Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal (Asesmen) mata pelajaran Ekonomi kelas 12 Semester 2 Kurikulum Merdeka khususnya Bab 3 APBN dan APBD. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Soal Essay atau uraian Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawabannya.
Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawabannya
Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawabannya

Ekonomi kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD meliputi tiga pembahasan, yaitu:
• Pembahasan tentang APBN
• Pembahasan tentang APBD
• Pembahasan tentang Perpajakan

Nah berikut ini Soal Essay (esai) atau uraian Ekonomi kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD beserta kunci jawabannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 

Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 12 Bab 3 APBN dan APBD Semester 2 Kurikulum Merdeka 

Jawablah soal-soal di bawah ini! 

1. APBN memuat penerimaan negara. Uraikan macam-macam penerimaan pemerintah pusat! 

Kunci Jawaban:
Penerimaan pemerintah berasal dari pajak, penerimaan bukan pajak dan dana hibah.

2. APBN memegang peranan penting dalam pelaksanaan negara. Tanpa adanya anggaran, kegiatan operasional suatu negara tidak akan berjalan. APBN ini juga merupakan komponen yang akan mempengaruhi perekonomian suatu negara. Analisislah pengaruh APBN terhadap perekonomian suatu negara!

Kunci Jawaban:
APBN yang disusun dapat dimanfaatkan untuk menetapkan kebijakan fiskal bagi suatu negara disesuaikan dengan kondisi ekonomi dari negara tersebut.

3. Pajak merupakan pungutan yang bersifat memaksa. Uraikan manfaat pajak bagi perekonomian suatu negara! 

Kunci Jawaban:
Pajak bermanfaat untuk membayar pengeluaran pemerintah di berbagai sektor seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan untuk menunjang pembangunan ekonomi negara.

4. Pajak berbeda dengan pungutan resmi lainnya yang ditetapkan pemerintah. Uraikan perbedaan pajak dengan pungutan resmi lainnya!

Kunci Jawaban:
Pajak bersifat dapat dipaksakan, berlaku untuk seluruh rakyat, imbalannya diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Sementara pungutan resmi lainnya tidak memiliki unsur paksaan yang pengernaannya terbatas pada orang-orang tertentu.

5. Berdasarkan cara pemungutannya, pajak dibedakan menjadi dua, yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung. Jelaskan perbedaan dua jenis pajak tersebut! Berikan contohnya!

Kunci Jawaban:
Pajak langsung dibayarkan oleh wajib pajak yang namanya terdaftar sebagai penanggung pajak, contohnya pajak kendaraan bermotor, pajak bumi dan bangunan. Sementara pajak tidak langsung adalah pajak yang dapat dibayarkan oleh pihak pengganti yang diwajibkan pajak, contohnya pajak pertambahan nilai.

Posting Komentar untuk "Soal Essay Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 APBN dan APBD ~ sekolahmuonline.com"

close