Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPKn Kelas 8 Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ~ sekolahmuonline.com

Soal PPKn Kelas 8 Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal PPKn Kelas VIII Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Soal PPKn Kelas VIII Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Jika di lingkungan tempat tinggal Ananda terdapat aturan yang bertentangan dengan kedudukan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai tertib hukum tertinggi di dalam negara Indonesia. Sikap apa yang akan Ananda lakukan?

Jawaban:
Menyampaikan usulan secara baik kepada pengurus RT maupun RW baik langsung maupun tidak langsung disertai alasan bahwa aturan yang ada bertentangan dengan kedudukan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu sebagai tertib hukum tertinggi, sehingga aturan dibawahnya tidak boleh bertentangan.

2. Salah seorang siswa kelas 8 SMP Amanah Bangsa yang bernama Agus telah hafal naskah Pembukaan UUD 1945 secara fasih. Bagaimana pendapat Ananda, apakah setiap siswa memang harus hafal naskah Pembukaan UUD 1945, atau bagaimana ?

Jawaban:
Bangga akan kemampuan Agus dan akan melaksankannya dalam kehidupan sehari-hari

3. Sampai saat ini masih sering kita mendengar ada suatu bangsa atau Negara diperlakukan kurang baik oleh Negara lain. Bagaimana pendapat Ananda jika dikaitkan dengan Pembukaan UUD 1945 terutama alinea pertama?

Jawaban:
Sangat tidak mendukung, sebab bertentangan dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4. Alinea ketika Pembukaan UUD 1945 berbunyi “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.
Berdasarkan bunyi Alinea ketiga Pembukaan UUD 1945 tersebut, jelaskan apa makna yang terkandung dalam pernyataan tersebut!

Jawaban:
Sangat memerlukan. Sebab segala aktivitas kita akan berhasil jika diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana bunyi dari alinea ketiga Pembukaan UUD Negara RI Tahu 1945

5. Bagaimana sikap Ananda terhadap aturan yang telah dibuat bersama keluarga tentang tata tertib belajar di rumah?

Jawaban:
Menjujung tinggi aturan yang telah disepakati bersama dan melaksanakannnya dalam aktivitas sehari-hari.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 lengkap dengan kunci jawabannya yang kami rujuk dari Modul PJJ PPKn kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar!

Posting Komentar untuk "Soal PPKn Kelas 8 Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ~ sekolahmuonline.com"

close