Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat-kiat untuk Mengurangi Stres ~ sekolahmuonline.com

Kiat-kiat untuk Mengurangi Stres ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, bagi Anda penggemar lagu-lagu Bang Haji Rhoma Irama tentu hafal sekali dengan lirik lagu Bang Haji tentang stres dan obatnya. Itu lagu judulnya Stres kalau tidak keliru dan dirilis tahun 1994.
Kiat-kiat sederhana untuk Mengurangi dan Mengatasi Stres
Lirik lagu tersebut menggambarkan bahwa yang namanya stres itu sering terjadi pada manusia. Bayangkan, itu lagu keluar tahun 1994. Sekarang tahun 2023, semakin kompleks masalah yang dihadapi manusia, sepertinya juga banyak manusia yang dilanda permasalahan kesehatan yang bernama stres. Bang Haji menyebutkan:

Stres (stres)
Kerap melanda manusia
Tak peduli miskin ataupun kaya
(Banyak orang yang stres)

Stres (stres)
Seakan tengah mewabah
Tak peduli tua ataupun muda
(Banyak orang yang stres)

Nah, itu. Stres tidak hanya menjangkiti orang kaya yang banyak uang, apalagi yang banyak hutang. Orang miskin pun kalau tidak sabar, tidak kuat menghadapi kenyataan hidup juga bakalan stres. Bahkan stres tidak hanya melanda orang tua, banyak anak-anak muda juga mengalami stres. Stres dengan dunia mereka masing-masing.

Pertumbuhan penduduk semakin padat
Dan persaingan hidup semakin ketat
Dan kemajuan jaman semakin pesat
Akhirnya kebutuhan semakin meningkat

Bukan hanya persoalan kehidupan
Bukan hanya persoalan keuangan
bisa bikin stres

Hasil Googling, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 1994 saat lagu Stres dirilis oleh Rhoma Irama jumlahnya 194,9 juta jiwa. Jumlah penduduk Indonesia per 31 Januari 2023 sebanyak 273,52 juta jiwa. Jadi lagu stres ini benar-benar masih relevan. Semakin banyak jumlah penduduk, tentu juga semakin banyak permasalahan yang dihadapi suatu negara. Apalagi jika dikaitkan dengan lapangan kerja.

Maka diantara yang dapat menyebabkan stres menurut Bang Haji adalah:
(Nganggur terlalu lama) juga bisa stres
(Kekasih main gila) bisa, bisa stres
(Kenakalan remaja) juga bikin stres

Namun, menariknya. Dalam lirik lagu stres karya Bang Haji Rhoma ini, masalah stres juga diberikan solusinya. Bagaimana cara mengatasi stres? Dalam lirik lagu disebutkan bahwa cara mengatasi stres versi Bang Haji Rhoma Irama adalah dengan cara berikut ini:
Lapangkan dada benahi masalah
Kepada Tuhan panjatkan doa
Tawakkal dan sabarlah

Stres (stres)
Obatnya iman dan taqwa
Serta mensyukuri apa adanya
(Pasti tak akan stres)

Selain tips-tips atau kiat-kiat mengatasi stres yang dipaparkan oleh Bang Haji lewat lirik lagunya, berikut ini beberapa tips sederhana untuk mengatasi stres.

Tips-tips Sederhana untuk Mengurangi Stres

Bagi banyak dari kita, menjalani gaya hidup sehat dapat menjadi sebuah tantangan. Mulai dari pekerjaan hingga komitmen keluarga, mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk berolahraga dan makan makanan bergizi.

Namun jangan khawatir, Sekolahmuonline ada banyak tips sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi stres dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi tingkat stres dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Hal ini bisa berarti berjalan-jalan, membaca buku, atau mengikuti kelas yoga. Ketika Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, Anda akan lebih kecil kemungkinannya untuk stres dengan tanggung jawab Anda yang lain.

Cara lain untuk mengurangi stres adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat. Pastikan Anda memasukkan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dalam makanan Anda. Anda juga harus menghindari makanan olahan dan gula, yang akan meningkatkan tingkat stres Anda.

Yang terakhir, pastikan Anda berolahraga dengan cukup. Berolahraga tidak hanya mengurangi tingkat stres Anda, tetapi juga membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan suasana hati Anda.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Kiat-kiat Sederhana untuk Mengatasi Stres. Dengan cara dari Bang Haji Rhoma Irama dan dengan mengikuti beberapa tips-tips di atas, Anda akan berada di jalan menuju kehidupan yang lebih sehat dan lebih sedikit stres. Semoga bermanfaat. Kita semua dijauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dari yang namanya stres. Jika stres pun, segera dapat terbebas darinya. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Kiat-kiat untuk Mengurangi Stres ~ sekolahmuonline.com"

close