Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal IPS Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas X SMA yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. Soal-soal berikut ini membahas materi Sejarah Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal IPS Kelas X SMA Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk menambah referensi Bapak Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi adik-adik yang sekarang kelas X pun tentunya sangat bagus untuk digunakan dalam belajar secara mandiri. Mengurangi biaya les/privat yang buatuh dana tidak sedikit tentunya. Karena hanya berbekal kuota internet yang tidak banyak, Anda bebas memilih banyak mata pelajaran di sini. Tinggal semangat dan mau belajar saja. 

Soal IPS Kelas X Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan

Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan terdiri dari beberapa poin pembahasan, yaitu:
A. Pengantar Ilmu Geografi
1. Perkembangan Ilmu Geografi
2. Obyek Studi Ilmu Geografi
3. Aspek Ilmu Geografi
4. Pendekatan Geografi
5. Konsep Geograf
6. Prinsip-Prinsip Geografi
7. Memahami Bencana
8. Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis
9. Penelitian Geografi

B. Fenomena Geosfer di Indonesi
1. Litosfer
2. Pedosfer
3. Atmosfer
4. Hidrosfer
5. Biosfer
6. Antroposfer

Adapun soal-soal pada pembahasan Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Bagian A adalah soal pilihan ganda, sedangkan bagian B adalah soal essay. Selamat membaca dan mempelajari. Manfaatkan Android, Smartphone, Tablet atau Laptop Anda untuk belajar. Semoga dapat nilai yang memuaskan.

A. Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar! 

1. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo Pada tanggal 1 April 2017 terjadi bencana tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Dampak dari bencana tersebut telah menimbun puluhan rumah penduduk serta puluhan korban jiwa. Faktor penyebab terjadinya bencana tanah longsor tersebut berdasarkan Naryanto, dkk. (2019) adalah kemiringan lahan, pelapukan batuan breksi vulkanik yang membentuk tanah menjadi daerah perbukitan yang curam, curah hujan tinggi serta alihfungsi lahan yang awalnya hutan lindung menjadi lahan pertanian holtikultura.
Sumber artikel: Naryanto, H. S., Soewandita, H., Ganesha, D., Prawiradisastra, F., & Kristijono, A. (2019). Analisis Penyebab Kejadian dan Evaluasi Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tanggal 1 April 2017. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(2), 272-282.

Artikel tersebut menjelaskan pendekatan geografi apa?
a. Pendekatan keruangan
b. Pendekatan kelingkungan/ekologi
c. Pendekatan kompleks wilayah
d. Semua salah

Kunci Jawaban:
b. Pendekatan kelingkungan/ekologi

2. Bacalah informasi di bawah ini!
Kawasan Industri Rungkut didirikan sejak tahun 1974 di atas lahan seluas 245 hektar yang dapat menampung 267 perusahaan. Kawasan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat berbagai fasilitas yang disewakan di Kawasan industri tersebut mulai bangunan pabrik, gudang, pengolahan air limbah, perkantoran dan lain-lain. Kawasan industri ini dapat menampung sekitar 50.000 orang.
Sumber: https://sier.id/ dan https://bumd.jatimprov.go.id/bumd/
sier/profil

Mengacu dari berbagai konsep geografi, Kawasan Industri Rungkut termasuk…
a. Konsep nilai kegunaan
b. Konsep aglomerasi
c. Konsep Interaksi dan Interdependensi
d. Konsep Pola

Kunci Jawaban: b. Konsep aglomerasi

3. Bacalah informasi di bawah ini! Untuk soal no 3 dan 4.
Gunung Merapi yang terletak di Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah termasuk salah satu gunung teraktif di Indonesia. Untuk mengurangi dampak bencana erupsi Gunung Merapi maka pengawasan aktivitas vulkanisme dilakukan oleh Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Setidaknya terdapat 16 kamera pengamatan untuk mengamati kondisi di sekitar Gunung Merapi dan pemantauan visual dengan menggunakan wahana satelit. Gambar di bawah ini adalah contoh hasil citra satelit dan kamera pengamatan Gunung Merapi.

Berdasarkan informasi di atas, data mengenai aktivitas Gunung Merapi diperoleh melalui…
a. Peta
b. Sistem Informasi Geografis
c. Penginderaan jauh
d. Atlas

Kunci Jawaban: c. Penginderaan jauh

4. Temukan pernyataan di bawah ini yang bukan termasuk manfaat dari pemantauan aktivitas gunung berapi?
a. Untuk mengurangi dampak dan risiko bencana apabila erupsi
b. Memberikan informasi terkini aktivitas vulkanisme gunung berapi
c. Untuk membuat rencana dan strategi mengenai metode penanganan bencana
d. Untuk memberikan informasi mengenai kandungan mineral dari bahan material yang keluar dari gunung

Kunci Jawaban:
d. Untuk memberikan informasi mengenai kandungan mineral dari bahan material yang keluar dari gunung

5. Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan informasi SDA di atas berasal dari sfera…
a. Atmosfer
b. Litosfer
c. Biosfer
d. Hidrosfer

Kunci Jawaban: b. Litosfer

B. Soal Essay IPS Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Amatilah lingkungan sekitar kalian! Jelaskan bagaimana geografi membantu kalian memahami tentang kehidupan di bumi?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban sesuai dengan bahasa mereka mengenai manfaat geografi bagi kehidupan. 

2. Menurut kalian bagaimana cara manusia untuk menjaga keberlanjutan antarsfera?

Jawaban:
Beberapa poin penting yang harus dijelaskan oleh peserta didik adalah pengelolaan antarsfera secara keberlanjutan, selaras dan harmoni bukan eksploitasi.

3. Mengapa terdapat pemanasan global dan bagaimana solusi mengatasinya?

Jawaban:
Pemanasan global adalah peningkatan suhu yang terjadi secara global di permukaan bumi khususnya atmosfer. Hal ini terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas CO2, CH4 dan gas lain sehingga atmosfer menahan panas sinar matahari.
Pemanasan global disebabkan oleh aktivitas manusia karena kegiatan industri, gaya hidup, transportasi yang berbahan bakar fosil dan masih banyak lagi. Peningkatan pemanan global telah berlangsung sejak tahun 1880.
Solusi yang dapat dilakukan manusia adalah:
• Menggunakan energi alternatif
• Melakukan reboisasi dan menjaga kelestarian hutan, Kawasan hijau.
• Hemat konsumsi listrik
• Mengurangi konsumsi bahan bakar fosil
• Dan masih banyak lagi

4. Jelaskan potensi sumber daya alam yang terkait dengan hidrosfer di daerah kalian?

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangan jawaban yang terkait dengan air tanah, budidaya perikanan, keanekaragaman hayati, sarana rekreasi dan lain-lain sesuai dengan kondisi daerah.

5. Jelaskan manfaat Sistem Informasi Geografis (SIG) terkait dengan potensi bencana, berikan contohnya!

Jawaban:
Peserta didik dapat mengembangkan jawaban mengenai manfaat SIG sebagai referensi dan database geografis untuk mengetahui lahan yang berpotensi tinggi dengan resiko bencana sehingga pengambil kebijakan dapat melakukan berbagai upaya dan intervensi untuk penanggulangan serta mitigasi bencana.
Contoh: dapat dikembangkan sesuai dengan kasus.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas X SMA Tema 04 yang membahas Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku IPS Kelas X SMP dengan dikemas kembali menjadi kemasan yang semoga memudahkan untuk dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) silahkan baca pada judul-judul postingan di bawah ini (Tinggal klik judul yang sesuai dengan yang Anda butuhkan):

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 10 Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close