Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian iptek! Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan teknologi itu? [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian iptek! Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan teknologi itu? [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal PPKn kelas 12 Bab Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang khusus membahas tentang pengertian IPTEK, pengertian Ilmu Pengetahuan, dan pengertian Teknologi. Jika Anda dapat pertanyaan seperti pada judul, jawaban di bawah ini bisa dijadikan referensi.
Penjelasan singkat, padat, dan jelas tentang pengertian IPTEK, pengertian Ilmu Pengetahuan, dan pengertian Teknologi

Apa yang dimaksud dengan IPTEK dan Apa Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi? 

Jawaban:

Pengertian IPTEK, Pengertian Ilmu Pengetahuan, dan Pengertian Teknologi

Iptek adalah singkatan dari ‘ilmu pengetahuan dan teknologi”.

Ilmu pengetahuan adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan demikian dapat diartikan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi.
Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan unsur kemajuan peradaban manusia yang sangat penting, oleh karena itu kemampuan iptek nasional perlu terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa untuk mempercepat pencapaian tujuan negara, turut berkontribusi mencapai kesejahteraan rakyat, serta memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional.

Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan. Masalah terkini dan juga masalah yang timbul di masa depan yang menjadi pusat perhatian adalah upaya pencarian alternatif teknologi melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek di bidang pangan, kesehatan, energi, pertahanan, transportasi, serta informasi dan telekomunikasi.

Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah. Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah. Karena teknologi selalu berjalan sesuai dengan ilmu pengetahuan selain itu juga teknologi juga merupakan hasil dari pemanfaatan teori dan rumusan-rumusan ilmu pengetahuan dapat menjadi hal yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian tidak heran kalau ilmu pengetahuan selalu beriringan menyesuaikan zamannya (dinamis).

Nah, demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang pengertian IPTEK, pengertian Ilmu Pengetahuan, dan pengertian Teknologi. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar PPKn kelas 12 khususnya Bab Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian iptek! Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan teknologi itu? [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x