Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Esai PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri

Contoh Soal Essay PAIBP Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal Esai PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas DiriPembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Postingan kali ini menyajikan soal-soal essay (esai) atau uraian PAIB kelas 9 SMP/MTs Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri lengkap dengan kunci jawabannya.

Contoh Soal Essay PAIBP Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Deskripsikan makna iman kepada hari kiamat!

Jawaban:
Makna iman kepada hari akhir adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir itu pasti terjadi atas kehendak Allah Swt.

2. Akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam, musibah termasuk bencana pandemi covid-19. Coba kalian analisis berbagai bencana yang terjadi tersebut kaitannya dengan iman kepada hari akhir!

Jawaban:
Berbagai bencana yang terjadi, termasuk musibah Covid-19 adalah termasuk takdir dari Allah Swt, yakni takdir Muallaq, sehingga perlu ikhtiar yang maksimal ketika menghadapi musibah tersebut.

3. Budi adalah siswa kelas 9 di sebuah SMP yang baru berusia 14 tahun. Budi merasa hidupnya masih panjang karena masih ada banyak kesempatan untuk hidup di dunia ini, Budi ingin menghabiskan waktunya dengan apapun yang ia inginkan. Bagaimana menurut pendapatmu, apakah perilaku Budi mencerminkan perilaku orang yang beriman kepada hari akhir? Jelaskan bagaimana seharusnya perilaku orang yang beriman kepada hari akhir?

Jawaban:
Budi kurang mencerminkan perilaku yang tepat sebagai orang yang beriman kepada hari akhir; walaupun ia baru berusia 14 tahun bisa saja kematian menimpa padanya, karena kematian bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun.

4. Mengapa kita harus percaya bahwa segala sesuatu akan berakhir dan segala perbuatan kita akan dapat balasan yang setimpal?

Jawaban:
Karena dalam kehidupan di dunia ini tidak ada yang abadi, pasti akan ada akhirnya dan Allah Swt. adalah Zat yang Maha Adil, sehingga akan memberikan balasan yang setimpal dengan perbuatannya ketika di alam dunia.

5. Deskripsikan bagaimana menurut pendapat kalian mengenai manfaat beriman kepada hari akhir, baik bagi kehidupan dunia dan akhirat!

Jawaban:
Manfaat ketika di dunia: Menjadikan lebih hati-hati dalam berbuat, karena setiap perbuatan akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat, Hidup menjadi lebih tenang, lebih semangat dalam beribadah kepada Allah; Manfaat ketika di akhirat: Karena termasuk orang beriman, maka termasuk manusia yang selamat dari siksa api neraka.

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Contoh Soal Esai PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Esai PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab II Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri"

close