Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Falsafah Ajaran K.H. Ahmad Dahlan

Falsafah Ajaran K.H.Ahmad Dahlan


Muqoddimah



Sejak pulang dari pondok Termas 1916 saya masuk perkumpulan Muhammadiyah. Pada waktu itu saya berumur 19tahun. Kemudian Saya berguru, berteman dengan K.H.Ahmad Dahlan pendiri perkumpulan Muhammadiyah tersebut sehingga beliau wafat pada tahun 1923. Jadi genap 6 tahun saya berkhidmat, berguru dan berteman dengan beliau.



Dalam waktu 6 tahun itu saya tidak mendapat ilmu apapun dari beliau yang dapat tercatat dalam hati, kecuali hanya 7 perkara. Begitu juga saya yakin, bahwa kesulitan yang timbul dalam masyarakat umum dan dunia internasional akan dapat diatasi dengan 7 perkara, yang akan saya terangkan dalam buku ini.



Sebelum saya menerangkan wejangan atau pelajaran dari K.H.Ahmad Dahlan yang 7 perkara itu, lebih dahulu perlu saya terangkan disini, kitab–kitab apa yang mengisi jiwa K.H.Ahmad Dahlan. Pada mulanya kitab–kitab yang dipelajari atau yang ditela’ah oleh beliau, adalah kitab–kitab yang biasa dipelajari oleh kebanyakan paraulama di Indonesia dan ulama Makkah. Misalnya dalam buku ‘Aqaid ialah kitab yang beraliran Ahlus Sunnah wal Jama’ah, ilmu Fiqh dari Madzhab Syafi’iyyah, dalam ilmu Tasawuf menurut imam Al–Ghozali. Kemudian setelah itu beliau mempelajari Tafsir Al-Manar karangan Rasyid Ridho, majalah Al–Manar dan Tafsir Juz ‘Amma karangan Muh. Abduh dan Muthola’ah kitab Al Urwatul Wutsqa karangan Jamaluddin Al Afghani. 



Dalam waktu mengikuti beliau, yang sering saya lihat ialah:

1.Kitab Tauhid Muh. Abduh
2.Tafsir Juz ‘Amma Muh. Abduh
3.Kitab Kanzul ‘Ulum
4.Dairatul Ma’arif karangan Farid Wadji
5.Kitab–kitab filbid’ah karangan IbnuTayyimah, sebagaimana kitab attawassul wal wasilah
6.Kitab Al Islam wan Nashariyyah karangan Muhammad Abduh
7.Kitab Idharul haq karangan Rahmatullah Al–Hindi dan kitab–kitab hadits karangan ulama madzhab Hambali dan lain–lainnya yang tidak perlu satu–persatunya saya terangkan disini.


Sumber: 

Falsafah Ajaran K.H.Ahmad Dahlan, Oleh:K.R.H.Hadjid

Posting Komentar untuk "Falsafah Ajaran K.H. Ahmad Dahlan"

close