Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 7 Konsep Perbankan Dasar

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 7 Konsep Perbankan Dasar
Sekolahmuonline.com - Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 7 Konsep Perbankan Dasar. Pembaca Sekolahmuonline di mana saja Anda berada, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 7 Konsep Perbankan Dasar.

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui bahwa Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka terdiri atas 8 Bab, yaitu:
  • BAB I - Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
  • BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • BAB III Konsep Dasar Akuntansi
  • BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
  • BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
  • BAB VI Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
  • BAB VII Konsep Perbankan Dasar
  • BAB VIII Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3), serta Budaya Kerja Industri

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab VII Konsep Perbankan Dasar

Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka BAB VII Konsep Perbankan Dasar terdiri atas enam pembahasan, yaitu:
A. Perkembangan Perbankan di Indonesia
B. Jenis-jenis Bank
C. Kegiatan Usaha Bank
D. Simpanan
E. Kredit
F. Penghimpunan Dana dan Pembiayaan Bank Syariah

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab VII Konsep Perbankan Dasar. Semoga membantu memberikan kemudahan dalam belajar secara mandiri.

1. Perkembangan perbankan di Indonesia dimulai dari zaman penjajahan Hindia Belanda, lalu pada saat awal kemerdekaan terdapat beberapa bank yang dinasionalisasikan menjadi bank pemerintah.

2. Bank yang dinasionalisasi, antara lain, adalah De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia (Bank Sentral), De Algemene Volkcredit Bank menjadi BRI, De Post Paar Bank menjadi BTN, dan Escompto Bank menjadi Bank Dagang Negara yang selanjutnya bergabung menjadi Bank Mandiri.

3. Jenis bank dapat dilihat dari fungsinya, kepemilikan, status dan cara menentukan harga.
• Berdasarkan fungsinya, bank terdiri dari bank sentral, bank umum, dan bank perkreditan rakyat.
• Berdasarkan kepemilikannya, bank terdiri dari bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, bank milik koperasi, dan bank milik asing.
• Berdasarkan status atau area operasional, bank terdiri dari bank devisa dan bank nondevisa.
• Berdasarkan cara menentukan harga, bank terdiri dari bank konvensional dan bank syariah.

4. Kegiatan usaha bank:
• Kegiatan usaha bank umum terdiri dari menghimpun dana (funding), menyalurkan dana (lending), dan memberikan jasa-jasa bank lainnya.
• Kegiatan usaha BPR terdiri dari menghimpun dana dalam bentuk tabungan dan deposito, dan menyalurkan dana dalam bentuk kredit investasi, modal kerja, dan perdagangan.
• Kegiatan usaha bank syariah terdiri dari penghimpunan dana, penyaluran dana, pelayanan jasa, dan kegiatan sosial.

5. Simpanan bank terdiri dari giro, tabungan, dan deposito. Sementara, dilihat dari segi tujuannya, kredit terdiri dari kredit produktif, kredit konsumtif, dan kredit perdagangan.

6. Perhitungan bunga tabungan dapat berdasarkan saldo terendah, saldo rata-rata, saldo harian dengan ketentuan bunga, floating, dan lamanya saldo mengendap dengan tingkat suku bunga tetap.

7. Terdapat tiga metode perhitungan bunga kredit yang diterapkan oleh bank, yaitu sliding rate, flat rate, dan floating rate.

8. Penghimpunan dana bank syariah terdiri dari simpanan wadiah dan simpanan mudharabah. Simpanan wadiah dapat berbentuk tabungan dan giro, sedangkan simpanan mudharabah bisa dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito.

9. Pembiayaan bank syariah terdiri dari murabahah, salam, istishna, mudharabah, musyarakah, ijarah, dan qardh.

10. Jasa pelayanan yang diberikan bank syariah antara lain adalah wakalah, kafalah, hiwalah, sharf, rahn, dan agen investasi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab VII Konsep Perbankan Dasar. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Selamat belajar dan selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 7 Konsep Perbankan Dasar"

close