Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi!

Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan pembahasan soal Ekonomi kelas 10 SMA dan MA. Kali kita membahas tentang Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi. Apa peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi, temukan jawabannya di bawah ini.
Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi

Sebutkan dan jelaskan peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi!

Jawaban/Pembahasan:
Dalam ekonomi, yang dimaksud dengan kegiatan produksi adalah usaha untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain. Kegiatan tersebut dilakukan oleh perusahaan. Ditinjau dari pemiliknya, perusahaan ada yang dimiliki oleh pemerintah (negara) dan ada pula yang dimiliki oleh swasta, baik milik perseorangan maupun milik bersama.
Dalam rangkaian kegiatan ekonomi, perusahaan berperan dalam kegiatan memproduksi barang dan jasa, termasuk distribusinya (memasarkannya), dan adakalanya perusahaan tersebut tidak memproduksi sendiri barang, misalnya yang dilakukan oleh perusahaan dagang. 

Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

a. Sebagai produsen, dengan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga keluarga, pemerintah, bahkan masyarakat luar negeri. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus memerhatikan kualitas dan kuantitas produksinya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

b. Sebagai distributor, sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tepat tempat, tepat sasaran, tepat kuantitas, dan tepat kualitas sehingga barang yang dibutuhkan masyarakat dengan mudah dapat diperoleh.

c. Sebagai agen pembangunan, kegiatan perusahaan sebagai agen pembangunan ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan. Setiap perusahaan selalu berusaha supaya tidak ketinggalan ilmu dan teknologi serta dapat mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan zaman. Perusahaan yang mencapai  sukses dapat dikatakan berfungsi sebagai agen pembangunan. Perusahaan yang demikian tidak hanya mengejar keuntungan bagi pemilik modal, tetapi bertanggung jawab pula atas kesejahteraan karyawan khususnya dan masyarakat umumnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Ekonomi kelas 10 lengkap dengan jawaban atau pembahasannya tentang Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.

Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi!"

close