Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Pergaulan Bebas dan Sebutkan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Pengertian Pergaulan Bebas dan Sebutkan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, pada postingan sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan contoh soal yang membahas tentang Pengertian Zina dan Hukum Perbuatan Zina dan juga Hukuman bagi Pelaku Perbuatan Zina, serta Dampak Serta Akibat Perbuatan Zina. Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Pergaulan Bebas dan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas serta Perbuatan Zina.
Pengertian Pergaulan Bebas dan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas serta Perbuatan Zina
Apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas? Bagaimana kiat-kiat atau cara agar kita terhindar dari pergaulan bebas? Bagaimana kiat-kiat atau cara agar kita terhindar dari perbuatan zina? Temukan jawabannya di bawah ini.

Pengertian Pergaulan Bebas dan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas serta Perbuatan Zina

Pengertian Pergaulan Bebas

Dari segi bahasa, pergaulan adalah proses bergaul, sedangkan bebas adalah lepas sama sekali (tidak terhalang, terganggu dan terbatasi sehingga boleh bergerak, berbicara, berbuat dan sebagainya secara leluasa). Dapat diartikan bahwa pergaulan bebas adalah tindakan atau sikap yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tidak terkontrol dan dibatasi oleh aturan-aturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

Dalam praktik kehidupan sehari-hari, pergaulan bebas identik dengan perilaku yang dapat merusak tatanan nilai dalam masyarakat. Kartono, seorang ilmuwan Sosiologi, menjelaskan bahwa pergaulan bebas merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh suatu bentuk pengabaian sosial, sehingga mengakibatkan perilaku yang menyimpang.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pergaulan bebas adalah interaksi individu atau kelompok yang bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat sehingga menyebabkan rusaknya citra pribadi ataupun lingkungan di mana peristiwa itu terjadi.

Bentuk Pergaulan Bebas

Contoh bentuk pergaulan bebas yang terjadi di sekitar kita, yaitu praktik $eks bebas/perbuatan zina. $eks bebas adalah perilaku keji yang dilarang agama Islam.

Perbuatan $eks bebas akan menjauhkan pelakunya dari jalan yang benar karena perbuatan ini akan berakibat merendahkan harkat dan martabat pelakunya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan di hadapan manusia. Itulah sebabnya mengapa Allah Subhanahu wa Ta'ala melarang umat Islam untuk mendekati perbuatan zina, mengingat perbuatan ini dapat mendatangkan mudarat yang besar dalam kehidupan manusia. 

Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas serta Perbuatan Zina

Begitu banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari pergaulan bebas, patut kiranya menjadi perhatian bagi generasi muda dan pelajar khususnya, bahwa mereka seharusnya berjuang untuk menyiapkan masa depannya, dan hal tersebut akan dipertaruhkan apabila ia terjerumus pada pergaulan bebas dan zina.

Maka dari itu, untuk menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina, sikap yang harus dilakukan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
- Menjaga pergaulan yang sehat dan beretika
- Menutup dan menjaga aurat
- Selektif dalam memilih teman bergaul
- Menghindari dan meninggalkan tempat-tempat maksiat
- Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan positif
- Mendekatkan diri dan memperbanyak zikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala
- Berpuasa sebagai perisai nafsu

1. Menjaga pergaulan yang sehat dan beretika

Semakin majunya perkembangan teknologi, akan semakin mempermudah masyarakat terutama generasi muda untuk bergaul, bersosialisasi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Keberadaan perangkat smartphone, media sosial dan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya semakin mendekatkan seseorang orang dengan orang lain di belahan dunia mana pun.

Jika hal ini tidak diikuti dengan pemahaman, kesadaran dan penerapan etika untuk berkomunikasi dan bergaul sesuai dengan norma-norma agama, maka sangat rentan mendorong seseorang untuk terjerumus pada pola pergaulan bebas yang semakin sulit untuk dikendalikan.

2. Menutup dan menjaga aurat

Bagian tubuh yang harus terlindung dan tertutup dari pandangan orang lain disebut dengan aurat. Bagi perempuan, seluruh tubuh kecuali bagian muka dan telapak tangan adalah aurat mereka. Sedangkan bagi laki-laki, aurat adalah bagian tubuh antara pusar sampai dengan lutut.

Bagaimana cara menutup dan menjaga aurat agar terhindar dari bahaya pergaulan bebas dan zina? 

Agama memerintahkan kepada para perempuan untuk mengenakan pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuhnya termasuk bagian dadanya

Dalam hal ini berarti pakaian yang menutupi aurat bagi wanita disunahkan yang terbuat dari bahan yang tidak transparan, tidak ketat atau longgar sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan terhindar dari pandangan lawan jenis yang dapat mengundang nafsu syahwat mereka. Laki-laki pun demikian.

