Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) Bab 4 yang membahas tentang Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda untuk mengingat Bab Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat.
Rangkuman atau ringkasan Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat
Oh ya, Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) terdiri dari tiga Bab, yaitu:

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap Bab Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat.

Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas IX Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat

1. Di dalam bacaan al-Qur’an, kita menjumpai bacaan gharib, yaitu bacaan-bacaan yang tidak sesuai dengan kaidah bunyi dalam ilmu al-Ashwat yang memerlukan penjelasan khusus. Bacaan tersebut antara lain: Imalah, Isymam, Tas-hil, Naql, Mad dan Qashr.

2. Imalah: berasal dari lafadz:
  أَمَالَ َ– يَمِيْل َ -إِ َمالَةً
yang berarti mencondongkan bacaan harakat fathah pada harakat kasrah sekitar dua pertiganya.

3. Isymam: secara bahasa artinya menggabungkan, secara istilah berarti mencampurkan dhummah pada sukun dengan memoncongkan bibir.

4. Tas-hil: secara bahasa artinya meringankan, secara istilah berarti membaca antara hamzah dan alif; hamzah pertama dibaca tahqiq (jelas) dan pendek, sedangkan hamzah kedua dibaca tas-hil.

5. Naql: berasal dari kata
نقل - ينقل - نقلا 
yang berarti memindah; menggeser, secara istilah berarti memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang.

6. Mad dan Qashr: secara bahasa berarti memanjangkan dan memendekkan. Permasalahan Mad dan Qashr timbul karena kekeliruan dalam bacaan al-Qur’an yang di-mad-kan atau di-qashar pada kata-kata tertentu, seperti bacaan mad dibaca qashar atau sebaliknya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs semester genap (semester 2) semua Bab silakan baca postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Al-Qur’an Hadits Kelas 9 Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat ~ sekolahmuonline.com"

close