Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab IX Teladanku ~ sekolahmuonline.com

Soal Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab IX Teladanku ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Soal-soal Akidah Akhlak di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 9 tentang Teladanku.
Soal Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab IX Teladanku lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
Soal Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab IX Teladanku lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya

Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap (Semester 2) sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan rangkuman Akidah Akhlak Kelas VI semester genap terdiri dari empat Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI Allah Tuhanku
  • Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna 
  • Bab VIII Alamku
  • Bab IX Teladanku

Soal Akidah Akhlak Kelas VI Semester 2 Bab IX Teladanku

Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap Bab 9 Teladanku terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Bentuk Ujian Nabi Ayyub As
B. Sikap Istri dan Saudara Nabi Ayyub As.
C. Buah Dari Kesabaran
Nah, berikut ini soal Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap Bab 9 yang membahas tentang Teladanku.

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar!

1. Siapakah Nabi Ayub As.?

2. Bagaimana kekuatan iman Nabi Ayub As.?

3. Sebutkan 3 hikmah dari mempelajari kisah Nabi Ayub As.!

4. Tuliskan doa Nabi Ayub As. saat mendapatkan ujian yang begitu berat!

5. Sebutkan kemuliaan yang didapat dari sikap sabar seorang muslim!

6. Sebutkan macam-macam sabar! 

7. Tuliskan satu saja dalil Al-Quran yang memerintahkan kita untuk bersabar!

8. Tulislah kisah Iblis ketika menggoda Nabi Ayyub agar beliau mengabaikan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala! 

Kunci Jawaban Soal Akidah Akhlak Kelas VI Semester 2 Bab IX Teladanku

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar!

1. Siapakah Nabi Ayub As.?
 
Jawaban:
Nabi Ayyub As. adalah salah satu nabi dan rasul yang namanya tertulis dalam al-Qur’an. Beliau terkenal sangat taat kepada Allah Swt. Para malaikat memuji ketaatannya, sehingga Iblis pun merasa iri dan bermaksud menggodanya agar beliau mengabaikan perintah Allah.

2. Bagaimana kekuatan iman Nabi Ayub As.?
 
Jawaban:
Nabi Ayub memiliki iman yang kuat dan kokoh. Bersabar dalam menghadapi ketentuan Allah Subhanahu wa Ta'ala berupa ujian diberi penyakit. Selama 7 tahun lamanya diberi penyakit, dijauhi keluarga, sudara, teman, dan masyarakat tapi tetap bersabar, berbaik sangka (husnudhan) kepada Allah Ta'ala.

====
“Sesungguhnya Ayub adalah seorang hamba Allah yang sangat taat kepada-Nya. Ia seorang mukmin sejati, apa yang ia lakukan untuk mendekatkan dirinya kepada Allah adalah semata-mata didorong oleh iman yang teguh dan taat yang bulat kepada-Nya”

3. Sebutkan 3 hikmah dari mempelajari kisah Nabi Ayub As.! 

Jawaban:
Hikmah dari mempelajari kisah Nabi Ayub 'Alaihis salam:
1. Kita hendaklah beriman kepada Allah Swt. dengan iman yang benar. Yaitu yakin dengan ketentuan takdir Allah Swt. , karena semua manusia adalah milik Allah Swt. semua yang terjadi pasti datang dari Allah Swt. . Semua pasti akan membawa manfaat yang terbaik. Setiap manusia tidak dapat terlepas dari ujian dan cobaan dari Allah Swt. .
2. Tidak berprasangka buruk pada Allah Swt. ketika kita mendapati ujian dan cobaan dari-Nya.
3. Bersabar dalam menghadapi segala cobaan dari Allah Swt. , karena Allah Swt. akan senantiasa bersama hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.
4. Mengingat dan menyadari bahwa setiap ada kesusahan pasti ada kegembiraan
5. Setiap penyakit pasti ada obatnya
Rasulullah Saw. telah bersabda yang artinya Bahwa Allah telah menurunkan penyakit dan obat dan dijadikan setiap penyakit itu ada obatnya, berobatlah tetapi jangan berobat dengan benda-benda yang haram (HR. Abu Daud)
6. Istri yang salehah akan senantiasa bersama suaminya dalam keadaan suka dan duka, seperti: dalam keadaan sakit atau dalam menghadapi berbagai ujian dari Allah Swt. 

[Silakan pilih tiga]

4. Tuliskan doa Nabi Ayub As. saat mendapatkan ujian yang begitu berat!

Jawaban:
Doa Nabi Ayub As. saat mendapatkan ujian yang begitu berat yaitu sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam QS. Al-Anbiya (21) ayat 83 - 84:

وَاَيُّوْبَ اِذْنَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَۚ٨٣ فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ فَكَشَفْنَا مَا بِٖه مِنْ ضُرٍّ وَّاٰتَيْنٰهُ اَهْلَهٗ وَمِثْلَهُمْ مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَذِكْرٰى لِلْعٰبِدِيْنَۚ٨٤

Artinya:
Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang. Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami. (QS. Al-Anbiya [21]: 83-84)

Doa Nabi Ayyub yaitu pada lafal:

اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَۚ
“(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.

