Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan? Jelaskan juga pengertian dari tindakan ekonomi! ~ sekolahmuonline.com

Apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan? Jelaskan juga pengertian dari tindakan ekonomi! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, dari judul postingan kali ini kita akan membahas apa itu yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan dalam kajian ekonomi. Selain itu, kita juga akan membahas pengertian dari tindakan ekonomi.
Apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan? Jelaskan juga pengertian dari tindakan ekonomi!

Kebutuhan, Keinginan, dan Tindakan Ekonomi

Pengertian Kebutuhan dan Keinginan

Apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan apa juga yang dimaksud dengan keinginan?

Kebutuhan dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk bertahan hidup layak dan menaikkan taraf hidupnya.

Sementara, keinginan dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak harus dipenuhi oleh seseorang, dimana tanpa hal tersebut tersebut sebenarnya ia masih dapat hidup layak.

Ketika kita dapat memisahkan, mana yang merupakan kebutuhan atau mana yang merupakan keinginan, maka hal itu ditentukan oleh tindakan ekonomi.

Pengertian Tindakan Ekonomi

Apa itu tindakan ekonomi? 

Ketika kalian di Sekolah Menengah Pertama (SMP), apakah kalian masih ingat tentang materi tindakan ekonomi?

Tindakan ekonomi adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Jenis-jenis Tindakan Ekonomi

Secara umum, tindakan ekonomi terdiri dari dua jenis, yaitu tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi irasional. Apa maksud dari kedua jenis tindakan ekonomi tersebut?

Tindakan Ekonomi Rasional
Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu ketika memutuskan dan memilih suatu hal.

Ketika kalian melakukan tindakan ekonomi, tentu kalian memutuskan dan memilih berdasarkan hal yang paling menguntungkan.

Tindakan Ekonomi Irasional
Tindakan ekonomi irasional adalah tindakan yang dilakukan tanpa mempertimbangan beberapa faktor (seperti keuntungan, prioritas, dan pertimbangan lainnya). Biasanya tindakan ekonomi irasional cenderung merugikan.

Setiap kebutuhan yang kalian penuhi tentu akan menimbulkan pilihan-pilihan tertentu. Hal itu merupakan akibat dari adanya masalah kelangkaan. Dengan ilmu ekonomi, kalian dapat mengambil keputusan yang tepat untuk memilih pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Meskipun masalah kelangkaan akan selalu ada, tetapi ilmu ekonomi selalu berusaha mencari solusi dari kelangkaan tersebut.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Kebutuhan, Keinginan, dan Tindakan Ekonomi. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan? Jelaskan juga pengertian dari tindakan ekonomi! ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x