Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Himpunan Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 11 Semester Genap

Himpunan Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 11 Semester GenapBerikut ini adalah himpunan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 10 Semester Genap yang terdiri dari dua Bab. Bab pertama tentang Menjaga Kehormatan Manusia dan Menjauhi Pergaulan Bebas, sedangkan Bab kedua tentang Perintah dan Strategi Dakwah.

Himpunan Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 11 Semester Genap


Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 11 Semester Genap

1. Surat Al-Ma'idah Ayat 32

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Artinya: Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.


2. Surat Yunus Ayat 40 dan 41

Surat Yunus Ayat 40

وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ

Artinya: Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.


Surat Yunus Ayat 41

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Artinya: Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".


3. Surat Ar-Rum Ayat 41 dan 42

Surat Ar-Rum Ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).


Surat Ar-Rum Ayat 42

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ ۚ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ

Artinya: Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)".


4. Surat Al-A’raf Ayat 56

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.


5. Hadits Nabi

وَعَنْ أَنَسٍ – رضي الله عنه – عَنْ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – وَاَلَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ – أَوْ لِأَخِيهِ- مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya: Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang hamba dikatakan beriman (dengan iman yang sempurna) hingga ia mencintai tetangganya—atau saudaranya–sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (Muttafaqun ‘alaih atau HR. Bukhari dan Muslim)


Tajwid


1. Hukum mim sukun:

- mim sukun bertemu dengan mim: idgham mimi

- mim sukun bertemu ba: ikhfa' syafawi

- mim sukun bertemu selain mim dan ba: idhar syafawi


2. Ikhfa Haqiqi

Secara bahasa, Ikhfa’ berarti menyembunyikan atau bisa juga berarti menyamarkan. Sedangkan haqiqi artinya benar. Jadi Ikhfa haqiqi secara bahasa adalah bacaan yang cara membacanya adalah disamarkan atau disembunyikan.

Adapun secara istilah, ikhfa haqiqi adalah apabila ada nun mati ( نْ ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) yang bertemu dengan 15 huruf Ikhfa haqiqi, yakni kaf (  ك ), qaf ( ق  ), fa’ ( ف ), zha ( ظ ), tha ( ط  ), dhad ( ض ), shad ( ص ), syin ( ش ), sin ( س  ), za’ ( ز  ), dzal ( ذ  ), dal ( د  ), jim ( ج ), tsa’ ( ث ), dan ta’ ( ت ).

Cara membacanya adalah menyamarkan nun mati ( نْ ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) ke dalam huruf-huruf ikhfa yang ada didepannya.


Contoh Ikhfa Haqiqi: فَسَادٍ فِي ,  وَإِنْ كَذَّبُوكَ  ,  فَانْظُرُوا  , مَنْ قَتَلَ


3. Mad Thobi'i

Mad Thabi’i merupakan satu dari bagian atau cabang dari Hukum Mad. Secara bahasa Mad Thabi’i mempunyai arti alami atau biasa, yaitu tidak lebih dan juga tidak kurang. Dibaca dengan panjang 2 harakat atau 1 alif. Mad Thobi’i ini sering disebut dengan istilah lain sebagai Mad Ashli.

Definisi mad secara bahasa adalah tambah. Menurut ulama ahli tajwid adalah memanjangkan suara huruf yang wajib dipanjangkan.Huruf mad thabi'i itu ada tiga yaitu ,( ي ) 'ya) , و ) wawu dan alif ( ا). Adapun syarat huruf mad thabi'i adalah apabila wawu jatuh setelah dhummah, ya' jatuh setelah kasroh, dan alif jatuh setelah fathah.

Contoh Mad Thobi'i (alif jatuh setelah fathah): ذَٰلِكَ  ,  كَتَبْنَا  ,  فَسَادٍ

Contoh Mad Thobi'i (wawu jatuh setelah dhummah)سِيرُو  ,  بَرِيئُونَ  ,  كَذَّبُوكَ

Contoh Mad Thobi'i: لِي  ,  كَثِيرًا  ,  جَمِيعًا

Materi Lengkap Baca di sini:

Posting Komentar untuk "Himpunan Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Serta Tajwid Materi Quran Hadits Kelas 11 Semester Genap"

Memuat...
close