Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal PTS/UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap [Part 2] ~ sekolahmuonline.com

Latihan Soal PTS/UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap [Part 2] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Kedua (Part 2) Latihan Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IX SMP/MTs Semester 2 (Semester Genap) lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Latihan Soal PTS/UTS IPS Kelas IX SMP/MTs Semester Genap [Part 2] lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Latihan Soal PTS/UTS IPS Kelas IX SMP/MTs Semester Genap [Part 2] lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya

Materi yang dibahas dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs terdiri dari enam bab pembahasan. Ke-enam Bab tersebut adalah:
- Bab 1 Perdagangan Internasional
- Bab 2 Ekonomi Kreatif
- Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi
- Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Bab 5 Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin di Indonesia (1950 - 1965)
- Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi

Jangan lewatkan:

Soal PTS/UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap + Kunci Jawabannya (Part 2)

Soal-soal latihan PTS IPS di bawah ini hanya terdiri dari soal pilihan ganda atau multiples choices saja. Soal terdiri 45 soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda nomor 1 - 15 merupakan pembahasan Bab 1, 16 - 30 soal-soal Bab 2, dan nomor 31 - 45 adalah soal-soal Bab 3. Masing-masing soal disertai kunci jawaban dan pembahasannya.

Selamat membaca dan mempelajari. Semoga membantu memudahkan bapak ibu guru dalam membuat soal dan siswa-siswi dalam belajar mempersiapkan diri untuk ikut PTS/UTS Genap Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap.

Soal Pilihan Ganda PTS/UTS PPKn Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap + Kunci Jawabannya

Latihan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs ini hanya terdiri dari tiga bab pembahasan. Jadi silakan disesuaikan, di kelas/sekolah masing-masing sudah sampai berapa bab.

Adapun Bab yang dijadikan dasar pembuatan soal latihan PTS/UTS PPKn kelas 9 semester genap di bawah adalah:
- Bab 1 Perdagangan Internasional
- Bab 2 Ekonomi Kreatif
- Bab 3 Pusat Keunggulan Ekonomi

Sebagaimana yang telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Bagian Pertama (Part 1), agar tidak terlalu panjang, soal Sekolahmuonline bagi menjadi dua bagian. Bagian pertama (Part 1) terdiri dari soal-soal nomor 1 - 25. Sedangkan bagian kedua (Part) adalah soal-soal nomor 26 - 45.

Nah, berikut ini Bagian Kedua (Part 2) dari Soal Pilihan Ganda PTS/UTS PPKn Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar!

26. Perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan komparatif adalah ....
A. Keunggulan mutlak terjadi bila suatu negara menghasilkan barang dengan kualitas lebih bagus
B. Keunggulan komparatif terjadi bila suatu negara mampu menghasilkan barang dengan kualitas lebih bagus
C. Keunggulan mutlak terjadi bila suatu negara memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain
D. Keunggulan komparatif terjadi suatu negara memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Perbedaan keunggulan mutlak dan komparatif adalah:
a. Teori keunggulan mutlak dikembangkan Adam Smith, sedangkan keunggulan komparatif dikembangkan David Ricardo dan John Stuart Mill.
b. Teori keunggulan mutlak terjadi bila hanya negara tersebut yang dapat mengekspor, sedangkan teori keunggulan komparatif terjadi bila ada beberapa negara yang dapat mengekspor, namun negara tersebut memiliki harga dasar tukar domestik yang lebih terjangkau.
c. Pada teori keunggulan mutlak, negara hanya akan mengekspor barang yang hanya dapat diproduksi negara tersebut saja, yang tidak dapat diproduksi negara lain. Pada teori keunggulan komparatif, negara bisa mengekspor barang yang dapat diproduksi negara lain, namun dengan pemberian harga lebih terjangkau dari negara lain.

27. Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas keuntungan negara A berupa …..
A. 4 buah baju
B. 2 buah baju
C. 4 buah tas
D. 2 buah tas 

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Negara B memiliki semua keunggulan mutlak. Akan tetapi apabila negara A menjual 1 unit tas kepada negara B, akan mendapat keuntungan sebesar (4 - 2) 2 baju. Apabila negara B mengekspor baju kepada negara A akan mendapat keuntungan sebesar (0,5 - 0,25) 0,25 tas.

28. Indonesia dengan Thailand memproduksi dua jenis barang yaitu pakaian dan tas dengan asumsi masing-masing negara tersebut menggunakan tenaga dan waktu yang digunakan sama. Ternyata Indonesia mampu menghasilkan barang pakaian lebih banyak, sedangkan Thailand menghasilkan tas lebih banyak. Berdasarkan deskripsi di atas maka manakah diantara pernyataan di bawah ini yang paling tepat!
A. Keunggulan mutlak Thailand adalah barang pakaian
B. Keunggulan komparatif Thailand adalah tas
C. Keuanggulan mutlak Indonesia adalah barang pakaian
D. Keuanggulan komparatif Indonesia adalah tas

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Karena dengan jumlah tenaga kerja yang sama Thailand bisa menghasilkan tas lebih banyak dari Indonesia. Hal ini merupakan konsep keunggulan komparatif

29. Perhatikan tabel pertukaran hasil produksi (keunggulan komparatif).
Berdasarkan tabel di atas terlihat bahwa Mesir memiliki keunggulan untuk kedua produk tersebut sehingga tidak memungkinkan terjadi perdagangan antara Indonesia dan Mesir. Namun, secara komparatif masih memungkinkan dengan melihat dasar tukarNegara masing-masing. Keunggulan komparatif apakah yang dimiliki negara Mesir?
A. Produksi rempah-rempah dengan pengorbanan 1,25 permadani
B. Produksi rempah-rempah, dengan pengorbanan 0,5 permadani
C. Produksi permadani dengan pengorbanan 1,25 rempah
D. Produksi permadani, dengan pengorbanan 0,5 rempah

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Mesir memiliki keunggulan untuk kedua produk tersebut sehingga tidak memungkinkan terjadi perdagangan antara Indonesia dan Mesir. Namun, secara komparatif masih memungkinkan dengan melihat dasar tukar Negara masing-masing. Indonesia untuk memproduksi 1 unit permadani harus mengorbankan 1,25 rempah dan untuk memproduksi 1 rempah harus mengorbankan 0,8 permadani. Indonesia memiliki keunggulan komparatif pada rempah karena pengorbanannya lebih kecil. Mesir untuk memproduksi 1 unit permadani harus mengorbankan 0,5 rempah dan untuk memproduksi 1 rempah harus mengorbankan 2 permadani. Mesir memiliki keunggulan komparatif pada permadani karena pengorbanannya lebih kecil. Dengan kondisi demikian, masih
dimungkinkan terjadinya perdagangan antara Indonesia dan Mesir.

30. Salah satu upaya kementrian perdagangan untuk meningkatkan ekonomi kreatif adalah dengan pencipataan indentitas lokal Daerah Tingkat I dan II serta Indentitas Nasional. Apakah tujuan upaya tersebut?
A. membangun identitas daerah dan suku bangsa serta identitas budaya Indonesia
B. mengembangkan budaya daerah dan sekaligus memperkenalkan budaya nasional
C. membangun citra lokal dan nasional dan mendorong agar produk dimaksud didaftarkan dalam HKI
D. mengembangkan budaya daerah dan pengembangan kawasan wisata daerah

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Penciptan identitas ini bertujuan untuk membangun citra lokal dan nasional (atau sebagai branding), selain itu juga mendorong agar produk dimaksud didaftarkan dalam HKI. Bentuk kegiatan berupa identifi kasi potensi produk dan ekonomi kreatif daerah, fasilitasi sertifi kasi produk, dan ekonomi kreatif daerah.

