Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Dasar-Dasar Busana Kelas X SMA/SMK Bab 8 Dasar Pola

Soal Dasar-Dasar Busana Kelas 10 SMK/MAK Bab Bab 8 Dasar Pola lengkap dengan kunci jawabannya

Sekolahmuonline.com - Soal Dasar-Dasar Busana Kelas X SMK/MAK Bab 8 Dasar Pola. Berikut ini adalah soal-soal mata pelajaran Dasar-Dasar Busana untuk SMK/MAK Kurikulum Merdeka Kelas 10 Bab VIII Dasar Pola lengkap dengan kunci jawabannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam belajar secara mandiri.

Jawablah soal-soal berikut dengan benar!

1. Apakah yang harus dilakukan oleh pengambil ukuran ketika pinggang pelanggan yang akan diambil ukurannya tidak tampak?

Jawaban:
Pelanggan diminta memosisikan badan dengan posisi memiringkan badan atas kearah kanan atau kiri. Pinggang terletak tepat pada lipatan dalam antara badan atas dan badan bawah.

2. Mengapa dalam mengambil ukuran tubuh pelanggan sebaiknya pelanggan menggunakan pakaian yang tidak tebal dan pas badan?

Jawaban:
Hal itu untuk mencegahnya penambahan ukuran pada waktu mengambil ukuran tubuh. Dengan demikian, ukuran yang dihasilkan bisa sesuai dengan ukuran tubuh yang sebenarnya.

3. Apakah kriteria pola dasar badan yang baik?

Jawaban:
Kriteria pola dasar badan yang baik adalah pola dibuat sesuai langkah-langkah dan pengambilan ukuran pada pembuatan pola tepat. Pola juga harus dilengkapi dengan tanda-tanda pola.

4. Jelaskan menurut pendapatmu mengapa ketepatan mengambil ukuran memengaruhi hasil jadi busana yang dibuat?

Jawaban:
Ketepatan mengambil ukuran mempengaruhi hasil jadi busana yang dibuat karena ketika dalam proses mengambil ukuran tidak tepat maka posisi bagian-bagian busana tidak bisa sesuai dengan tubuh pelanggan. Sehingga hasil jadi busana tidak pas di badan pelanggan.

5. Dalam pembuatan pola dasar badan, apa yang terjadi apabila pola yang dibuat tidak dilengkapi dengan tanda-tanda pola yang dibutuhkan?

Jawaban:
Pola yang dibuat tidak dilengkapi dengan tanda-tanda pola yang dibutuhkan akan berakibat pola menjadi tidak terbaca, sehingga kemungkinan pola tidak dapat dipahami sesuai desain yang dibuat.

Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Dasar-Dasar Busana Kelas X SMA/SMK Bab 8 Dasar Pola"

close