Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam. Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat.
Rangkuman PAIBP Kelas XI Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam


Rangkuman PAIBP Kelas XI Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam


1. Khutbah bermakna memberi nasihat agama dalam kegiatan ibadah seperti; salat, wukuf, dan nikah. Orang yang memberikan khutbah disebut khatib. 
Khutbah lebih bersifat satu arah. Hanya khatib saja yang berbicara yang lain mendengarkan. 

2. Tablig berarti menyampaikan, memberitahukan kebenaran kepada orang lain. Tablig dapat bersifat dua arah, saling berdiskusi, dan lain sebagainya. 

3. Dakwah berarti memanggil, menyeru, mengajak orang lain akan sesuatu hal untuk berbuat baik dan mencegah berbuat buruk. Dakwah bisa bersifat dua arah.

4. Dalam berdakwah minimal ada dua cara, yaitu dakwah dengan lisan (da’wah bil-lisan) dan dakwah dengan perbuatan (da’wah bi-lhal).

5. Dakwah bil-lisan artinya dakwah yang dilakukan dengan berkata-kata, seperti ceramah, tablig akbar, dan sebagainya.

6. Dakwah bil-hal artinya dakwah yang dilakukan dengan berbuat, seperti menyantuni fakir miskin, yatim piatu, menyumbang untuk fasilitas sosial, dan sebagainya.

Istilah-istilah dengan teks Arab-nya:

Khutbah: خطبة

Tablig: تبليغ

Dakwah (da’wah): دعوة

Dakwah bil-lisan (da’wah bil-lisan): دعوة باللسان

Dakwah bil-hal (da’wah bi-lhal): دعوة بالحال

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Saling Menasihati dalam Islam ~ sekolahmuonline.com"

close