Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Syajarotul Ma'arif dan Terjemahannya ~ sekolahmuonline.com

Kitab Syajarotul Ma'arif dan Terjemahannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, bagi Anda yang sedang mencari kitab atau buku Syajarotul Ma'arif (Syajaratu Al-Ma'arif wa Al-Ahwal wa Shalih Al-Aqwal wa Al-A'mal) baik yang berbahasa Arab maupun terjemahannya dalam bentuk soft file PDF maka Anda berada di tempat yang tepat. Syajarotul Ma'arif adalah kitab karya ulama besar pada zamannya yang dikenal sebagai Sulthanul 'Ulama (Sultannya para 'Ulama) yaitu Syaikh 'Izzuddin bin Abdussalam bin Hasan As-Sulami.
Kitab Syajarotul Ma'arif dan Terjemahannya PDF
Kitab Syajarotul Ma'arif dan Terjemahannya PDF

Berikut ini kitab Syajarotul Ma'arif dalam bentuk PDF dan Kitabnya yang Sekolahmuonline dapatkan hasil dari browsing di internet.

Sebelum kami suguhkan kitab atau bukunya, alangkah baiknya Anda baca cara membuahkan ma'rifat berikut ini.

Cara Membuahkan Ma'rifah pada Ahwal dan Konsekwensinya

Ketahuilah bahwa pengetahuan tentang Dzat dan sifat-sifat Allah akan membuahkan semua kebaikan di dunia maupun di akhirat. Dan pengetahuan masing-masing sifat akan membuahkan kondisi ruhani yang tinggi dan ucapan yang terpuji. perbuatan yang diridhai, kedudukan dunia dan derajat di akhirat.

Perumpamaan pengetahuan tentang Dzat dan sifat itu laksana pohon dan akarnya yang baik, -Pengetahuan tentang Dzat-- kokoh dengan hujah dan burhan. Cabangnya -Pengetahuan tentang sifat- menjulang ke langit dari sisi kemuliaan dan keagungan

"Pohon itu nmemberikan buahnya pada setiap musim." (QS.Ibrahim: 25)

Yaitu berupa kondisi ruhani, ucapan dan perbuatan, dengan seizin Tuhannya, dan Dia adalah Tuhan dari semua itu. Sebab tidaklah sesuatu akan bisa dipetik buahnya kecuali setelah ada izin dan taufik dari-Nya. Tempat tumbuhnya pohon ini adalah hati, dimana jika dia baik karena
marifah dan ahwal (kondisi ruhani) maka semua raga akan baik. Jika dia rusak dengan keingkaran dan kesesatan maka seluruh jasad akan rusak.

Barangsiapa yang kehilangan cabang dari salah satu cabang pohon yang telah disebutkan itu maka dia telah kehilangan buahnya, kini dan nanti. Sungguh, beruntunglah siapa yang telah menanam pohon ini dengan kejelian pandangan dan menghiasinya dengan takwa, serta menjaganya dengan istiqamah dan membuang darinya semua bentuk pengingkaran, pembangkangan dan menjaganya dari terpaan hawa nafsu dan takut dari semua bentuk keraguan, dan semua kekejian kemusyrikan serta kekejaman su'ul khatimah,
"Tiadalah yang merasa aman dari adzab Allah kecuali orang-orang yang merugi." (Al-A'raf: 99)

Pohon ini memiliki tiga cabang dan setiap cabang memiliki berbagai ranting:
• Cabang Pertama: Mengetahui sifat-sifat Allah yang ternafikan dari semua aib dan kekurangan. Seperti ternafikan dari kantuk, tidur, zhalim dan permusuhan.
• Cabang Kedua: Pengetahuan tentang sifat Dzat dan cabang-cabangnya yang tujuh: hayat (hidup), ilmu, qudrah (kuasa), iradah (berkehendak), sama' (mendengar), bashar (melihat) dan kalam (berbicara).
• Cabang Ketiga: Pengetahuan tentang sifat-sifat fi'liyah (perbuatan) dan ranting-rantingnya yang dilihat dari bentuk perbuatan itu, dan yang demikian sangatlah banyak. Seperti (mendatangkan mudharat) dan manfaat, memberikan ampunan dan nikmat, memberikan keutamaan dan kemuliaan serta kerendahan.

Dan setiap marifah dari ranting-ranting ini menghasilkan buah yang sesuai dengan kondisi-kondisi ruhani dan yang sesuai dengan ucapan dan perbuatan. Orang yang sangat mengerti tentang keindahan (jamal) akan sangat mencintai, sementara yang mengerti akan keagungan (jalal) maka dia akan memiliki rasa takut yang demikian tinggi. Barangsiapa yang mengerti luasnya rahmat Allah dia akan senantiasa penuh harap, dan barangsiapa yang mengerti akan besarnya siksaNya dia akan merasa ngeri. Orang yang mengerti akan tawahhud (kesatuan) perbuatan, dia akan menyerahkan semuanya pada Tuhan dan orang yang mengerti keagungan (azhamah), dia akan meyakini bahwa semua yang berada dalam alam semesta ini adalah fana.

Dengan demikian, marifah merupakan pokok segala kebaikan, sumber dari segala kebajikan dan yang menghindarkan dari semua kejelekan. Bersamaan dengan kemuliaan dalam dirinya sendiri, dan semua yang berhubungan dengannya, juga buah dan pahalanya.

Dan sebaik-baik kondisi ruhani seseorang adalah jika dia tumbuh dari ma'rifah yang paling mulia dan sebaik-baik marifah (pengetahuan) adalah sesuatu yang berhubungan dengan Allah Yang Mahatunggal, dimana tidak ada sekutu pun bagi-Nya.

Dan Kitab/buku Syajarotul Ma'arif ini, membahas seputar masalah tersebut dengan banyak bab.

Bagi yang ingin membaca Kitab berbahasa Arabnya langsung, silakan download pada tautan berikut ini:
Bagi yang membutuhkan terjemahannya silakan download pada tautan berikut ini:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Kitab Syajarotul Ma'arif Berbahasa Arab beserta Terjemahannya dalam bentuk PDF. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Kitab Syajarotul Ma'arif dan Terjemahannya ~ sekolahmuonline.com"

close