melaksanakan ibadah secara nyaman? 
4. Apa peran yang dapat kalian berikan untuk menciptakan kerukunan antaragama/kepercayaan?

2. Sebutkan beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Kedua dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Kedua dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
1. Apakah kalian dapat menempatkan bahwa setiap manusia, apapun latar belakang dan identitasnya, dalam posisi setara? 
2. Apa yang telah dan akan kalian lakukan jika salah satu dari teman, tetangga kalian atau bahkan orang asing mengalami kesulitan?
3. Apakah kalian dapat menjalankan norma sosial-budaya yang berlaku di sekitar kalian? 
4. Apa kira-kira yang dapat kalian berikan jika salah satu/kelompok manusia di negara lain mengalami kesulitan?

3. Sebutkan beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Ketiga dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Ketiga dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
1. Sebagai peserta didik, kontribusi apa yang dapat kalian berikan untuk menjaga persatuan di tengah kemajemukan bangsa? 
2. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keutuhan negara? 
3. Apakah kalian dapat menempatkan produk dalam negeri sebagai prioritas ketimbang produk luar negeri? 
4. Apa yang dapat kalian lakukan jika salah satu dari teman kalian terlibat tawuran dan permusuhan? 
5. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menciptakan ketertiban dunia? 

4. Sebutkan beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Keempat dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Keempat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
1. Apakah kalian pernah memberikan usul, pemikiran, dan saran dalam suatu kegiatan musyawarah? 
2. Apakah yang akan kalian lakukan jika usulan/ide kalian tidak diterima dalam suatu kegiatan musyawarah? 
3. Apa yang akan kalian lakukan jika keputusan musyawarah tidak sesuai dengan apa yang menjadi kehendak kalian? 
4. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjumpai orang atau sekelompok orang yang tidak mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara? 

5. Sebutkan beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Kelima dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat digunakan untuk mereleksikan terkait dengan penerapan Pancasila Sila Kelima dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:
1. Bagaimana cara kalian agar hak dan kewajiban kalian, baik sebagai peserta didik, anggota keluarga ataupun generasi masa depan bangsa, dapat dilaksanakan? 
2. Apakah kalian dapat memberikan hukuman/sanksi yang setimpal, baik kepada teman dekat maupun kepada orang yang tidak dikenal? 
3. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membantu teman kalian yang secara ekonomi lebih rendah dari kalian? 
4. Jika kalian laki-laki, apakah kalian dapat bersikap adil kepada rekan kalian yang berjenis kelamin perempuan? Sebaliknya, jika kalian perempuan, apakah kalian dapat bersikap adil terhadap rekan kalian yang berjenis kelamin laki-laki? 

6. Jelaskan isi dan yang ditekankan pada Pancasila Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa!

Jawaban:
Sila pertama menekankan tentang bagaimana harusnya bersikap dengan adanya perbedaan agama dan keyakinan, sehingga kerukunan tetap terjaga. 

Dalam konteks kehidupan berbangsa, sila pertama ini mereleksikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga ia dapat melaksanakan ajaran-ajaran agamanya secara nyaman dan seksama tanpa menga lami gangguan. Namun faktanya, tidak semua manusia Indonesia yang berketuhanan ini dapat melaksanakan ajaran dan tata cara keagamaan dengan nyaman dan seksama. Masih sering terjadi sejumlah persoalan terkait dengan kebebasan pelaksanaan ajaran agama, seperti soal intoleransi terhadap keyakinan yang berbeda yang terjadi di kalangan masyarakat.

7. Jelaskan isi dan yang ditekankan pada Pancasila Sila Kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab!

Jawaban:
Sila kedua menekankan pada kemampuan untuk bersikap terhadap orang lain dan melihat orang lain sebagai individu yang ingin diperlakukan secara adil dan beradab.

Sila kedua ini memberikan pengertian bahwa setiap bangsa Indonesia dijunjung tinggi, diakui, dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya selaku ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu, sebagai warga negara, setiap manusia Indonesia memiliki derajat yang sama, hak dan kewajiban yang sama. Sehingga segala tindakan yang melanggar “kemanusian” seperti perundungan (bullying), diskriminasi, dan kekerasan antar-sesama tidak dapat dibenarkan. Sila ini juga secara eksplisit menyebut kata “adil dan beradab” yang berarti bahwa perlakuan terhadap sesama manusia harus adil dan sesuai dengan moral-etis dan adab yang berlaku. Sayangnya, kehidupan berbangsa kita tidak sepenuhnya dapat menerapkan hal ini. Masih banyak terjadi tindakantindakan yang tidak menghargai harkat dan martabat manusia, seperti perundungan, diskriminasi, ujaran kebencian, bahkan kekerasan terhadap peserta didik dan guru. 