Agar terhindar dari pandangan lawan jenis yang berakibat mendatangkan hayalan dan imajinasi yang dilarang oleh agama, hendaklah laki-laki juga menutup aurat dengan pakaian yang sopan dan sesuai.

3. Selektif dalam memilih teman bergaul

Selektif dalam memilih teman bergaul, akan membawa dampak yang baik bagi seseorang, karena seorang kawan, akan mempengaruhi kawan lainnya.

Apabila seseorang memilih kawan yang saleh, maka ia pun akan terpengaruh menjadi baik. Dan apabila seseorang memilih kawan yang buruk, niscaya ia akan membawa keburukan juga baginya. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berikut ini:

عَنْ أَبِي مُوْسَى رَضِيَ اللُّٰ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيْسِ الصَّالِحِ وَ الْجَلِيْسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيْرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ:إِمَّا أَنْ يُخْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيْرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيْحًا خَبِيْثَةً - رواه مسلم

Artinya:
Dari Abu Musa r.a. , dari Nabi Saw. bersabda: “sesungguhnya perumpaan bergaul dengan orang shalih dan orang jahat adalah seperti orang yang membawa minyak kesturi dan orang yang meniup api. Orang yang membawa minyak kesturi itu mungkin memberi padamu atau mungkin kamu membeli kepadanya atau mungkin kamu mendapatkan bau harum dari padanya. Dan tentang orang yang membawa api itu mungkin ia akan membakar kainmu dan mungkin kamu akan mendapatkan bau busuk daripadanya.” (HR. Muslim).

Tentu saja maksud dari hadis ini adalah anjuran untuk memilih dan selektif mengambil teman yang baik, untuk memberi nasihat dan menjauhkan kita dari keburukan.

Kebaikan yang akan diperoleh oleh seseorang yang berteman dengan orang yang saleh, tentu saja akan lebih besar dari aroma harum semerbak yang ditimbulkan oleh seorang penjual minyak wangi, karena ia akan mengajarkan hal-hal yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

4. Menghindari dan meninggalkan tempat-tempat maksiat

Agar terhindar dari perbuatan yang dapat menjerumuskan seseorang pada pergaulan bebas dan zina, harus ditanamkan tekad di dalam hati, untuk menahan diri dan menghindari keinginan, ataupun diundang oleh orang lain, untuk datang ke tempat-tempat maksiat. Juga harus memiliki keberanian dan ketegasan untuk meninggalkan suatu tempat, jika terindikasi di tempat tersebut akan memicu dorongan untuk terjadinya pergaulan bebas dan perbuatan zina.

5. Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan positif.

Waktu luang yang dimiliki oleh seseorang, hendaklah dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif dan mendatangkan manfaat. Misalnya aktif di majelis taklim, melakukan kajian remaja, kajian keputrian, berolah raga, atau menciptakan kreasi-kreasi dan hasil karya yang bermanfaat.

Dengan demikian, jika waktu yang kita miliki kita manfaatkan dan kita salurkan untuk kegiatan-kegiatan yang positif, maka tidak lagi tersisa waktu lain untuk melakukan hal-hal yang mendatangkan mudarat dan maksiat.

6. Mendekatkan diri dan memperbanyak zikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Agar terhindar dari pergaulan bebas dan perbuatan zina, seseorang harus sungguh-sungguh memohon perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan cara memperbaiki kuantitas dan kualitas ibadah, menjalankan salat wajib dan sunah, memperbanyak membaca Al-Qur`an, memperbanyak sedekah dan senantiasa mengingat ancaman dan dosa dari setiap perbuatan buruk yang kita lakukan selama di dunia, kelak akan dipertanggungjawabkan.

7. Berpuasa sebagai perisai nafsu

Puasa adalah berlatih mengendalikan nafsu. Apabila seorang mukmin mampu mengendalikan nafsunya, maka ia akan mampu menahan berbagai larangan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Puasa menjadi semacam perisai yang membentengi seseorang dari keinginan untuk berbuat maksiat sebagaimana hadis Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam yang artinya sebagai berikut:
“Wahai para pemuda, barangsiapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kem@luan. Barangsiapa yang belum mampu, maka perpuasalah, karena puasa itu obat pengekang nafsunya” (H.R. Bukhari Muslim)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Pengertian Pergaulan Bebas dan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas serta Perbuatan Zina. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca Juga Soal Pilihan Ganda dan Essay lengkap:

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Pergaulan Bebas dan Sebutkan Cara-cara untuk Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina! [Soal PAIBP Kelas 10 Bab 6 Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia] ~ sekolahmuonline.com"

close