31. Berikut merupakan bentuk-bentuk modernisasi di bidang pertanian, kecuali….
A. impor beras
B. penggunaan irigasi teknis
C. penggunaan mesin dalam pengolahan tanah
D. ditemukannya varietas-varietas unggul

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Impor beras bukan merupakan bentuk modernisasi, karena tidak meningkatkan intensifitas hasil produksi maupun kualitas pertanian. 

32. Jika modernisasi adalah suatu bentuk proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara yang lebih maju, maka westernisasi adalah suatu bentuk proses ... .
A. penolakan budaya Barat
C. pembenaran budaya Barat
B. peniruan budaya Barat
D. pemfilteran budaya Barat 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Westernisasi adalah suatu bentuk peniruan budaya Barat dengan apa adanya, tanpa filter dan disesuaikan dengan budaya setempat

33. Konsep manusia modern antara lain menjunjung tinggi suatu sikap dimana imbalan yang diterima seseorang harus seimbang dengan prestasinya di masyarakat. Konsep ini sejalan dengan…
A. demokrasi
C. keadilan
B. solidaritas
D. kedaulatan

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Konsep demokrasi modern, konsep manusia modern antara lain menjunjung tinggi suatu sikap dimana imbalan yang diterima seseorang harus seimbang dengan prestasinya di masyarakat. Hak yang diperoleh berimbang dengan kewajiban yang diterima

34. Terjadinya modernisasi di Indonesia karena di dorong oleh keinginan untuk….
A. lebih menghargai waktu
B. hidup lebih makmur
C. peningkatan disiplin nasional
D. menikmati pembaruan 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Terjadinya modernisasi di Indonesia karena di dorong oleh keinginan untuk hidup lebih makmur, lebih maju dan lebih menjamin kesejahteraan secara ekonomi.

35. Perilaku kalangan pemikir, negarawan, ilmuwan, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan pendidik dalam menghadapi era globalisasi adalah
A. was-was dan waspada
C. waspada dan menolak
B. was-was, namun acuh tak acuh
D. menolak dengan tegas

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Perilaku kalangan pemikir, negarawan, ilmuwan, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan pendidik dalam menghadapi era globalisasi adalah was-was dan waspada, karena tidak semua budaya asing yang masuk sesuai dengan budaya bangsa kita sendiri

36. Adanya ketertinggalan budaya atau sering disebut cultural lag yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada umumnya ditandai dengan ... .
A. masyarakat sama-sama mementingkan materi dan nonmateri
B. sikap mental masyarakat belum siap menerima kemajuan teknologi
C. tumbuhnya industri-industri modern
D. adanya sistem pelapisan dalam setiap masyarakat

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Adanya ketertinggalan budaya atau sering disebut cultural lag yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada umumnya ditandai dengan sikap mental masyarakat belum siap menerima kemajuan teknologi, karena adanya ketimpangan yang terjadi akibat perbedaan pandangan yang terlalu jauh

37. Globalisasi dapat diartikan sebagai ... .
A. bentuk imperialisme gaya baru
B. proses masuknya suatu negara atau masyarakat ke lingkungan dunia
C. suatu pandangan umum tentang kebudayaan suatu bangsa atau Negara
D. alat komunikasi antarnegara

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Globalisasi dapat diartikan sebagai proses masuknya suatu negara atau masyarakat ke lingkungan dunia, karena adanya globalisasi terasa dunia semakin tiada batas, baik ruang dan waktu. 

38. Selain hasil modernisasi berupa alat-alat perlengkapan, ada juga hasil modernisasi di bidang sikap dan nilai. Diantaranya ... .
A. menghargai semua tingkah laku orang Barat
B. meniru mode dan kebiasaan masyarakat Amerika
C. menolak seluruh tradisi masyarakat desa
D. menghargai waktu dan meningkatkan disiplin

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Modernisasi di bidang sikap dan nilai, menghargai waktu dan meningkatkan disiplin, merupakan salah satu hasil budaya modernisasi, dan tidak sekedar perlengkapan/alat.

