Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan: Persiapan

Sekolahmuonline - Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan: Persiapan. Pembaca Sekolahmuonline dimanapun anda berada. Mendekati masuknya bulan Ramadhan 1440 Hijriyyah atau Ramadhan tahun 2019, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan yang dikeluarkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Kami sajikan berseri, agar para pembaca tidak merasa terlalu panjang artikel yang dibaca. Kita mulai dari PERSIAPAN.


1. Dituntunkan agar setiap Muslim dan Muslimah mempersiapkan diri pribadi baik secara lahir maupun batin, dan memperbanyak melakukan puasa sunat di bulan Sya‘ban, berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw:
Artinya: “Dari ‘Aisyah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: ... Saya tidak pernah melihat Rasulullah saw berpuasa sebulan penuh selain bulan Ramadhan. Juga saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa kecuali di bulan Sya‘ban." [Muttafaq ‘Alaih].

2. Melakukan pengkondisian Ramadhan pada bulan Sya‘ban di lingkungan masyarakat, rumah dan masjid-masjid dengan memperbanyak informasi dan kajian tentang Tuntunan Ibadah Ramadhan.

3. Mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan di bulan Ramadhan, seperti sound system yang memadai, mempersiapkan dan membersihkan tempat wudhu, air wudhu, kotak-kotak infaq, peralatan ta‘jil, dan lai-lain.

4. Kebersihan, baik di dalam masjid maupun di lingkungan sekitarnya.

5. Pengaturan shaf dan keamanan

6. Jadwal mu’adzin, imam, penceramah dan penjemputannya.

7. Mempersiapkan tempat shalat ‘Idul Fitri, Imam/Khatib dan penjemputannya.

8. Membentuk ‘Amil Zakat, untuk memungut dan membagikannya serta mempersiapkan peralatannya.

Berikutnya tentang: TUNTUNAN SHIYAM

Posting Komentar untuk "Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan: Persiapan"

Memuat...
close