Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Kurikulum ISMUBA SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA (Kurikulum Merdeka dan K-13) ~ sekolahmuonline.com

Silabus Kurikulum ISMUBA SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA (Kurmer dan Kurtilas) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan kepada anda semua Silabus Kurikulum ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) untuk semua jenjang, mulai dari SD/MI Muhammadiyah, SMP/MTs Muhammadiyah, hingga SMA/SMK/MA Muhammadiyah. 
Silabus Kurikulum Merdeka Al-Islam, Kemuhammadiyahandan, dan Bahasa Arab (ISMUBA Kurikulum Merdeka)



Kurikulum ISMUBA SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA

Untuk file yang Sekolahmuonline sajikan terdiri dari Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Silakan didownload sesuai kebutuhan sekolah Anda masing-masing. 

Kurikulum ISMUBA Holistik Integratif Berpola Kurikulum Merdeka

KURIKULUM AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) HOLISTIK-INTEGRATIF BERPOLA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

I. MUQADDIMAH
Kurikulum sebagai unsur dasar pendidikan bersifat dinamis dan berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan masyarakat dan politik pendidikan. Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Muhammadiyah berorientasi pada visi dan tujuan pendidikan, dengan mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta politik pendidikan dan hajat masyarakat sesuai zamannya. Pengembangan kurikulum Pendidikan Muhammadiyah memuat nilai-nilai fundamental sesuai dengan visi dan tujuan pendidikan tersebut sebagai ciri khusus dan keunggulannya, dan mengacu pada standar Pendidikan Nasional. Politik pendidikan Nasional yang melahirkan kebijakan “penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran” yang menetapkan pentingnya pengembangan kurikulum, termasuk salah satu landasan pengembangan kurikulum Pendidikan ISMUBA. Kebijakan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Keputusan itu menetapkan kebijakan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan dasar dan menengah dapat mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 secara utuh, kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 yang disederhanakan dan kurikulum merdeka.

Pengembangan kurikulum dalam Pendidikan Muhammadiyah pada level kurikulum resmi (official curriculum) secara umum mengacu pada kurikulum Pendidikan Nasional. Standar tersebut dikembangkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan Pendidikan Muhammadiyah yang memiliki ciri khusus dan keunggulannya dengan mengembangkan pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Kurikulum ISMUBA merupakan rumpun keilmuan yang terdiri dari 4 (empat) unsur yang merupakan mata pelajaran, yaitu Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Pendidikan Al-Islam, Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Pendidikan Bahasa Arab yang dikuatkan dengan praktik ibadah. Pendidikan Al-Islam mencakup unsur Akidah, Akhlak, Fikih, dan Tarikh. Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam kurikulum ISMUBA merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri, karena secara epistemologis, keduanya berkedudukan sebagai sumber pendidikan Al-Islam. Unsur kurikulum Pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan mata pelajaran khusus dalam Pendidikan Muhammadiyah yang menekankan pada pengembangan kompetensi keorganisasian, kepemimpinan, dan kekaderan untuk membekali peserta didik sebagai calon pemimpin bangsa dan pemimpin persyarikatan Muhammadiyah. Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari ciri khusus dan keunggulan Pendidikan Muhammadiyah untuk membekali peserta didik memiliki kompetensi bahasa Arab sebagai bahasa Agama Islam, bahasa internasional, dan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits. Dalam pendidikan ISMUBA juga terdapat praktik ibadah, yang menekankan pada penguasaan peserta didik mempraktikkan ilmuagama Islam sehingga mereka memiliki kemampuan melaksanakan ajaran Islam dengan benar sesuai Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Pengembangan kurikulum pendidikan ISMUBA sebagai ciri khusus dan keunggulan dalam Pendidikan Muhammadiyah memberikan peluang bagi peserta didik di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah untuk mempelajari Al-Qur’an dan Al-Hadits, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Tarikh, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab, serta praktik ibadah dengan lebih luas dan dalam. Karena itu, lulusan Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah akan memiliki kemampuan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab serta kemampuan mempraktikannya dengan lebih baik. Pengembangan kurikulum ISMUBA baik pada level konsep maupun implementasinya berprinsip pada paradigma holistik-integratif dengan pola
kurikulum merdeka.

Kurikulum ini merupakan seperangkat konsep, rencana dan ketentuan tentang pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah. Efektifitas implementasi kurikulum ini memerlukan komitmen penyelenggara dan pelaksana pendidikan Muhammadiyah serta para guru di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah. 

I. STRUKTUR KURIKULUM
Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Holistik-Integratif Berpola Kurikulum Merdeka pada pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah meliputi struktur kurikulum Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan. Struktur Kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah mencakup tiga kegiatan utama, yaitu: pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila, dan praktik ibadah.

