Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas 10 (IPS Kelas X Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas 10 (IPS Kelas X Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil (Semester 1) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas X yang kini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda atau multiple choices dan soal-soal essay atau uraian yang masing-masing dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas X + Kunci Jawabannya
Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas X dan Kunci Jawabannya

Sumatif Akhir Semester (SAS)

Pada saat masih menggunakan kurikulum 2013, kita mengenal istilah Penilaian Akhir Semester (PAS). Nah, kini setelah menggunakan Kurikulum Merdeka muncul istilah Sumatif Akhir Semester (SAS). Bisa disimpulkan, SAS itu ya sama dengan PAS. 

Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan. Sumatif akhir semester sendiri biasanya digunakan oleh guru sebagai dasar untuk mengukur kemampuan kognitif mata pelajaran yang akan dibagikan hasilnya saat pembagian Laporan Hasil Belajar Siswa (rapor).

Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas X + Kunci Jawabannya

Contoh soal Sumatif Akhir Semester 1 PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka yang kami sajikan merupakan gabungan dari soal-soal IPS kelas 10 yang ada pada Bab 1 dan 2. Jika ditotal, maka soal-soal di bawah ini ada 10 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya dan 10 soal essay beserta kunci jawaban atau pembahasannya juga.

Silakan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan pembaca semuanya ketika menghadapi asesmen Sumatif yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru. Jangan lupa berbagai kepada yang lainnya, cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada pada postingan ini. Karena berbagai itu menyenangkan. Sharing is caring. Berbagai, berarti Anda peduli.

I. Soal Pilihan Ganda Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas 10

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar! 

1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah ... 
a. Sejarah Perang Dunia
b. Sejarah Masyarakat Viking
c. Sejarah Perang Persia
d. Sejarah Masyarakat Tunisia

Kunci Jawaban: c. Sejarah Perang Persia

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Sejarah Museum Nasional Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit. Selanjutnya pada tahun 1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun 1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871 Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum ini dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum nasional juga disebut sebagai museum gajah dikarenakan patung gajah yang terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka, BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.
Artikel disarikan dari Profil Museum Nasional.
Sumber: museumnasional.or.id/tentang-kami/profil

Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!
Kunci Jawaban: C

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah ... 
a. Berpusat pada kehidupan istana
b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu
c. Berpusat pada agama
d. Berpusat pada Eropa

Kunci Jawaban: d. Berpusat pada Eropa

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!

Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai ... 
a. Data primer
b. Data sekunder
c. Data tersier
d. Data pelengkap

Kunci Jawaban: a. Data primer

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.

Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah ... 
a. Heuristik
b. Kritik dan verifikasi
c. Interpretasi
d. Historiografi

Kunci Jawaban: a. Heuristik

6. Perhatikan ilustrasi bacaan di bawah ini!
Anita gemar mengoleksi jam bermerek. Dia seringkali menunjukkan koleksi jam miliknya di akun sosial media. Berdasarkan cerita Anita, perilakunya memiliki motif agar dia diakui sebagai sebagai anak gaul yang selalu mengikuti mode.

Berdasarkan bacaan di atas, analisislah perilaku Anita termasuk paradigma sosiologi yang mana?
a. Paradigma fakta sosial
b. Paradigma definisi sosial
c. Paradigma perilaku sosial
d. Paradigma konflik sosialsosial

Kunci Jawaban: b. Paradigma definisi sosial

7. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Ani hendak berbelanja alat tulis. Sebelum dia memutuskan di mana akan membeli alat tulis, dia memilih toko mana yang menawarkan harga paling murah dengan kualitas barang yang setara. Dia mengecek harga alat tulis yang hendak dibeli melalui katalog daring sehingga dapat membantu dia untuk memutuskan pilihannya. Akhirnya dia memilih untuk membeli alat tulis di toko C, dengan pertimbangan toko tersebut telah menawarkan harga terendah dengan kualitas barang yang baik.

Berdasarkan artikel tersebut, tipe tindakan sosial yang dilakukan Ani sesuai dengan teori Max Weber yaitu ....
a. Tindakan Rasionalitas Instrumental
b. Tindakan Rasional Nilai
c. Tindakan Afektif
d. Tindakan Tradisional

Kunci Jawaban: a. Tindakan Rasionalitas Instrumental

8. Perhatikan tabel berikut ini!
Lembaga sosial yang ada pada tabel tersebut termasuk jenis...
a. Lembaga keluarga dan Lembaga agama
b. Lembaga politik dan Lembaga pendidikan
c. Lembaga ekonomi dan Lembaga pendidikan
d. Lembaga keluarga dan Lembaga politik

Kunci Jawaban: c. Lembaga ekonomi dan Lembaga pendidikan

9. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Seorang sosiolog bernama Made hendak melakukan penelitian sosial dengan topik penelitian pengaruh iklan sabun di televisi bagi konsumen. Dia menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan survei. Pengumpulan data melalui survei dilakukan secara daring. 

