Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi ~ sekolahmuonline.com

Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas IV Sekolah Dasar (SD) yang kini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru). Contoh soal kali ini berisi pembahasan materi pelajaran PAIBP Kelas IV Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi.
Contoh Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi
Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan oleh Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mendampingi putra-putri/cucu/adik/keponakan dan yang lainnya dalam belajar secara mandiri di luar sekolah. Soal kami ambil dari buku PAIBP kelas IV SD, sehingga insyaaAllah tidak akan keluar dari materi yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) untuk SD kelas IV Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 Bab, yaitu:
• Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman
• Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna
• Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman
• Bab 4 Menyambut Usia Balig
• Bab 5 Kisah Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
• Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi
• Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah
• Bab 8 Aku Anak Saleh
• Bab 9 Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud
• Bab 10 Kisah Nabi Muhammad Saw. Membangun Kota Madinah

Contoh Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi + Kunci Jawabannya

Nah, berikut ini soal PAIBP Kelas IV Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi. Soal terdiri dari 11 soal essay (esai/uraian) yang dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya.

Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jawablah soal-soal berikut ini!
a. Surah at-Tin terdapat dalam urutan surat ke berapa dalam Al-Qur’an?
b. Diturunkan di mana?
c. Terdiri atas berapa ayat?

Jawaban:
a. Surah at-Tīn adalah surah ke-95 dalam Al-Qur’an.
b. Surah ini termasuk surah Makkiyah atau surah yang diturunkan ketika Rasul saw. berada di periode Mekah atau sebelum hijrah.
c. Terdiri atas 8 ayat.

2. Apa sebab penamaan surah at-Tin?

Jawaban:
Nama at-Tīn terambil dari kata pada ayat pertama surah ini. At-Tīn artinya buah tin.

3. Apa pesan pokok Q.S. At-Tīn ayat 1-3?

Jawaban:
a. Buah Tin dan Zaitun banyak tumbuh di Syam (sekarang negara Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon) dan Baitul Maqdis (Yerusalem Palestina), tempat para nabi diutus, antara lain Nabi Isa a.s.
b. Gunung Sinai di Mesir adalah tempat Nabi Musa a.s. bermunajat.
c. Sedangkan Makkah adalah tem¬pat kelahiran dan pengutusan Nabi Muhammad saw.
d. Ketiga nabi ini memiliki misi yang sama, yaitu mengajak manusia menuju tauhid atau mengesakan Allah.

4. Apa pesan pokok Q.S. At-Tīn ayat 4-6?

Jawaban:
a. Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Dengan kelebihan-kelebihan itulah Allah memberikan amanat kepada manusia sebagai pemimpin di bumi untuk melestarikan bumi.
b. Bila manusia durhaka kepada Allah dan tidak menaati utusan-Nya, maka akan dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka.
c. Orang-orang yang benar-benar beriman dan mengerjakan kebajikan akan dibalas dengan pahala yang tidak ada putus-putusnya dan diselamatkan dari neraka.

5. Apa pesan pokok Q.S. At-Tīn ayat 7-8?

Jawaban:
a. Allah menciptakanmu dengan bentuk yang sempurna. Melewati berbagai tahap dari bayi, anak, kemudian akan menjadi remaja, dewasa, tua, hingga meninggal. Itu merupakan bukti yang paling jelas tentang kekuasaan Allah. Dia Mahakuasa untuk membangkitkanmu dari kematian.
b. Allah telah menurunkan aturan syariat. Dia akan memberi putusan dengan adil yaitu memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah.

6. Nabi Isa a.s., Nabi Musa a.s. dan Nabi Muhammad saw. memiliki misi yang sama sebagai utusan Allah. Sebutkan misi yang sama para nabi!

Jawaban:
Ketiga nabi ini memiliki misi yang sama, yaitu mengajak manusia menuju tauhid atau mengesakan Allah.

7. Apa tujuan manusia diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya?

Jawaban:
Allah memberikan amanat kepada manusia sebagai pemimpin di bumi. Manusia sebagai pemimpin bertugas untuk melestarikan bumi.

8. Mengapa manusia bisa tergelincir ke tempat yang serendah-rendahnya?

Jawaban:
Karena manusia durhaka kepada Allah dan tidak menaati utusan-Nya, ia akan dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka.

9. Berikan contoh amal kebajikan!

Jawaban:
Melaksanakan salat tepat waktu, rajin belajar, membantu sahabat yang sedang kesusahan.

10. Bagaimana perumpamaan hari kebangkitan?

Jawaban:
Jika musim kemarau, tanah terlihat retak. Daun berguguran. Tumbuhan kering. Terlihat seperti mati. Jika musim hujan, di sekeliling kita terlihat hijau. Rumput dan pohon tumbuh. Padahal sebelumnya terlihat seperti mati. Begitulah perumpamaan hari kebangkitan.

11. Mengapa kita perlu bersilaturahmi?

Jawaban:
Manusia memang membutuhkan sahabat dan saudara. Ketika kita sedang merasakan kegembiraan, terasa hambar jika hanya merasakannya sendiri. Kita semakin bergembira jika sahabat dan saudara pun merasakan kegembiraan kita. Ketika sedih, kita pun membutuhkan sahabat yang mendampingi agar tidak larut sedih.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi ~ sekolahmuonline.com"

close