Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal singkat mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang membahas tentang Wawasan Nusantara. Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas, Wawasan Nusantara ini dibahas dalam PPKn Kelas X 10 Bab Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam belajar mandiri atau berkelompok khususnya pembahasan tentang Wawasan Nusantara.
Pembahasan tentang pengertian Wawasan Nusantara
Pengertian Wawasan Nusantara

Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara! 

Jawaban:
Pengertian Wawasan Nusantara
Pembahasan tentang Wawasan Nusantara di bawah ini akan Sekolahmuonline bahas dari sisi pengertian Wawasan Nusantara secara bahasa/etimologis, penjelasan para pakar tentang pengertian Wawasan Nusantara, pengertian Wawasan Nusantara secara terminologi/istilah, dan Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia.

Pengertian Wawasan Nusantara Secara Etimologis

Secara etimologis, Wawasan Nusantara berasal dari kata Wawasan dan Nusantara. Wawasan berasal dari kata Wawas (bahasa jawa) yang berarti pandangan, tinjauan dan penglihatan indrawi. Jadi wawasan adalah pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi. Wawasan berarti pula cara pandang dan cara melihat. Nusantara berasal dari kata nusa dan antara. Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara artinya menunjukkan letak antara dua unsur.

Jadi Nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua, ian yaitu benua Asia dan Australia, dan dua samudra, yaitu samudra Hindia dan Pasifik. Berdasarkan pengertian modern, kata “nusantara” digunakan sebagai pengganti nama Indonesia.

Penjelasan Para Pakar tentang Pengertian Wawasan Nusantara

Berikut beberapa pengertian wawasan nusantara, diantaranya adalah:
1. Menurut Wan Usman, “Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.”

2. Menurut GBHN 1998, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Menurut kelompok kerja Wawasan Nusantara untuk diusulkan menjadi tap. MPR, yang dibuat Lemhannas tahun 1999, yaitu “cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehipan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.”

Pengertian Wawasan Nusantara Secara Terminologi

Berdasarkan beberapa pengertian Wawasan Nusantara menurut para ahli di atas, secara sederhana wawasan nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Nasional Indonesia pada hakikatnyamerupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan (HANKAM). Sebagai Wawasan nasional Indonesia.

Wawasan Nusantara pada dasarnya adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia, adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonnesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan Nusantara merupakan pencerminan dari : Kepentingan yang sama, tujuan yang sama terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuamn wilayah Indonesia. Dengan kata lain sebagai wawasan nasionalnya Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berfikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tentang Pengertian Wawasan Nusantara. Penjelasan tentang ini Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ PPKn kelas X. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca, postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian Wawasan Nusantara! ~ sekolahmuonline.com"

close