Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Sejarah Kelas XI Bab Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Soal Sejarah Kelas XI Bab Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Berikut ini kemabli Sekolahmuonline posting soal mata pelajaran Sejarah kelas XI yang membahas tentang Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Sejarah Kelas 11 Bab Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Soal Sejarah Kelas XI Bab Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Jawabalah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!


1. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan… .“. Terlihat bahwa kalimat ini sesuai dengan salah satu pokok Piagam Atlantik (14 Agustus 1945) yaitu “… bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan dan mendapat kesempatan untuk hidup bebas dan rasa takut atau kemiskinan . Pokok-pokok Piagam Atlantik akan menjadi dasar konferensikonferensi intenasional dalam rangka mencari jalan penyelesaian Perang Dunia II dan juga merupakan dasar terbentuknya badan-badan dunia seperti PBB. Pasal 1 ayat 2 tentang tugas dan tujuan PBB disebutkan: “Memperbaiki hubungan persahabatan antara bangsa-bangsa berdasarkan penghargaan atas persamaan hak serta hak untuk menentukan nasib sendiri dan bangsa itu sendiri”. Oleh karena itu, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 memperlihatkan adanya hubungan yang prinsipil dengan Piagam Perdamaian PBB (Charter of Peace).

Berdasarkan narasi diatas dapat dismpulkan bahwa ….
A. negara-negara lain wajib memberikan pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia atas perintah PBB
B. Indonesia sebagai negara yang baru merdeka berhak untuk mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain
C. Indonesia wajib menjadi anggota PBB terlebih dahulu, akan mendorong negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
D. adanya kesepakatan antara Indonesia dengan PBB untuk menekan negara-negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
E. Perang Dunia II memberikan kesempatan yang luas bagi Pemerintah Indonesia 
untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan

Jawaban: B

2. Perhatikan teks berikut ini Kemenangan pihak sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet) dalam mengakhiri Perang Dunia II tidak terlepas dari peran Amerika Serikat dalam memberikan bantuan (perlengkapan, tentara, dan persenjataan) yang mampu mempercepat berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan Sekutu. Perang Dunia II telah menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti Inggris, Perancis, Spanyol, dan Portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di berbagai belahan dunia. Kondisi ini mengakibatkan munculnya masalah baru yaitu adanya pertentangan kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota sekutu dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu Amerika Serikat (kuat secara material) dan Uni Soviet (kuat secara psikologis) yang mengambil alih hegemoni tersebut.

Berdasarkan teks tersebut dapat diketahui bahwa setelah berakhirnya Perang Dunia II, keberadaan organisasi PBB menjadi penting karena ... .

A. Menjadi pengatur kekuasaan negara-negara anggotanya
B. Merupakan lembaga pengatur hegemoni suatu negara
C. Dapat mencampuri urusan dalam negeri suatu negara
D. Mampu menyelesaikan segala perselisihan secara militer
E. Menjadi lembaga yang menjaga perdamaian dunia 

Jawaban: E

3. Perhatikan deskripsi berikut ini.
Soekarno Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI secara de facto pada 17 Agustus 1945, namun untuk menjadi negara yang berdaulat, Indonesia membutuhkan pengakuan dari bangsa-bangsa lain secara hukum atau de jure. Karena pada masa revolusi itu, wilayah Indonesia terjadi kekosongan pemerintahan setelah Jepang menyerah pada Sekutu, dan pasukan Sekutu akan mendarat dengan membawa pasukan Belanda yang ingin berkuasa kembali di Indonesia. Proses mendapatkan pengakuan secara de jure ini membutuhkan waktu yang cukup panjang, yang pada akhirnya PBB, sebagai organisasi perdamaian dunia mengakui kedaulan Indonesi.

Respon PBB dalam mengakui kedaulatan Indonesia, dibuktikan dengan peran nyata, diantaranya, kecuali...
A. Memberikan bantuan-bantuan kesejahteraan dan pembangunan di Negara-Negara yang sedang berkembang melalui badan-badan khusus PBB, seperti ILO, WHO, FAO, UNESCO, UNICEF, dan IMF.
B. Penghapusan diskriminasi terhadap wanita yang mencakupi hak, politik, ekonomi, social-budaya, dan kewarganegaraan
C. Memberikan bantuan bahan makanan untuk kesejahteraan anak-anak melalui IGGI dan CGI
D. Memajukan kerja sama internasional tentang ilmu pengetahuan seperti penggunaan tenaga atom / nuklir untuk maksud damai
E. Menyelamatkan bangunan-bangunan kuno yang terancam genangan air oleh bendungan Aswan dan pemugaran Candi Borobudur di Yogyakarta

Jawaban: A

4. Manakah di bawah ini yang tidak termasuk pemikirian luhur yang terkandung 
dalam piagam PBB!
A. Tetap menjaga dan mendukung perdamaian di dunia
B. Menghormati Hak asasi manusia sekaligus menjaga persaudaran antar bangsa
C. Membangun kerja sama antar negara dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan,
D. Menjadi pelopor dan Ikut serta dalam mengambil tindakan yang mengancam negara negara pendiri PBB
E. Bekerjasama membantu dalam hal kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Jawaban: D

5. Perhatikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan ;
1. Proklamasi Kemerdekaan
2. Pembentukan BPUPKI
3. Peristiwa Rengasdengklok
4. Amerika membom atom Hirosima
5. Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta dan Radjiman Widiodingrat di panggil ke Dallat, Vietnam

Secara berurutan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan RI dapat disusun sebagai berikut ;
A. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
B. 2 – 3 – 5 – 4 – 1
C. 3 – 2 – 4 – 5 – 1
D. 3 – 4 – 5 – 2 – 1
E. 4 – 2 – 5 – 3 – 1

