Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal pilihan ganda (multiple choices) Seni Musik Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Seni Musik Kelas 9 Bab 3 atau Unit 3 tentang Penyajian Musik lengkap dengan kunci jawabannya. 
Seni Musik kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka terdiri dari enam bab atau enam Unit, yaitu:
  • Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana
  • Unit 2 Menganalisis Lagu
  • Unit 3 Penyajian Musik
  • Unit 4 Dokumentasi Musik
  • Unit 5 Membuat Lagu
  • Unit 6 Apresiasi Musik

Contoh Soal Pilihan Ganda Seni Musik Kelas IX Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik

Seni Musik kelas IX SMP/MTs Unit 3 Penyajian Musik terdiri dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran I Bermain Alat Musik
• Kegiatan Pembelajaran II Penyajian Musik

Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya materi pelajaran Seni Musik kelas IX Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

Jawabalah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Alat musik rekorder memiliki bagian-bagian tertentu sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Bagian rekorder yang digunakan sebagai lubang untuk meniupkan udara dinamakan ....
a. mouthpiece
b. ligature
c. head
d. reed

Kunci Jawaban: a. mouthpiece
Pembahasan:
Alat Musik Rekorder
Rekorder merupakan salah alat musik tiup berjenis aerophone yang sumber bunyinya berasal dari udara yang diembuskan. Rekorder terbuat dari kayu, plastik, atau bahan lain yang dibunyikan secara lugas dan tidak menggunakan lidah-lidah getar. Cara membunyikan rekorder adalah melalui tiupan dari mulut. Rekorder mempunyai mouthpiece, yang merupakan salah satu bagian terpenting dari alat musik tersebut karena sumber bunyinya berasal dari tekanan udara yang ditiupkan melalui mouthpiece. Ketika memainkan rekorder, mouthpiece ditempatkan pada bibir pemain. Selain itu, rekorder mempunyai beberapa lubang yang jika ditutup atau dibuka akan menghasilkan bunyi atau nada yang berbeda.

Alat musik rekorder dikelompokkan sebagai alat musik melodis karena hanya dapat mengeluarkan bunyi satu nada. Namun, jika nada-nada itu dirangkaikan, akan tercipta sebuah rangkaian melodi. Alat musik tersebut tidak dapat membentuk permainan akor jika hanya dimainkan oleh satu orang saja. Lebih jelasnya, alat musik rekorder tidak dapat digunakan sebagai alat musik dalam mengiringi lagu kecuali jika dimainkan lebih dari satu orang. Jenis rekorder beragam yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, rekorder tenor, dan rekorder bass. Jenis yang umum digunakan dalam pembelajaran di sekolah adalah jenis rekorder sopran in C.

Rekorder terdiri atas bagian kepala, badan, dan kaki. Pada bagian kepala terdapat lubang suara dan lubang untuk meniup melalui mulut (mouthpiece). Pada bagian badan terdapat tujuh buah lubang. Pada bagian kaki terdapat dua lubang, yaitu pada bagian bawah dan lubang udara pada sisi bawah. 

2. Setiap lubang pada rekorder memiliki nada-nada tertentu ketika ditutup menggunakan jari-jari dari kedua tangan. Ketika posisi semua lubang ditutup dengan jari tetapi satu jari kelingking kanan tidak menutup lubang, bunyi yang akan dihasilkan bernada ....
a. G
b. B
c. D
d. C

Kunci Jawaban: c. D
Pembahasan:
• Jika semua lubang rekorder ditutup dari lubang kesatu sampai kedelapan, nada yang dihasilkan adalah nada C atau do (1). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder, kemudian lubang kedua sampai delapan ditutup rapat.

• Menutup lubang kesatu sampai ketujuh akan menghasilkan nada D atau re (2). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder, kemudian lubang kedua sampai tujuh ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu sampai keenam akan menghasilkan nada E atau mi (3). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder, kemudian lubang kedua sampai enam ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu sampai kelima akan menghasilkan nada F atau fa (4). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder kemudian lubang kedua sampai kelima ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu sampai keempat akan menghasilkan nada G atau sol (5). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder, kemudian lubang kedua sampai keempat ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu sampai ketiga akan menghasilkan nada A atau la (6). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder kemudian lubang kedua sampai ketiga ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu sampai kedua akan menghasilkan nada B atau si (7). Ibu jari tangan kiri digunakan untuk menutup satu lubang pada sisi belakang rekorder, kemudian lubang kedua ditutup rapat.

• Penjarian dengan menutup lubang kesatu menggunakan ibu jari dan lubang tiga menggunakan jari tengah secara rapat akan menghasilkan nada C’ atau do tinggi (1).

3. Permainan pianika selalu menggunakan teknik penjarian yang tepat agar jari tidak selip dan bertabrakan. Oleh karena itu, terdapat penomoran jari tangan kanan. Pada penjarian pianika, simbol angka 1 dimainkan oleh ….
a. kelingking
b. ibu jari
c. jari manis
d. telunjuk

Kunci Jawaban: b. ibu jari
Pembahasan:
Pianika merupakan alat musik berjenis aerophone. Sumber bunyi pianika berasal dari tiupan mulut yang disalurkan melalui pipa kecil yang tersambung dengan pianika. Pianika umumnya hanya memiliki tuts (papan nada) sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan cara ditiup lalu ditekan tutsnya.

