Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) Bab 6 yang membahas tentang Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda untuk mengingat materi Bab Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu. 
Rangkuman atau ringkasan Al-Qur’an Hadits Kelas IX Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu
Oh ya, Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) terdiri dari tiga Bab, yaitu:

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap Bab Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu.

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas IX Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu

Rangkuman Inti

- Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
“Dari Abu Hurairah bahwasannya Rosulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.”(H.R. Muslim

Hadis keutamaan penuntut ilmu riwayat Muslim dari Abu Hurairah antara lain: penghargaan tertinggi bagi seorang hamba yang mencari ilmu adalah dimudahkan jalannya menuju ke surga yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan.

- Hadis riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin ‘Assal AlMuradi
“Dari Shafwan bin Assal al-Muradi, ia berkata; "Ada apa engkau datang?" aku lalu menjawab; "Aku ingin mengambil ilmu dari sumbernya." Ia berkata; Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Saw.. bersabda: "Tidaklah seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu kecuali para malaikat akan mengepakkan sayap-sayapnya untuk orang tersebut karena ridha dengan apa yang ia kerjakan."

Hadis keutamaan penuntut ilmu riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin ‘Assal Al-Muradi antara lain: kemuliaan yang akan diterima oleh pencari ilmu adalah mendapatkan kecintaan, penghormatan dan pemuliaan berupa sikap tawadhu, lindungan dan doa-doa dari para Malaikat

Rangkuman Tambahan:

- Kesuksesan menurut Islam itu memiliki dua syarat, yaitu iman dan ilmu (QS. al-Mujadilah (58): 11). Kekuatan iman dan ilmu berpengaruh pada kekuatan berpikir; fisik dan ruh yang berupa semangat berani menghadapi tantangan dan rintangan; membentuk ketentraman jiwa; dan membentuk kehidupan yang baik. 

- Ilmu adalah cahaya bagi kehidupan bagi umat manusia. Dengannya, kehidupan terasa lebih indah, yang susah menjadi mudah, yang tidak mungkin bisa jadi mungkin, yang jauh terasa dekat.
Seseorang dikatakan berilmu apabila ia memiliki pengetahuan dan menggunakan akal sehatnya untuk berpikir. Dia akan melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk ilmu dan daya nalarnya, sehingga tidak ada perbuatannya yang bertentangan dengan akal sehat, baik menurut tradisi, agama, hukum maupun aturan yang berlaku.

- Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku ke arah yang lebih baik, karena pada dasarnya ilmu menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan. Demikian pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia, mencari ilmu merupakan ibadah wajib bagi tiap muslim. Sebagaimana Sabda Nabi Saw. berikut: 

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim”(HR. Ibnu Majah)

Perintah membaca, menulis dan belajar turun sebagai wahyu pertama. Allah telah membekali manusia dengan fitrah (potensi) dalam dirinya agar bisa belajar dan memiliki beragam ilmu dan ketrampilan sehingga dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengemban amanat sebagai khalifah di muka bumi ini. 

- Imam Syafi’i pernah menyebutkan:

َمنَ اَراَد الُّدْنَيا َفَعَلْيِهِ باْلعْلِم َوَمنَ اَراَد اْلاخَرِة َفَعَلْيِهِ باْلعْلِم َوَمنَ اَراَدِ كَلْيِهَما  َفَعَلْيِهِ باْلعْلِم

“Barangsiapa yang berharap kebahagiaan dunia, hendaknya (diraih) dengan ilmu. Barangsiapa berharap kebahagiaan akhirat hendaknya diraih dengan ilmu, dan barangsiapa berharap kebahagiaan dari keduanya, hendaknya juga diraih dengan ilmu”.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) semua Bab silakan baca postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x