Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Essay PPKn kelas X dan Jawabannya Bab 1 Sub bab Negara Kesatuan Republik Indonesia - Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal Essay PPKn kelas X dan Jawabannya Bab 1 Sub bab Negara Kesatuan Republik Indonesia - Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan kepada pembaca semuanya, contoh soal essay Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  (PPKn) kelas X dan jawaban atau pembahasannya. Soal-soal berikut adalah soal materi bab 1. Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sub bab Negara Kesatuan Republik Indonesia. Agar tidak terlalu panjang soal kami bagi menjadi dua bagian. Ini adalah bagian yang pertama (Part 1)./Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Gambarkan secara singkat tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia jika dilihat dari letaknya, pulaunya, suku, bahasa, dan agama penduduknya !

Jawaban/Pembahasan:
Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang terletak di garis/khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Oleh karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Indonesia terdiri atas 17.508 pulau sehingga menjadi
negara kepulauan terbesar di dunia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.
Indonesia terdiri atas berbagai suku, adat istiadat,bahasa, dan agama. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. 
Selain memiliki populasi besar dan wilayah yang padat, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

2. Sebutkan semboyan  nasional Indonesia dan jelaskan artinya!

Jawaban/Pembahasan:
Semboyan nasional Indonesia adalah ”Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda tetapi tetap satu), berarti keberagaman yang membentuk negara.

2. Jelasakan pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) !

Jawaban/Pembahasan:
Pada hakikatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, yaitu tekad sebuah masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongan.
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Jika dikaji dari syarat terbentuknya negara apakah Indonesia sudah memenuhi syarat-syarat tersebut? Jelaskan secara singkat!

Jawaban/Pembahasan:
Ya.
Terbentuknya negara yang pada dasarnya mensyaratkan adanya wilayah, pemerintahan, penduduk sebagai warga negara, dan pengakuan dari negara-negara lain sudah dipenuhi oleh NKRI. NKRI adalah negara berdaulat yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

4. NKRI dan negara-negara lainnya memiliki kedudukan dan kewajiban yang sama. Sebutkan kewajiban tersebut!

Jawaban/Pembahasan:
NKRI mempunyai kedudukan dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain di dunia, yaitu ikut serta memelihara dan menjaga perdamaian dunia karena kehidupan di NKRI tidak dapat terlepas dari pengaruh kehidupan dunia internasional (global).

5. NKRI didirikan berdasarkan UUD 1945 yang mengatur tentang kewajiban negara terhadap warganya dan hak serta kewajiban warga negara terhadap negaranya dalam suatu sistem kenegaraan. Kewajiban apakah yang harus diberikan negara Indonesia terhadap warganya?

Jawaban/Pembahasan:
Kewajiban negara terhadap warganya pada dasarnya adalah memberikan kesejahteraan hidup dan keamanan lahir batin sesuai dengan sistem demokrasi yang dianutnya. Negara juga wajib melindungi hak asasi warganya sebagai manusia secara individual (HAM) berdasarkan ketentuan internasional, yang dibatasi oleh ketentuan agama, etika moral, dan budaya yang berlaku di negara Indonesia dan oleh sistem kenegaraan yang digunakan.

6. Bagaimanakah pelaksanaan NKRI menurut UUD 1945 ?

Jawaban/Pembahasan: Pelaksanaan NKRI dijelaskan dalam pasal 1 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Ketentuan ini dijelaskan dalam pasal 18 UUD 1945 ayat (1) yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas
kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang.

7. Indonesia memilih negara kesatuan dengan sistem desentralisasi. Jelaskan pengertian dari desentralisasi !

Jawaban/Pembahasan:
Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Secara teoritis, penerapan asas desentralisasi didasari oleh keinginan menciptakan demokrasi, pemerataan, dan efisiensi. Diasumsikan bahwa desentralisasi akan menciptakan demokrasi melalui partisipasi masyarakat lokal.

1 komentar untuk "Contoh Soal Essay PPKn kelas X dan Jawabannya Bab 1 Sub bab Negara Kesatuan Republik Indonesia - Part 1"

Memuat...