Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sejarah kelas XI dan Jawabannya BAB I Antara Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal Sejarah kelas XI dan Jawabannya BAB I Antara Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk anda, contoh soal dan jawabannya untuk materi pelajaran Sejarah kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK BAB I Antara Kolonialisme dan Imperialisme. Untuk bagian yang pertama ini kita bahas tentang Perburuan “Mutiara dari Timur” dan Perebutan Hegemoni. Di dalamnya menjelaskan tentang Motivasi, Nafsu, dan Kejayaan Eropa;  Petualangan, Penjelajahan, dan Perebutan Hegemoni. Selamat membaca, menelaah, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi.

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Di dalam sejarah bangsa-bangsa di dunia dikenal adanya masa penjelajahan samudra. Aktivitas penjelajahan samudra ini dalam rangka untuk menemukan dunia baru. Aktivitas penemuan dunia baru ini tidak terlepas dari motivasi dan keinginannya untuk bertahan hidup, memenuhi kepuasan dan kejayaan dalam kehidupan di dunia. Bahkan bukan sekedar motivasi, tetapi juga muncul nafsu untuk menguasai dunia baru itu demi memperoleh keuntungan ekonomi dan kejayaan politik. Pertanyaannya adalah daerah mana yang dimaksud dunia baru itu?

Jawaban:
Yang dimaksud dunia baru waktu itu pada mulanya adalah wilayah atau bagian dunia yang ada di sebelah timur (timurnya Eropa). Wilayah itu sebagai penghasil bahan-bahan yang sangat diperlukan dan digemari oleh bangsa-bangsa Eropa. Bahan-bahan yang dimaksudkan itu adalah rempah-rempah seperti cengkih, lada, dan pala.

2. Orang-orang Eropa berusaha sekuat tenaga untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Jelaskan Mengapa orang-orang Eropa sangat memerlukan rempah-rempah?

Jawaban:
Rempah-rempah ini menjadi komoditas perdagangan yang sangat laris di Eropa. Rempah-rempah ini sangat diperlukan untuk bumbu masak dan bahan minuman yang dapat menghangatkan badan. Hal ini sangat cocok untuk orang-orang Eropa yang memang tinggal di daerah dingin.

3. Tujuan kedatangan bangsa Eropa (terutama Portugis dan Spanyol) ke wilayah timur tidak semata-mata mencari keuntungan melalui perdagangan rempah-rempah, tetapi ada tujuan yang lebih luas yaitu gold, glory, dan gospel. Jelaskan maksud tujuan-tujuan tersebut!

Jawaban:
Tujuan mereka terkait dengan:
- Gold: yaitu memburu kekayaan dan keuntungan dengan mencari dan mengumpulkan emas perak dan bahan tambang serta bahan-bahan lain yang sangat berharga.
- Glory: yaitu memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling bersaing dan ingin berkuasa di dunia baru yang ditemukannya.
- Gospel: yaitu menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang-orang Eropa ingin mencari dan bertemu Prester John yang mereka yakini sebagai Raja Kristen yang berkuasa di Timur.

4. Jelaskan pengertian batu padrao!

Jawaban:
Batu Padrao adalah batu yang sudah diberi pahatan lambang bola dunia yang dijadikan batu patok untuk dipasang di setiap daerah yang disinggahi Vasco da Gama. Setiap daerah yang disinggahi kemudian dipasang patok batu padrao sebagai tanda bahwa daerah yang ditemukan itu milik Portugis.

Mari berpikir!

1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara! 

2. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut! 

3. Pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa? 

4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku Portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi. 

5. Buat suatu telaah kritis, mengapa waktu itu bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing?

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Sejarah kelas XI dan Jawabannya BAB I Antara Kolonialisme dan Imperialisme ~ Part 1"

close