Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, masih lanjut lagi tentang postingan Sekolahmuonline yang membahas materi pelajaran PPKn Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Bab Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebelumnya Sekolahmuonline sudah membahas Pengertian IPTEK, Pengertian Ilmu Pengetahuan, dan Pengertian Teknologi. Kali ini Sekolahmuonline akan membahas tentang Pengaruh Positif dan Negatif dari Kemajuan IPTEK. 
Pengaruh positif dan negatif Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada bidang ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi. Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan. Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah. Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah.

Pengaruh kemajuan IPTEK cukup besar dalam membantu kehidupan masyarakat di dunia dan khususnya bagi Indonesia. Selain itu kemajuan IPTEK ini juga membawa pengaruh positif dan negatif bagi bangsa dan negara Indonesia. 

Terus, apa pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia? Temukan jawabannya di bawah ini.

Pengaruh Positif dan Negatif dari Kemajuan IPTEK

Kemajuan IPTEK memberi pengaruh positif yang cukup besar saat iptek membantu kehidupan masyarakat di dunia dan khususnya bagi Indonesia. Akan tetapi tahukan kalian kalau kemajuan iptek ini juga membawa pengaruh yang negatif. 

Berikut ini pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia. Pada pembahasan ini dikhususkan pengaruh positif dan negatif IPTEK pada bidang ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

Pengaruh IPTEK pada Bidang Ekonomi

1. Pengaruh Positif

a. Pertumbuhanekonomi yang semakin tinggi di semua daerah atau wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Terjadinya industrialisasi di beberapa wilayah yang memiliki sumber daya alam sehingga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
d. Persaingan dalam dunia kerja sehingga para pekerja menuntut untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
e. Peningkatan kreatifitas masyarakat setempat dalam memproduksi hasil unggulan daerah

2. Pengaruh Negatif

a. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi
yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
b. Meningkatnya sifat konsumtif.
c. Kemajuan TIK juga akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat antara orang kaya dengan orang miskin.

Pengaruh IPTEK pada Bidang Sosial Budaya

1. Pengaruh Positif

a. Peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan penggunaan iptek dalam memproduksi potensi daerah setempat.
b. Dengan adanya iptek kebutuhan hidup dapat tercapai dengan mudah misalnya dengan jual beli online.
c. Segala informasi di dunia adalah berkat perkembangan iptek.
d. Hubungan sosial antar masyarakt yang berbeda suku bangsa, agama, budaya dan daerah dapat berlangsung dimana saj dan kapan saja dengan memanfaatkan sosial media seperti email, whatsapp, facebook, twitter, instagram, line dan lain-lain.

2. Pengaruh Negatif

a. Adanya perubahan tata nilai kehidupan dalam masyarakat antara lain cara orang bekerja, gaya hidup dan tata nilai masyarakat.
b. Meningkatkan kenakalan dan kriminalitas.
c. Adanya kesenjangan sosial.
d. Memudarkan nilai-nilai asli bangsa
e. Masyarakat cenderung bersifat individualis.

Pengaruh IPTEK pada Bidang Pendidikan

1. Pengaruh Positif

a. Pembelajaran Jarak Jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa internet.
b. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu pusat pendidikan.
c. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
d. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di seluruh Dunia.
e. Teknologi menawarkan media audio visual yang interaktif pada proses pembelajaran.

2. Pengaruh Negatif

a. Penyalahgunaan teknologi yang lainnya adalah pengetahuan yang melakukan tindak kriminal atau tidak dibenarkan
b. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar karena dipakai untuk bermain game.
c. Kemerosotan moral dimasyarakat khususnya dikalangan remaja dan pelajar. 

Demikianlah postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pendidikan bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Masih banyak bidang lainnya yang dapat kita analisis pengaruh postif dan pengaruh negatifnya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri. Selamat dan semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengaruh positif dan negatif dari kemajuan iptek dibeberapa bidang bagi bangsa dan negara Indonesia! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x