Berdasarkan artikel tersebut, jenis penelitian sosial yang dilakukan Made adalah...
a. Metode kualitatif
b. Metode kuantitatif
c. Metode studi kasus
d. Metode campuran

Kunci Jawaban: d. Metode campuran

10. Perhatikan ilustrasi data berikut ini!
Komposisi Penduduk di Kota A
• Suku Batak: 20%; Suku Jawa: 30%, Suku Betawi: 20%, Suku Bugis: 20%, Suku Minangkabau: 10%.
• Jumlah penduduk laki-laki: 15.000 jiwa & Jumlah penduduk perempuan: 20.000 jiwa.
• Penduduk beragama Islam: 50%, Katolik: 15%, Protestan: 15%, Buddha: 10%, Hindu: 5%, Aliran kepercayaan: 5%
• Berdasarkan mata pencaharian, Pegawai negeri: 5%, Pegawai swasta: 10%, Pedagang: 30%, Petani: 30%, Buruh: 10%, Peternak: 15%

Data di atas menginformasikan kondisi sosial masyarakat berdasarkan…
a. Pelapisan sosial
b. Mobilitas sosial
c. Diferensiasi sosial
d. Kompetisi sosial

Kunci Jawaban: c. Diferensiasi sosial

II. Soal Essay Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas 10

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

Jawaban:
Karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Jawaban:
Karena keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti dan rekaman untuk menginformasikan suatu peristiwa sehingga arsip menjadi salah satu sumber sejarah primer. 

3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

Jawaban:
Karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.

4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari! Sertakan dengan dua contoh!

Jawaban:
Peserta didik dapat menjelaskan dengan bahasa mereka tentang pendapat dan pengalaman mereka akan manfaat belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari mereka.

5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?

Jawaban:
Bias sejarah adalah hal yang sulit dihindari dalam penulisan sejarah. Karena terdapat berbagai faktor misalnya beragam sumber sejarah, kondisi politik dan kondisi sosial-budaya suatu masyarakat. Biasanya terjadi pada peristiwa sejarah yang dianggap kontroversial sehingga terdapat beragam versi bagaimana sejarawan menafsirkan sejarah. 

6. Bagaimana perubahan sosial pasca-Revolusi Prancis dan Revolusi Industri dapat melahirkan sosiologi?

Jawaban:
Revolusi Perancis dan Revolusi Industri yang terjadi pada akhir abad ke-17 hingga abad ke-18, telah mengubah banyak tatanan dalam masyarakat Eropa. Hal ini juga berdampak di berbagai wilayah di belahan dunia, termasuk Nusantara (Indonesia pada masa prakemerdekaan). Dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Pergantiaan tenaga manusia tergantikan oleh mesin menyebabkan pengangguran, ketimpangan sosial dan kemiskinan. Berbagai masalah-masalah sosial menyebabkan para filsuf maupun sejarawan melakukan penelitian, sehingga lahirlah sosiologi. Salah satu pelopor sosiologi saat itu adalah Auguste Comte yang melakukan pendekatan positivisme.

Pada intinya adalah perubahan sosial yang begitu cepat mengubah banyak hal dan terdapat banyaknya masalah sosial adalah konteks kelahiran sosiologi.

7. Mengapa sosiolog perlu melakukan penelitian sosial?

Jawaban:
Sosiolog perlu melakukan penelitian untuk mengembangkan teori, menguji teori dalam konteks yang berbeda, mendapatkan temuan/data baru dari data empiris, dan memberikan kontribusi dari hasil penelitiannya demi kebaikkan masyarakat. Misalnya melakukan penelitian atas suatu masalah lalu menghasilkan temuan dan memberikan solusi dan rekomendasi kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah.

Pada intinya penelitian sosial dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan demi dan untuk kebaikan manusia dan masyarakat. 

8. Mengapa lembaga sosial dapat berfungsi dan mengapa tidak dapat berfungsi, berikan contoh untuk menjelaskan pendapat kalian?

Jawaban:
Lembaga sosial dapat berfungsi dengan baik jika terpenuhi pada level prasyarat yaitu: diketahui, diinginkan, dipahami dan dihargai. Teori fungsionalisme struktural menekankan pengendalian sosial untuk memastikan terdapat tertib sosial. Pengendalian sosial dapat berfungsi jika pengendalian sosial itu terlembagakan. Jika terlembagakan dengan baik, maka dapat berfungsi tetapi jika tidak terlembagakan akan terjadi disfungsi. Namun, teori konflik punya penjelaskan dan perspektif berbeda. Selama distribusi belum merata, konflik/pertentangan akan terus terjadi yang berdampak pada berfungsi atau disfungsi suatu lembaga sosial.
Contoh: siswa membolos. Disfungsi lembaga sekolah ini bisa terjadi karena kontrol sosial lembaga sekolah lemah (teori fungsionalisme struktural) atau siswa enggan belajar di sekolah (teori konflik).

9. Mengapa terdapat heterogenitas sosial?

Jawaban:
Secara sosiologis, heterogenitas sosial terjadi karena keragaman identitas individu, identitas sosial, terdapatnya pelapisan sosial, sistem lapisan sosial dan diferensiasi sosial.

10. Tulislah dengan bahasa dan pendapat kalian tentang manfaat belajar sosiologi? Serta berikan satu contoh gejala sosial yang terdapat di sekitar kehidupan kalian yang dapat menjadi objek kajian sosiologi!

Jawaban:
Peserta didik diberi kesempatan untuk mendefinisikan pemahaman mereka tentang sosiologi sesuai proses pembelajaran yang telah dialami. Pemahaman siswa akan sosiologi bisa dilihat dari kemampuan dalam memberikan contoh berbagai gelaja sosial di sekitar mereka yang menjadi objek kajian sosiologi.

Demikian postingan Sekolahmuonlie yang menyajikan Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas X Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonlie yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Sumatif Akhir Semester 1 IPS Kelas 10 (IPS Kelas X Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close