Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Pertunjukan Musik Barat ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Pertunjukan Musik Barat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline kembali sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 11 Bab Pertunjukan Musik Barat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Bab Pertunjukan Musik Barat ~ sekolahmuonline.com


Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Bab Pertunjukan Musik Barat


√ Pesan-pesan dan makna atas seni pertunjukan seni musik yang dipergelarkan akan efektif dapat berkomunikasi dengan penonton apabila disampaikan dengan cara berkomunikasi yang baik.

√ Pertunjukan seni musik merupakan media yang di dalamnya terdapat unsur instrinsik dan ekstrinsik yang mampu berkomunikasi dengan penonton.
 
√ Unsur instrinsik adalah suatu unsur komunikasi seni pertunjukan yang menyampaikan seni itu sendiri. Dalam kaitan ini, komunikasi seni pertunjukan akan menyampaikan pengalaman estetis, menyampaikan pesan keindahan dari suatu pertunjukan seni.

√ Seni pertunjukan akan menyampaikan sesuatu yang diangkat oleh seni pertunjukan, baik dalam ranah psikologis, politik, budaya, kehidupan sosial, dan lain-lain melalui elemen-elemen simbolis yang ada dalam seni pertunjukan. 

√ Pertunjukan musik dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan sehingga seseorang akan hanyut oleh alunan suara musik.

√ Penyajian pertunjukan musik dalam waktu yang tepat dapat menimbulkan daya tarik terhadap musik sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa, perasaan senang, dan gembira dan sesuai dengan tujuan dari pertunjukan seni musik tersebut diselenggarakan.

√ Aspek komunikasi dalam seni pertunjukan amat sangat penting sebagai bentuk penyampaian maksud, tujuan, makna atau pesan ragam yang disampaikan melalui
berbagai pertunjukan musik baik vocal maupun berbagai jenis alat musik yang dimainkan.

√ Dalam keberagaman pertunjukan musik barat, ada beberapa kelompok pertunjukan musik yaitu, musik vocal, ansambel sejenis, ansambel campuran, dan orchestra, yang dari pertunjukan tersebut merupakan suatu penyajian seni oleh bunyi yang berkualitas untuk dapat didengar dan dinikmati oleh penonton.

√ Pertunjukan musik ditampilkan dalam paduan bentuk dan alat musik. Bentuknya berupa struktur seni suara yang biasanya berwujud melodi, ritme, dan harmoni. Sedangkan isinya berupa pesan yang terdengar dari ungkapan melodi lagu atau lirik lagu.

√ Unsur struktur lagu yang
merupakan seni suara akan berpengaruh terhadap rasa musikal, sedangkan unsur isinya yang berwujud pesan akan berpengaruh terhadap pikiran intelektual pendengarnya.

√ Unsur struktur musikal bersifat universal, sedangkan unsur pesan lirik harus mengacu dan bersumber pada norma, etika, dan moral yang bersifat lokal. Oleh karena itu, sajian dalam pertunjukan seni musik harus mempertimbangkan kedua hal itu dengan bijak.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Pertunjukan Musik Barat yang Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Pertunjukan Musik Barat ~ sekolahmuonline.com"

close