Jawaban: E

6. Bung Karno dan Bung Hatta sebagai tokoh pada masa perjuangan hingga masa kemerdekaan menjadi panutan bagi para pejuang kemerdekaan yang lain. Beberapa peran mereka di antaranya adalah menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia” Pernyataan tersebut merupakan penggalan kalimat pada teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Makna yang tersirat dalam pernyataan tersebut adalah ….
A. Indonesia harus segera menyelenggarakan pemilihan umum
B. pemerintahan Indonesia tidak tergantung dengan negara lain
C. kantor pemerintahan yang dikuasai Jepang dapat diambil alih
D. bangsa penjajah harus segera meninggalkan wilayah Indonesia
E. secara de facto negara Indonesia telah memilik kedaulatan penuh

Jawaban: B

7. Pada tanggal 18 Agustus 1945, dalam rapat PPKI untuk memilih presiden dan wakil presiden, tampil Otto Iskandardinata yang mengusulkan agar pemilihan dilakukan secara mufakat. Ia sendiri mengajukan Sukarno dan Hatta masing-masing sebagai presiden dan wakil presiden. Tentunya hal ini sesuai dengan UUD yang baru disahkan. Dalam musyawarah untuk mufakat, secara aklamasi peserta sidang menyetujui dan menetapkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia, diiringi dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa … 
A. Kondisi perpolitikan Indonesia setelah proklamasi sangat memerlukan tindakan cepat untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan
B. Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan tanpa persiapan yang matang sehingga menjadi ter- lalu terburu-buru dalam mengantisi- pasinya
C. Gerakan pasukan sekutu yang akan hadir ke Indonesia, mendorong bangsa Indonesia harus segera mempersiapkan segala sesuatunya.
D. Belanda melalui KNIL telah mengintai kekosongan kekuasaan pemerintahan yang kosong setelah proklamasi kemerdekaan
E. Jepang tidak mau menyerahkan kekuasaan kepada bangsa Indonesia karena tugas mereka hanyalah menterahkan kekuasan kepada sekutu

Jawaban: A

8. Perhatikan teks berikut ini 

Pada tanggal 17 Agustus 2020 Indonesia baru saja merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaaan yang ke-75 tahun dan merdeka dari belenggu penjajahan. Bila dicermati lebih lanjut, proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan suatu bangsa untuk menetapkan tatanan hukum nasional dan menghapuskan tatanan hukum kolonial. Sementara dari sudut politik ideologis, proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah merupakan pernyataan suatu bangsa untuk lepas dari penjajahan dan membentuk Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.

Dari teks tersebut dapat disimpulkan bahwa makna dari proklamasi kemerdekaan 
Indonesia adalah ....
A. Indonesia bebas menentukan ideologi bangsanya
B. Indonesia sudah mampu berdiri tanpa bantuan negara lain
C. Indonesia sudah terlepas dari penjajahan bangsa Eropa
D. Indonesia dapat menyusun pemerintahan sendiri dengan tatanan hukum sendiri
E. Indonesia akan menentukan sistem pemerintahan sendiri dengan bantuan asing

Jawaban: D

9. Biografi Ahmad Soebarjo

Soebarjo adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia. Ia juga Menteri Lur Negeri Indonesia yang pertama. Semasa remaja Subarjo sekolah di Hogere Burger School, Jakarta (Setara SMA) pada tahun 1917. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Unoversitas Leiden, Belanda dan memperoleh ijazah Meester de Rechten (saat ini setara Sarjana Hukum) di bidang undang-undang pada tahun 1933. 
Ketika menjadi mahasiswa, Soebarjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda. Karir Ahmad Soebarjo terus naik ketika dilantik menjadi Menteri Luar Negeri tanggal 17 Agustus 1945, sekaligus menteri luar negeri pertama. Kabinet saat itu bernama Kabinet Presidential, kemudian menajbat Menteri Luar Negeri sekali lagi pada tahun 1951 - 1952. Selain itu, ia juga menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Switzerland antara tahun 1957 - 1961

Dari paparan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa ... .
A. walaupun Ahmad Soebarjo lulusan dari negeri Belanda tapi Nasionalismenya tetap tinggi
B. Ahmad Soebarjo adalah Menteri Luar Negeri pertama Republik Indonesia
C. Ahmad Soebarjo aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak kuliah di Belanda hingga menjadi Duta Besar di Swiss
D. Ahmad Soebarjo bersama Moh. Hatta adalah aktivis Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda
E. Ahmad Soebarjo seorang tokoh politik yang ternama di awal kemerdekaan Indonesia

Jawaban: C

10. Makna peristiwa pembentukan pemerintahan pertama RI pada tanggal 18 Agustus 1945 yang mengangkat presiden dan wakil presiden bagi kehidupan kebangsaan masa kini adalah … 
A. Negara harus memiliki kepala negara walaupun tanpa dipilih oleh rakyat secara langsung karena calonnya hanya satu-satunya di negara yang baru merdeka ini
B. Pengangkatan kepala negara pada saat itu memang harus segera dilakukan tidak seperti sekarang ini yang harus dilakukan dengan kampanye
C. Pengangkatan kepala negara seharus nya harus melalui proses kampaye dan pendaftaran lewat komisi pemilihan umum agar dapat didata dan diberi nomor urut
D. Tokoh nasional tidak seharusnya bertindak menurut hati nurani mereka saja tetapi perlu wawasan berpikir yang lebih luas agar keputusan yang diambil tepat.
E. Keberadaan seorang kepala negara harus ada pada sebuah negara merdeka karena akan menjadi keberlangsungan negara tersebut di masa kini

Jawaban: E

Posting Komentar untuk "Soal Sejarah Kelas XI Bab Pemikiran dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"

Memuat...
close