Bermain pianika memerlukan teknik penjarian yang tepat untuk mencegah jari-jari kusut ketika bermain pianika. Banyak orang cenderung mengabaikan sistem penjarian tersebut. Kodijat (2008) menjelaskan bahwa penjarian yang benar bertujuan untuk memudahkan jari dalam bermain alat musik, yaitu dengan memberi kode nomor penjarian pada masing-masing jari tangan. 

Penjarian merupakan urutan cara yang digunakan dalam memainkan jari di atas papan nada atau tuts pianika secara sistematis. Ibu jari memiliki peran sebagai jari nomor satu, jari telunjuk sebagai jari nomor dua, jari tengah sebagai jari nomor tiga, jari manis sebagai jari nomor empat, dan jari kelingking sebagai jari nomor lima. Sistem penjarian mempunyai peranan penting dalam membentuk permainan pola jari yang teratur.

4. Alat musik gitar memiliki berbagai bentuk dan jenis sesuai dengan perkembangan, fungsi, serta karakteristiknya. Gitar yang memiliki ruang resonansi sebagai penghasil suara dinamakan .…
a. gitar elektrik
b. gitar klasik
c. gitar akustik
d. gitar spanyol

Kunci Jawaban: c. gitar akustik
Pembahasan:
Gitar merupakan alat musik berjenis chordophone. Istilah chordophone, berasal dari bahasa Yunani chordae yang memiliki arti ”senar” atau ”dawai”. Chordophone merupakan alat musik yang memiliki sumber bunyi dari dawai atau senar dan memiliki ruang resonansi untuk menghasilkan suara. Gitar merupakan alat musik yang cukup familiar. Setiap orang kebanyakan pernah melihat gitar, bahkan memiliki dan dapat memainkannya. Gitar juga dapat dimainkan sebagai alat musik melodi dan harmoni. Gitar juga dapat digunakan sebagai pengiring dalam sebuah nyanyian.

Terdapat dua macam senar yang digunakan pada gitar yaitu nilon dan baja. Gitar akustik umumnya dipakai untuk memainkan lagu repertoar berjenis musik klasik, sehingga banyak orang mengatakan bahwa gitar bersenar nylon adalah gitar klasik sedangkan gitar bersenar baja (string) adalah gitar akustik. Persepsi tersebut kurang tepat. Gitar yang bersenar baik nilon maupun baja (string) adalah gitar akustik. Gitar akustik bersenar nilon atau baja dimainkan dengan teknik apoyando dan tirando. Hal tersebut berbeda dengan gitar elektrik. Gitar elektrik dimainkan menggunakan pick yang disentuhkan pada senar dengan cara dipetik ke atas (up) dan ke bawah (down). Gitar elektrik tidak menggunakan badan gitar sebagai penghasil suara tetapi menggunakan pengeras suara. Akan tetapi, pada perkembangan saat ini, terdapat gitar elektrik yang memiliki ruang resonansi suara. Sebaliknya, terdapat pula gitar akustik yang memiliki alat untuk disambungkan ke pengeras suara yang biasa disebut dengan spul atau pick up gitar.

5. Alat musik perkusi memiliki berbagai macam bentuk dan cara memainkannya. Berikut merupakan alat musik ritmis yang memiliki nada dan cara memainkannya adalah dengan dipukul, yaitu ….
a. angklung
b. maracas
c. tamborin
d. timpani

Kunci Jawaban: d. timpani
Pembahasan:

6. Kelompok musik yang memainkan satu alat musik yang sama dinamakan ....
a. ansambel sejenis
b. ansambel campuran
c. ansambel senama
d. ansambel tidak senama

Kunci Jawaban: a. ansambel sejenis
Pembahasan:

7. Kelompok musik yang memainkan beragam alat musik dinamakan ....
a. ansambel sejenis
b. ansambel campuran
c. ansambel senama
d. ansambel tidak senama

Kunci Jawaban: b. ansambel campuran
Pembahasan:

8. Permainan musik yang dimainkan oleh tiga orang dan setiap orang memainkan alat musik yang berbeda, disebut ....
a. duet
b. trio
c. quartet
d. triplet

Kunci Jawaban: b. trio
Pembahasan:

9. Ansambel yang dimainkan sebanyak 75 orang termasuk pada kategori ansambel ....
a. kecil
b. sedang
c. besar
d. orkestra

Kunci Jawaban: c. besar
Pembahasan:

10. Penyajian musik dengan menampilkan alat musik rekorder dan gitar disebut ....
a. duet
b. trio
c. quartet
d. triplet

Kunci Jawaban: a. duet
Pembahasan:

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa. Semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Seni Musik kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka beserta kunci jawaban dan pembahasannya, silakan buka link atau tautan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 3 Penyajian Musik ~ sekolahmuonline.com"

close