Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal IPS Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas X SMA yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. Soal-soal berikut ini membahas materi Sejarah Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal IPS Kelas 10 SMA Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu lengkap dengan kunci jawabannya
Soal-soal di bawah ini cocok digunakan untuk menambah referensi Bapak Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi adik-adik yang sekarang kelas X pun tentunya sangat bagus untuk digunakan dalam belajar secara mandiri. Mengurangi biaya les/privat yang buatuh dana tidak sedikit tentunya. Karena hanya berbekal kuota internet yang tidak banyak, Anda bebas memilih banyak mata pelajaran di sini. Tinggal semangat dan mau belajar saja. 

Soal IPS Kelas X Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu

Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu terdiri dari beberapa poin pembahasan, yaitu:
A. Pengantar Ilmu Sejarah
1. Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah?
2. Manusia, Ruang, dan Waktu dalam Sejarah
B. Penelitian Sejarah
1. Sumber Sejarah Primer
2. Sumber Sejarah Sekunder
C. Penulisan Sejarah (Historiografi)
1. Menghindari Bias sejarah
2. Bagaimana melakukan Penelitian dan Penulisan Sejarah?
D. Sejarah dan Teori Sosial

Adapun soal-soal pada pembahasan IPS Kelas X Tema 1 Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Bagian A adalah soal pilihan ganda, sedangkan bagian B adalah soal essay. Selamat membaca dan mempelajari. Manfaatkan Android, Smartphone, Tablet atau Laptop Anda untuk belajar. Semoga dapat nilai yang memuaskan.

A. Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar! 

1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah ... 
a. Sejarah Perang Dunia
b. Sejarah Masyarakat Viking
c. Sejarah Perang Persia
d. Sejarah Masyarakat Tunisia

Kunci Jawaban: c. Sejarah Perang Persia

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Sejarah Museum Nasional Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit. Selanjutnya pada tahun 1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun 1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871 Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum ini dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum nasional juga disebut sebagai museum gajah dikarenakan patung gajah yang terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka, BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.
Artikel disarikan dari Profil Museum Nasional.
Sumber: museumnasional.or.id/tentang-kami/profil

Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!
Kunci Jawaban: C

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah ... 
a. Berpusat pada kehidupan istana
b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu
c. Berpusat pada agama
d. Berpusat pada Eropa

Kunci Jawaban: d. Berpusat pada Eropa

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!

Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai ... 
a. Data primer
b. Data sekunder
c. Data tersier
d. Data pelengkap

Kunci Jawaban: a. Data primer

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.

Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah ... 
a. Heuristik
b. Kritik dan verifikasi
c. Interpretasi
d. Historiografi

Kunci Jawaban: a. Heuristik

B. Soal Esai IPS Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

Jawaban:
Karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Jawaban:
Karena keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti dan rekaman untuk menginformasikan suatu peristiwa sehingga arsip menjadi salah satu sumber sejarah primer. 

3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

Jawaban:
Karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.

4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari! Sertakan dengan dua contoh!

Jawaban:
Peserta didik dapat menjelaskan dengan bahasa mereka tentang pendapat dan pengalaman mereka akan manfaat belajar sejarah dalam kehidupan sehari-hari mereka.

5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?

Jawaban:
Bias sejarah adalah hal yang sulit dihindari dalam penulisan sejarah. Karena terdapat berbagai faktor misalnya beragam sumber sejarah, kondisi politik dan kondisi sosial-budaya suatu masyarakat. Biasanya terjadi pada peristiwa sejarah yang dianggap kontroversial sehingga terdapat beragam versi bagaimana sejarawan menafsirkan sejarah.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas X SMA Tema 01 yang membahas Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku IPS Kelas X SMP dengan dikemas kembali menjadi kemasan yang semoga memudahkan untuk dibaca dan dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) silahkan baca pada judul-judul postingan di bawah ini (Tinggal klik judul yang sesuai dengan yang Anda butuhkan):

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 10 Tema 01. Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu (Kelas X SMA Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close