Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Dampak Serta Akibat Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Dampak Serta Akibat Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, pada postingan sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan contoh soal yang membahas tentang Pengertian Zina dan Hukum Perbuatan Zina serta Hukuman bagi Pelaku Perbuatan Zina. Kali ini kita akan membahas tentang Dampak dan Akibat yang Ditimbulkan dari Perbuatan Zina.
Sebutkan dan Jelaskan Dampak Serta Akibat Perbuatan Zina!
Apa dampak dari perbuatan zina? Akibat apa yang akan ditimbulkan dari perbuatan zina sampai-sampai mendekati zina saja dilarang. Temukan jawabannya di bawah ini.

Dampak dan Akibat Perbuatan Zina

Banyak sekali dampak dan akibta buruk yang ditimbulkan dari perbuatan zina. Maka, benar-benar harus kita jauhi. Karena mendekati saja dilarang, maka lebih dari itu tentu sangat dilarang. 

Dampak Perbuatan Zina

Menurut Imam Sayuti dalam Kitab Al-Jami’ Al-Kabir, perbuatan zina dapat mengakibatkan 6 dampak negatif bagi pelakunya. 3 dampak negatif di dunia
dan 3 dampak negatif akan ditimpakan di akhirat, yaitu:

1. Dampak yang ditanggung di dunia

a) Menghilangkan kewibawaan
Pelaku zina akan kehilangan kehormatan, martabat dan harga dirinya di tengah masyarakat. Bahkan bisa juga dianggap menjijikkan dan menjadi sampah bagi masyarakat.
b) Menyebabkan kefakiran
Tidak jarang, perilaku zina dapat membawa pelakunya menjadi miskin, karena ia akan selalu mengejar kepuasan nafsunya, dan tidak keberatan untuk mengeluarkan sejumlah biaya untuk memenuhi hasratnya.
c) Memperpendek umur
Perilaku zina, juga akan menyebabkan umur seseorang berkurang, karena perbuatan tersebut bisa menyebabkan dirinya terserang berbagai penyakit menular $eksual yang berbahaya seperti halnya HIV/AIDS, kanker, penyakit keIamin dan sebagainya yang bisa mengantarkannya kepada resiko kematian.

2. Dampak yang akan ditanggung di akhirat

a) Mendapatkan murka Allah Subhanahu wa Ta'ala
Perbuatan zina merupakan suatu dosa besar, sehingga para pelakunya akan mendapatkan murka dari Allah Subhanahu wa Ta'ala kelak di akhirat.
b) Mendapat hisab yang buruk
Pada saat yaumul hisab, para pelaku zina akan menyesali perbuatannya manakala kepada mereka akan diperlihatkan betapa besarnya dosa zina yang pernah mereka lakukan.
c) Mendapat siksa yang pedih
Pelaku zina akan mendapatkan siksa yang berat dan pedih kelak di akhirat.

Akibat Perbuatan Zina

Banyak sekali akibat buruk yang ditimbulkan dari perbuatan zina. Adapun akibat dari perbuatan zina antara lain adalah:
1) Dilaknat oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya;
2) Dijauhi atau dikucilkan oleh masyarakat di sekitarnya;
3) Garis keturunan/nasab menjadi tidak jelas;
4) Anak hasil perbuatan zina tidak dapat dinasabkan kepada garis keturunan ayah biologisnya;
5) Anak hasil perbuatan zina, tidak dapat menuntut warisan dari ayahnya;
6) Apabila anak hasil perbuatan zina berjenis kelamin perempuan, maka akan mendatangkan persoalan perwalian pada saat pernikahannya.

Demikianlah, begitu banyaknya dampak negatif dari perbuatan zina,
sehingga seyogyanya menjadi ibrah dan bahan untuk refleksi bagi masyarakat
terutama pemuda dan pelajar, yang sedang berjuang untuk menyiapkan masa depan dan menggapai cita-cita untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, agar selalu berhati-hati dan menjaga diri supaya tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang melampaui batas dan norma agama. Sebagaimana hadis Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam berikut ini:

قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم:
لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِاِمْرَأَةٍ اِلَّا كَانَ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ . رواه الترمذي

Artinya:
“Tidaklah seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita, melainkan yang ketiga dari mereka adalah setan” (H.R. At-Tirmidzi)

Hendaklah para pemuda dan pelajar khususnya mampu untuk menjaga pergaulan, menundukkan pandangan, dan melindungi dirinya agar tidak terjerumus pada perbuatan zina yang akan menghilangkan kewibawaan, harkat, martabat dan kehormatan dirinya dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala maupun di hadapan sesama manusia.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Dampak serta Akibat yang Ditimbulkan dari Perbuatan Zina. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca Juga Soal Pilihan Ganda dan Essay lengkap:

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Dampak Serta Akibat Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com"

close