Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda (IPA Kelas 8 SMP/MTs)

Sekolahmuonline - Rangkuman Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda (IPA Kelas 8 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk para pembaca semuanya, khususnya yang masih duduk di kelas 8 (viii) SMP atau MTs, rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bab 1 yang membahas tentang Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda.

Rangkuman Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda:



1. Gerak tumbuhan berdasarkan rangsangannya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.

2. Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui penyebab luarnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

3. Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel, sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.

4. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.

5. Gerak esionom dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri atas gerak geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, fototropisme, dan kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri atas gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri atas gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti, dan nasti kompleks).

6. Hewan melakukan gerakan khas sesuai dengan habitat, adaptasi fisiologi, dan morfologinya. 

7. Benda dan makhluk hidup yang bergerak dapat dijelaskan dengan hukum Newton tentang gerak.

8. Hukum I Newton membahas tentang sifat kelembaman benda yang menyatakan bahwa benda diam akan tetap diam atau benda bergerak lurus beraturan jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. 

9. Hukum II Newton menjelaskan tentang percepatan gerak sebuah benda sebanding dengan jumlah gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan massanya.

10. Hukum III Newton menjelaskan tentang gaya aksi-reaksi pada dua benda. Ketika benda pertama mengerjakan gaya (ke benda kedua, maka benda  kedua tersebut akan memberikan gaya) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau Freaksi = - Faksi.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Bab 1 Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda (IPA Kelas 8 SMP/MTs)"

Memuat...
close