Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal ke-NU-an Bab 10 Mengenal Hisab, Rukyah, dan Shalat Id (Ke-NU-an Kelas 8 SMP/MTs)

Soal ke-NU-an Bab 10 Mengenal Hisab, Rukyah, dan Shalat Id (Ke-NU-an Kelas 8 SMP/MTs)Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting soal Ke-NU-an Kurikulum 2013 untuk adik-adik yang masih duduk di kelas 8 SMP/MTs yayasan Maarif NU atau sekolah-sekolah yang berafiliasi kepada Nahdlatul Ulama. Soal essay Ke-NU-an (Ahlussunnah Waljama'ah An-Nahdliyyah) kelas 8 beserta jawabannya kali ini membahas Soal Ke-NU-an Bab 10 Mengenal Hisab, Rukyah, dan Shalat Id (Ke-NU-an Kelas 8 SMP/MTs). Semoga yang kami posting bermanfaat dan membantu serta memudahkan adik-adik dalam belajar. Selamat membaca dan mempelajarinya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan rukyah?

Jawaban:
Rukyah (رؤية) artinya melihat. Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan hisab!

Jawaban:
Hisab (حساب) artinya menghitung. Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

3. Jelaskan pelaksanaan Sholat Id!

Jawaban:
Shalat id dilaksanakan dua rakaat dan dilanjutkan dengan dua khotbah. Pada rakaat pertama, imam takbir tujuh kali setelah takbiratul ihram. Pada rakaat kedua, imam takbir lima kali setelah takbiratul ihram.
Dalam Shalat Id setiap umat Islam dianjurkan untuk menghadirinya. Berbeda dengan Shalat Jum’at yang hanya laki-laki saja yang diperintahkan, anak-anak dan wanita pun dianjurkan untuk menghadiri 
Shalat Id. Tetapi bagi wanita yang sedang haid atau nifas cukupmenghadirinya tanpa ikut shalat dan boleh ikut mendengarkan khotbah.
Shalat Id bisa dilakukan di lapangan dan bisa juga dilakukan di masjid.

4. Tuliskan salah satu hadits Nabi Muhammad mengenai penentuan awal bulan hijriyah beserta artinya!

Jawaban:

صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته

"Berpuasalah karena melihat hilal dan berbukalah (beridul fitri) karena melihat hilal". (HR Bukhari)

Posting Komentar untuk "Soal ke-NU-an Bab 10 Mengenal Hisab, Rukyah, dan Shalat Id (Ke-NU-an Kelas 8 SMP/MTs)"

Memuat...