Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAI Kelas 3 Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar + Kunci Jawaban ~ sekolahmuonline.com

Soal PAI Kelas 3 Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar + Kunci Jawaban ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) atau soal PAI kelas III Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Soal PAI Kelas 3 SD/MI kali ini membahas soal-soal Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal PAI Kelas 3 Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar lengkap dengan kunci jawabanya
Soal PAI Kelas 3 Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar lengkap dengan kunci jawabanya

Soal PAI Kelas III Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar

PAIBP Kelas III SD/MI Bab 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar membahas dua pokok pembahasan, yaitu:
- Pertama, tentang Allah Maha Mengetahui 
- Kedua, tentang Allah Maha Mendengar

A. Soal PAI Kelas 3 Pembahasan Allah Maha Mengetahui

Allah Swt. Maha Mengetahui [Al-'Alim]

Bagi Allah Swt., tidak ada hal yang tersembunyi. Serapat-rapat manusia menyimpan rahasia, Allah Swt. pasti mengetahuinya.

Apabila mulut seseorang berkata bohong, Allah Swt. pasti mengetahuinya. Niat hati yang tersimpan rapi, Allah pun mengenalinya. Rahasia di balik rahasia pun, diketahui-Nya. Sesuatu yang sudah mengendap lama atau yang telah terlupakan oleh manusia, serta segala yang kini telah punah, Allah Swt. tetap mengetahuinya.

Allah Swt. berfirman:

وَإِن تَجْهَرْ بِٱلْقَوْلِ فَإِنَّهُۥ يَعْلَمُ ٱلسِّرَّ وَأَخْفَى ﴿٧﴾

“Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.” (Q.S. Taha/20: 7)

Lalu, dapatkah kita bersembunyi dari pantauan-Nya? Dapatkah kita merahasiakan sesuatu di hadapan Allah Swt.? Dapatkah kita keluar dari monitoring-Nya?

Sungguh, Allah Swt. bahkan telah mengetahui segala sesuatu sebelum terjadi, karena Dialah yang membuat rencana, Dia pula penentunya.

Allah Swt. berfirman:

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَآ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ ﴿٢٢﴾

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (Q.S. al-Hadid/57: 22).

Soal Latihan PAI Kelas 3 Pembahasan Allah Maha Mengetahui

Isilah dengan jawaban yang singkat dan benar!

1. Al-‘Alim artinya . . . . (Kunci Jawaban: Allah Maha Mengetahui) 

2. Allah Swt. . . . segala sesuatu. (Kunci Jawaban: Mengetahui) 

3. Tidak ada seorang pun yang dapat . . . Di mana pun ia berada, Allah Swt. tetap akan mengetahuinya. (Kunci Jawaban: Bersembunyi) 

4. Allah Swt. mengetahui semua perkataan di . . . (Kunci Jawaban: teks) dan di . . . . (Kunci Jawaban: Di langit dan di bumi 

B. Soal PAI Kelas 3 Pembahasan Allah Maha Mendengar

Allah Swt. Maha Mendengar [As-Sami’]

Semua ucapan, pikiran, desiran daun dan segala gerak-gerik makhluk tak luput dari jangkauan Allah Swt., semua terdengar dengan jelas bagiNya.

Allah Swt. mendengar semua yang terucap, terlintas dalam pikiran dan akal, serta apa yang dirasakan dalam hati makhlukNya. Gemericik air, gemerisik dedaunan kala ditiup angin, bahkan bunyi jejak langkah kaki semut. 

As-Sami’ Yang Maha Mendengar, adalah sifat kesempurnaan. Lawan katanya tuli, sebagai sifat kurang yang tidak mungkin menjadi sifat Allah Swt.

Alam semesta sejak penciptaan awal hingga akhir dari satu sisi ke sisi yang lain tanpa terputus, segala bunyi dan suara selalu mengiringi penciptaan ini. Suara ini terkadang ada yang mampu didengar oleh manusia, sebagaimana halnya suara ledakan keras, ada pula yang tidak terdengar oleh pendengaran manusia.

Suara ini tidak ada yang hilang dari catatan as-Sami’ dalam buku besar yang tersimpan dalam lauhul mahfuz. Semua suara dan bunyi dari makhluk di alam semesta terdengar olehNya dengan jelas. Jika suara ini adalah pertanyaan, maka Allah Swt. menjawabnya, jika sebuah tuntutan, maka Allah Swt. akan memenuhinya, jika ini adalah sebuah salah, maka Allah Swt. akan menunjukkan jalan kebenaran.

Allah Swt. Maha mendengar segala keluh, gundah, kegelisahan dan kehampaan kita. Hanya dengan isyarat dalam hati Allah Swt. mampu mendengar. Tak perlu kita melenguhkan suara kita untuk memohon kasihNya. Hanya dengan ungkapan air mata, Allah Swt. sudah memahami apa yang kita inginkan.

Allah Swt. dengan sengaja menciptakan dua telinga untuk kita, agar kita lebih banyak mendengar suara-suara di sekeliling kita. Mendengar suara rintihan kaum papa yang mengharap pertolongan sesama. Mendengar nasihat-nasihat yang datang dari berbagai penjuru arah untuk memaknai kebesaran as-Sami’, mencintai sifat-sifat-Nya yang sempurna.

Ini semua merupakan bukti, bahwa Allah Swt. ada di sekeliling kita dengan segala jejak yang ditinggalkanNya melalui suara-suara hidayah alam. Sehingga kita bisa menyadari, menemukan dan mencintai-Nya dimana pun kita berada.

Di saat kita merasa hampa dan tiada berdaya, hanya Allah Swt. mampu mendengar apa isi hati kita. Segala yang tak terucap dari lisan, Allah Swt.tahu dengan sejelas-jelasnya. Allah Swt. tidak akan pernah bosan mendengar segala pinta dan asa kita.

Soal Latihan PAI Kelas 3 Pembahasan Allah Maha Mendengar

Isilah dengan jawaban yang singkat dan benar!

Pasangkan soal yang berada di sebelah kiri dengan jawaban yang ada di sebelah kanan berikut ini! Buatlah garis penghubung di antaranya! (lihat contoh.)

Kunci Jawaban:

1. As-Sami’ => pasangannya => Allah Maha Mendengar.

2. Harus dihindari => pasangannya => Ucapan yang tidak baik.

3. Ayat-ayat Allah Swt. => pasangannya => Harus didengarkan.

4. Allah Swt. mendengar => pasangannya => Bisikan hamba-Nya.

5. Harus mendengarkan => pasangannya => Hal-hal yang baik

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal PAI Kelas 3 SD/MI Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar lengkap dengan Kunci Jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dan olah dari Buku PAIBP Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD/MI. Semoga bermanfaat, membantu Bapak/Ibu orangtua/wali murid/kakak-kakak semuanya dalam mendampingi putra-putri/adik-adik kelas 3 dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal PAI Kelas 3 Pelajaran 9 Meyakini Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar + Kunci Jawaban ~ sekolahmuonline.com"

close