Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Pengertian Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan pembahasan ringkas, padat, dan jelas tentang pengertian Syaja'ah. Syaja'ah merupakan bagian dari pembahasan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah. 
Pengertian Syaja'ah secara bahasa dan istilah
PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah terdiri dari tiga pembahasan yaitu pembahasan tentang dua akhlak mahmudah (akhlak terpuji) yaitu: Kontrol Diri (Mujahadah An-Nafs) dan Syaja'ah (Berani). Sedang satunya tentang akhlak tercela (Akhlaq Madzmumah) yaitu Ghadhab (marah atau sifat temperamental).

Pengertian Syaja'ah

Mujahadah An-Nafs dan Ghadhab sudah kita bahas, sekarang kita akan membahas tentang Syaja'ah. Bagi pembaca yang terlewatkan pembahasan sebelumnya, dapat dibaca pada postingan yang berjudul berikut ini:

Pengertian Syaja'ah Secara Bahasa dan Istilah

Definisi Syaja'ah dapat dilihat dari segi bahasa dan istilah. Apa arti Syaja'ah secara bahasa dan apa pengertian Syaja'ah secara istilah? Jawabannya dapat Anda temukan di bawah ini.

Dalam Buku PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka dijelaskan bahwa berani dalam Islam sering disebut dengan istilah syaja’ah (الشجاعة)/baca: asy-syaja'ah.

Menurut bahasa syaja’ah berarti berani atau gagah.

Sedangkan arti syaja’ah menurut istilah adalah keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela kebenaran dengan cara yang ksatria dan terpuji.

Syaja’ah merupakan suasana bathiniah seseorang yang direalisasikan dalam sikap lahiriah untuk berani mengambil tindakan dengan penuh keyakinan dan siap dengan segala risikonya.

Keputusan untuk berani mengambil tindakan ini harus dilandaskan pada kebenaran dan keadilan, sesuai dengan norma agama, adat istiadat maupun hukum positif yang berlaku, agar mendapatkan rida dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Lawan kata dari syaja’ah adalah jubun (الجبن)/baca: al-jubnu yang artinya penakut, yaitu sifat yang cenderung lemah dan pengecut.

Sedangkan apabila keberanian yang bersifat berlebihan dan cenderung keras kepala, keras hati dan membabi-buta maka disebut tahawwur (التحور )/baca: at-tahawwur yang artinya nekat.

Orang yang disebut dengan pemberani adalah orang yang tidak takut menghadapi apa pun demi membela kebenaran dan siap menerima risiko apa saja serta senantiasa takut untuk berbuat kesalahan. 

Sedangkan yang disebut dengan penakut adalah orang yang justru merasa takut untuk membela kebenaran. Padahal agama mengajarkan kepada setiap muslim untuk menjadi pembela kebenaran dan tidak takut terhadap apa pun kecuali kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dalam hal menyampaikan dan menegakkan kebenaran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam adalah teladan terbaik. Beliau tidak pernah merasa takut terhadap musuh-musuh yang menghalang-halanginya untuk menegakkan kebenaran.

Sikap seperti itulah yang seharusnya diteladani oleh setiap muslim, karena sesungguhnya tidak ada kekuatan yang sanggup mendatangkan manfaat atau mudarat terhadap siapa pun selain Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari:

عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَايَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ اُمَّتِي ظَاهِرِيْنَ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ اَمْرُاللِّٰه وَهُمْ ظَاهِرُوْنَ - رواه البخاري

Artinya:
Dari Al-Mughirah bin Syu’bah, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam beliau bersabda: “Akan senantiasa ada dari golongan umatku yang membela kebenaran hingga ketetapan Allah Subhanahu wa Ta'ala datang kepada mereka, dan mereka dalam keadaan menang" (H.R. Bukhari)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengertian Syaja'ah. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Jangan lupa, baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com"

close