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dalam kurikulum ini meliputi semua rumpun mata pelajaran dana pendidikan ISMUBA yang mencakup: Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai sumber ajaran Islam, Pendidikan Al-Islam (akidah, akhlak, fikih dan tarikh), Pendidikan Kemuhammadiyahan, dan Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) masing-masing unsur mata pelajaran Pendidikan ISMUBA. Kegiatan proyek bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Adapun praktik ibadah dilakukan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan pengetahuan yang dipelajari dalam Pendidikan Al-Islam.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengembangkan kurikulum dengan muatan ciri khusus dan keunggulan sekolah dan madrasah Muhammadiyah sesuai dengan fleksibilitas kurikulum merdeka. Dalam pengembangan ciri khusus dan keunggulan dilakukan dengan mengembangkan ISMUBA dalam mata pelajaran yang berdiri sendiri, proyek dan praktik. Alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun dan per minggu dalam setiap semester dan tahun ajaran ditentukan secara memadai untuk mencapai kompetensi. Struktur Kurikulum pendidikan ISMUBA pada pendidikan dasar dan menengah sebagai berikut:
A. Struktur Kurikulum Sekolah Dasar (SD)
Struktur kurikulum SD dibagi menjadi 3 (tiga) Fase, yaitu:
1. Fase A meliputi kelas I dan kelas II;
2. Fase B untuk kelas III dan kelas IV; dan
3. Fase C untuk kelas V dan kelas VI.

Alokasi waktu belajar pendidikan Al-Islam pada SD Muhammadiyah diklasifikasikan menjadi 3 (tiga), kegiatan yaitu: a. pembelajaran intrakurikuler; b. proyek penguatan profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila yang dialokasikan sekitar 20% (dua puluh persen) alokasi waktu belajar Pendidikan Al-Islam per tahun; dan c. kegiatan praktik ibadah. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan ISMUBA pada SD Muhammadiyahdilakukan berdasarkan muatan standar nasional kurikulum Pendidikan Agama Islam serta muatan ciri khusus dan keunggulan pendidikan Muhammadiyah yang meliputi Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Pendidikan Bahasa Arab. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaannya. Dari aspek isi, kegiatan proyek mengacu pada capaian profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila sesuai dengan fase perkembangan peserta didik, baik berkaitan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran maupun tidak berkaitan secara langsung. Waktu pelaksanaan, proyek dapat dilakukan sesuai alokasi jam pelajaran proyek penguatan profil pelajar Muhammadiyah-Pancasila dari mata pelajaran Pendidikan Al-Islam.

Struktur Kurikulum mata pelajaran Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Holistik-Integratif Berpola Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar Muhammadiyah dan alokasi waktunya untuk fase A kelas I dan II disajikan pada tabel 1, fase B kelas III dan IV disajikan pada tabel 2, dan fase C kelas V dan VI pada tabel 3, sebagai berikut:

Download di sini Silabusnya (KLIK SAJA - Nanti terbuka di tab/jendela baru dalam link Google Drive): SILABUS ISMUBA KURIKULUM MERDEKA

Silabus Kurikulum ISMUBA K-13 (Kurtilas/Kurikulum 2013)

File Silabus Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) ini dalam bentuk Doc. Untuk mendownload atau mengunduhnya kami sarankan menggunakan browser Google Chrome. Berikut ini link download/unduhnya:

1. Silabus ISMUBA Jenjang SD dan MI Muhammadiyah

SILABUS KURIKULUM ISMUBA SD Kelas 1, 2, dan 3: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA SD Kelas 4, 5, dan 6 : Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Bahasa Arab SD Kelas 4, 5, dan 6: Download di SINI 



SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Kemuhammadiyahan SD Kelas 3, 4, 5, dan 6 : Download di SINI


Silabus ISMUBA MI Muhammadiyah: Download di SINI

2. Silabus ISMUBA Jenjang SMP dan MTs Muhammadiyah

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Al-Qurán Hadits SMP Kelas 7, 8, dan 9 : Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK SMP Kelas 7, 8, dan 9: Download di SINI



SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Fiqih SMP Kelas 7, 8, dan 9 : Download di SINI


SILABUS KURIKULUM ISMUBA Tarikh SMP Kelas 7, 8, dan 9: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Bahasa Arab SMP Kelas 7, 8, dan 9 : Download di SINI


SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP Kelas 7, 8, dan 9 : Download di SINI

Silabus ISMUBA MTs Muhammadiyah: Download di SINI


3. Silabus ISMUBA Jenjang SMA/SMK dan MA Muhammadiyah

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Fiqih SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Al-Qurán Hadits SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Tarikh SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Kemuhammadiyahan SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

SILABUS KURIKULUM ISMUBA Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Kelas 10, 11, dan 12: Download di SINI

Silabus ISMUBA MA Muhammadiyah: Download di SINI

Demikian postingan dari Sekolahmuonline tentang Silabus Kurikulum ISMUBA baik Kurikulum Merdeka maupun Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) mulai dari tingkat SD, MI, SMP, MTs, hingga SMA/SMK/MA. Semoga bermanfaat. Silahkan dishare atau dibagikan kepada yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

4 komentar untuk "Silabus Kurikulum ISMUBA SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA (Kurikulum Merdeka dan K-13) ~ sekolahmuonline.com"

  1. kalau silabus 2021 ini belum ada ya? untuk silabus yang sudah dimampatkan.

    BalasHapus
  2. Dapatnya baru itu. Kemarin ada lomba ISMUBA tingkat Nasional oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah silabus juga masih menggunakan silabus-silabus di atas. Tinggal menyesuaikan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih. Cuma RPP ISMUBA tahun-tahun lalu. Selama ini dimintanya RPP PAIBP. Jadi tidak saya upload. Mbok gak update.

      Hapus
close