5. Sebutkan kemuliaan yang didapat dari sikap sabar seorang muslim!

Jawaban:
Sabar merupakan sifat mulia sehingga umat Islam yang memiliki sifat sabar akan memperoleh banyak kemuliaan, antara lain:
1. Dapat menjadikan manusia dekat dengan Allah Swt.
2. Dapat memperoleh berita yang menyenangkan.
3. Dapat bertemu dengan Allah Swt. dalam keadaan tidak berdosa karena orang yang bersabar dapat terhindar dari dosa.
4. Memperoleh pahala yang berlipat ganda karena pada umumnya sulit menjadi orang yang sabar, sehingga apabila ada orang yang sabar akan memperoleh pahala yang besar.
5. Dapat memperoleh kesuksesan dunia dan akhirat. 

6. Sebutkan macam-macam sabar! 

Jawaban:
Sabar ada tiga macam, yaitu:
1. Sabar dalam menghadapi musibah
2. Sabar dalam mematuhi perintah Allah Swt.
3. Sabar meninggalkan perbuatan maksiat

7. Tuliskan satu saja dalil Al-Quran yang memerintahkan kita untuk bersabar! 

Jawaban:
Dalil Al-Quran perintah sabar diantaranya yaitu:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوْا وَرَابِطُوْاۗوَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung." (QS. Al-Imron [3]: 200)

8. Tulislah kisah Iblis ketika menggoda Nabi Ayyub agar beliau mengabaikan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala! 

Jawaban:

KISAH NABI AYUB ''Alaihis Salam

“Beribadah, bersujud kepada Allah Swt. dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diterimanya”. Percakapan para malaikat yang memuji-muji Nabi Ayub As. didengarkan oleh Iblis. Sehingga Iblis segera mendatangi Nabi Ayub As. untuk menggodanya dengan berbagai cara.

Di antara cara yang dilakukan oleh Iblis adalah menghasud Nabi Ayub As. seraya berkata: “Wahai Tuhan, sesungguhnya Ayub yang menyembah, bertasbih dan bertahmid menyebut nama-Mu, sebetulnya ia tidak ikhlas dan tidak setulus hati karana cinta dan taat pada-Mu. Ia melakukan karena takut akan kehilangan semua kenikmatan yang telah Engkau berikan.” Lalu Allah berfirman: “Sesungguhnya Ayub adalah seorang hamba-Ku yang sangat taat kepada-Ku. Ia seorang mukmin sejati, apa yang ia lakukan untuk mendekatkan dirinya kepada-Ku adalah semata-mata didorong oleh iman yang teguh dan taat yang bulat kepada-Ku. Silahkan Iblis untuk menggoda Nabi Ayub As. yang terkenal sebagai seorang yang beriman dan bertakwa walaupun Kami uji dengan kemiskinan.”

Iblis pun menyamar sebagai seorang laki-laki dan mendatangi Nabi Ayub As. seraya berkata; "Sungguh malang nasibmu, wahai Ayub, dulu kamu orang kaya sekarang kamu miskin. Kasihan sekali dengan kamu.” Tetapi Nabi Ayub As. menjelaskan dengan penuh ketabahan. “Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan kepadaku nikmat dan nikmat itu adalah milik Allah Swt. sehingga apabila Allah menghendaki sewaktu-waktu nikmat dapat diambil kembali oleh Allah Swt.”

Ketika Allah Swt. menguji lagi ketabahan Nabi Ayub As. dengan kematian anak-anaknya yang saleh pada saat terjadi gempa bumi yang dahsyat Iblis pun datang kembali untuk menghasut Nabi Ayub As., seraya berkata: "Wahai Ayub, apa yang ada padamu harta benda dan anak-anak kamu semuanya telah diambil kembali oleh Allah.” Nabi Ayub As. menjawab dengan penuh rendah hati: "Anak- anak itu adalah milik Allah. Dia yang menghidupkan dan Dia juga yang mematikan. Segala puji bagi Allah." Nabi Ayub As. tidak putus asa kepada Allah Swt., walaupun telah kehilangan segala-galanya sepanjang tidak kehilangan cinta kepada Allah Swt.. 

Dengan ujian yang bertubi-tubi tersebut, Nabi Ayub As. bagaikan emas semakin digosok semakin bersinar dan cemerlang. Karena Nabi Ayub As. semakin yakin bahwa semua yang terjadi adalah ujian dari Allah Swt.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 Bab 9 Teladanku lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab IX Teladanku ~ sekolahmuonline.com"

close