8. Jelaskan isi dan yang ditekankan pada Pancasila Sila Ketiga Persatuan Indonesia!

Jawaban:
Sila ketiga menekankan pada kemampuan untuk menjaga keutuhan di tengah-tengah keberagaman. 

Sila ketiga ini memberikan syarat mutlak kepada setiap bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi persatuan. Persatuan di sini bukan bermakna terjadinya penyeragaman dari keragaman yang ada. Melalui sila ini setiap bangsa Indonesia yang beragam ini diminta untuk bersatu padu, kompak tanpa perpecahan untuk bersama-sama memajukan bangsa dan negara Indonesia. Faktanya, kita masih kerap menjumpai pendapat dan berita yang seringkali mengajak untuk saling menghasut dan memusuhi, lebih peduli terhadap bangsa lain tetapi acuh terhadap apa yang terjadi pada bangsa dan negara Indonesia. Lebih parahnya, gerakan separatis yang hendak memisahkan diri dari Indonesia masih tetap eksis sampai saat ini. 

9. Jelaskan isi dan yang ditekankan pada Pancasila Sila Keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan!

Jawaban:
Sila keempat menekankan pada keterlibatan dalam kegiatan musyawarah dan menyikapi perbedaan pendapat.

Dalam konteks berbangsa, sila ini menegaskan bahwa segala keputusan di lingkungan masyarakat harus dilakukan dengan penuh hikmat kebijaksanaan melalui mekanisme musyawarah. Karena itulah, untuk melaksanakan kegiatan/program bersama di masyarakat harus ditempuh dengan cara musyawarah. Prinsip musyawarah ini menyadarkan kita bahwa setiap bangsa Indonesia memiliki hak, kedudukan, dan kewajiban yang setara. Dengan demikian, tidak boleh ada seseorang atau kelompok yang merasa paling berhak dan paling benar. Faktanya, kita masih sering menjumpai sejumlah praktik kehidupan di masyarakat yang tak sepenuhnya mengedepankan musyawarah, seperti tidak menghargai pendapat yang berbeda, serta anti kritik.

10. Jelaskan isi dan yang ditekankan pada Pancasila Sila Kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia!

Jawaban:
Sila kelima menekankan pada kemampuan bersikap adil kepada individu lain yang memiliki berbagai latar belakang berbeda baik jenis kelamin, status sosial, status ekonomi, dan hubungan kedekatan.

Keadilan adalah nilai universal yang harus dipraktikkan oleh setiap bangsa Indonesia. Keadilan di sini tidak hanya terkait dengan keadilan hukum. Dalam konteks kehidupan berbangsa, keadilan dapat bermakna bahwa setiap bangsa Indonesia berada dalam posisi yang setara baik terkait dengan harkat, martabat, hak dan kewajibannya. Karena itu, merendahkan orang lain karena, misalnya, status sosial, jenis kelamin, agama, atau budaya adalah bentuk dari ketidakadilan. Untuk bersikap adil harus dimulai dari cara pikir yang adil. Sayangnya, ada banyak ketidakadilan yang terjadi di sekitar kita. Sekedar contoh, perempuan mendapatkan perlakukan tidak adil karena keperempuanannya, tidak mendapatkan hak belajar yang setara dengan laki-laki, dipaksa nikah muda. Dan masih banyak contoh lain dari ketidakadilan ini dalam kehidupan masyarakat. 

Latihan Soal PPKn Kelas 10 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan di bawah ini. 
a. Bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa? Apakah sudah terimplementasi atau belum?
b. Jika sudah, sebutkan contohnya. Jika belum, sebutkan hal yang menjadi tantangannya.
c. Apakah kehidupan masyarakat di sekitar telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?
d. Apa saja karakter atau ciri-ciri kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Posting Komentar untuk "Soal PPKn Kelas 10 Bagian 1 Pancasila: Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close