Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPKn Kelas 8 Pengertian Sistem Hukum Nasional ~ sekolahmuonline.com

Soal PPKn Kelas 8 Pengertian Sistem Hukum Nasional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang Pengertian Sistem Hukum Nasional lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal PPKn Kelas VIII Pengertian Sistem Hukum Nasional

Soal PPKn Kelas VIII Pengertian Sistem Hukum Nasional

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Apakah yang dimaksud dengan Peraturan perundang-undangan? 

Jawaban:
Peraturan perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang memuat norma hukum, mengikat warga masyarakat untuk mematuhi, dibuat oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang. Pelanggaran terhadap Peraturan perundang-undangan dapat dikenai sanksi atau hukuman

2. Berikan tiga (3) contoh Peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dalam mengatasi permasalahan Covid-19.

Jawaban:
1) Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
2) Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
3) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

3. Berikan tiga (3) contoh Peraturan perundang-undangan di daerah Ananda dalam rangka mengatasi permasalahan Covid-19.

Jawaban:
Sesuai Daerah Ananda masing-masing (Provinsi dan 
Kabupaten/Kota)
1) Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2020 tentang “Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggar Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta”
2) Peraturan Gubernur Aceh Nomor 440/924/2020 tentang “Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Aceh”
3) Peraturan Walikota Surabaya Nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Surabaya”

4. Apakah pengertian sistem hukum nasional? Jelaskan.

Jawaban:
Sistem hukum nasional adalah hukum yang berlaku di Indonesia;
- semua elemennya yang saling menunjang satu dengan yang lain;
- dalam rangka mengantisisipasi dan mengatasi permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
- yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

5. Apakah Peraturan Sekolah merupakan elemen/bagian dari sistem hukum nasional? Jelaskan.

Jawaban:
Ya benar. Peraturan Sekolah merupakan bagian atau elemen dari sistem hukum nasional karena Peraturan Sekolah bersumber dari Peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, dibuat oleh pejabat yang berwenang di sekolah, dan mengandung sanksi jika dilanggar

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang Pengertian Sistem Hukum Nasional lengkap dengan kunci jawabannya yang kami rujuk dari Modul PJJ PPKn kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar!

Posting Komentar untuk "Soal PPKn Kelas 8 Pengertian Sistem Hukum Nasional ~ sekolahmuonline.com"

close