39. Dorongan masyarakat untuk modernisasi adalah pendidikan karena melalui pendidikan dapat dikembangkan unsur utama dalam modernisasi, yaitu ....
A. sistem distribusi hasil
B. sistem organisasi sosial
C. sistem ilmu dan teknologi
D. sistem mata pencaharian

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Dorongan masyarakat untuk modernisasi pendidikan karena melalui saluran pendidikan dapat dikembangkan unsur utama dalam modernisasi, yaitu sistem mata pencaharian. Dengan Pendidikan akan merubah kualitas SDM dan meningkatkan kesejahteraan manusia

40. Berikut ini adalah syarat-syarat modernisasi, kecuali ... .
A. hidup lebih praktis dan nyaman
B. cara berpikir ilmiah
C. tingkat organisasi yang tinggi
D. sistem administrasi negara yang baik

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Syarat-syarat modernisasi, diantaranya adalah; tingkat organisasi yang tinggi, cara berpikir ilmiah, sistem administrasi negara yang baik. Adapun hidup lebih praktis dan nyaman bukan syarat tapi berupa tujuan modernisasi.

41. Salah satu dampak modernisasi antara lain munculnya pasar bebas yang sangat mengutamakan kondisi tertentu, yaitu tingkat…
A. persaingan yang tinggi
B. kemampuan mengatasi konflik
C. kerjasama yang harmonis
D. kemampuan berorganisasi

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Dampak modernisasi antara lain munculnya pasar bebas yang sangat mengutamakan kondisi tertentu, diantaranya kerjasama yang harmonis antar bangsa dan negara lain, atau antar wilayah. 

42. Ketimpangan kebudayaan dirasa sangat mencolok jika ketimpangan atau ketertinggalan yang terjadi di bidang….
A. ekonomi
B. alam pemikiran
C. teknologi
D. komunikasi

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Ketimpangan kebudayaan dirasa sangat mencolok jika ketimpangan atau ketertinggalan yang terjadi di bidang teknologi, karena teknologi sebagai penunjang yang mempermudah kehidupan sehari hari.

43. Contoh bentuk kemajuan pengaruh dampak globalisasi di bidang ekonomi adalah...
A. direct marketing
B. multilevel marketing
C. sistem kredit bunga menurun
D. telemarketing 

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Kemajuan pengaruh dampak globalisasi di bidang ekonomi diantaranya adalah telemarketing, manusia dapat melakukan transaksi ekonomi dengan menggunakan media internet dan dunia maya.

44. Contoh globalisasi yang berkaitan dengan pola perilaku adalah ... .
A. cara berpakaian yang serba minim
B. berpikir rasional dan mendukung kemajuan iptek
C. menyapa orang tua dengan sebutan bapak/ibu
D. mengadakan pesta ulang tahun dengan mewah

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Globalisasi yang berkaitan dengan pola perilaku adalah cara berpakaian yang serba minim, mode rambut dan lain sebagainya

45. Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi, maksudnya adalah….
A. terciptanya disiplin
B. lahirnya birokrasi yang rumit
C. kemudahan dalam memperoleh data
D. adanya suasana santai

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu syarat modernisasi adalah tingkat organisasi yang tinggi, maksudnya adalah terciptanya disiplin dalam melaksanakan kerja, sehingga organissi dapat berjalandengan lebih baik

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Pertama (Part 1) dari Latihan Soal Pilihan Ganda PTS/UTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Sekali lagi, untuk Bagian Pertama (Part 1) dari Latihan Soal Pilihan Ganda PTS/UTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya silakan buka:
Baca juga Soal PTS/UTS mapel lainnya:

Posting Komentar untuk "Latihan Soal PTS/UTS IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap [Part 2] ~ sekolahmuonline.com"

close